banner-detik

lifestyle

Tips Menambah Berat Badan yang Aman dan Sehat!

seo-img-article

Siapa yang sudah makan banyak tapi beratnya segitu-gitu aja? Intip cara simpel untuk menambah berat badan secara sehat yang bisa kamu coba segera!

 

Secara logika, memang seharusnya kalau sudah makan banyak ya beratnya bertambah, tapi sebagian orang dengan genetik yang berbeda, justru tidak bikin bertambah berat, tapi malah mendatangkan penyakit baru. Lalu apa yang sebaiknya dilakukan bagi orang yang ingin menambah berat badan? Berikut caranya!

Makan lebih sering bukan makan banyak

cara menambah berat badan

Terkadang masih ada yang menganggap satu kali jam makan bisa untuk menambah bobot, padahal kenyataannya tidak semudah itu. Salah satu kunci penting untuk menaikkan berat badan memang menambah asupan makan. Namun, supaya lebih bisa diterima oleh tubuh yang kurus, pakailah metode makan lebih sering, bukan sekali makan langsung banyak. Alih-alih makan tiga kali sehari, kamu bisa mencoba sehari makan 5-6 kali, 3 kali dengan porsi biasanya, dengan 2-3 kali tambahan snack bergizi.

Konsumsilah makanan padat gizi dan kalori sehat

makanan untuk menambah berat badan

Meski kamu sudah mengetahui makanan junk food lebih cepat menaikkan berat badan, namun cara tersebut bukan yang terbaik untuk dilakukan, karena terdapat lemak trans dan gula di dalamnya yang bisa memicu kolestrol dan menyebabkan penyakit lain.

Baca juga: Warning! 5 Makanan Ini Jago Banget Bikin Berat Badan Cepat Naik!

Untuk itu konsumsilah makanan padat gizi, seperti roti gandum utuh, sayuran, daging rendah lemak, ikan panggang, buah-buahan dan kacang-kacangan. Untuk menu sebenarnya tidak ada yang beda dari menurunkan berat badan, hanya seberapa banyak yang kamu konsumsi saja.

Tambahkan makanan padat kalori

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Selain mengonsumsi makanan padat gizi, kamu juga harus menambah setidaknya 300-500 kkal per hari. hal ini untuk memenuhi kebutuhan asupan kamu supaya bertambah berat badannya. Untuk melengkapi kalori, kamu bisa menambahkannya dengan smoothie. Hindari mengandalkan kopi, soda dan minuman kaleng yang tinggi gula dan kalori, karena minuman tersebut nggak padat gizi. Jadi lebih baik untuk mengonsumsi smoothie buah yang kamu bikin sendiri di rumah.

Konsumsi camilan sehat

Menambah berat badan bukan berarti asal makan ini dan itu. Kamu tetap harus mengontrol diri untuk menjaga asupan yang kamu konsumsi. Kalori ekstra untuk menambah berat badan bisa kamu dapatkan dari camilan yang bisa dinikmati di sore hari, ataupun setelah makan malam. Kamu bisa mengonsumsi kacang, keju, buah kering, atau alpukat sebagai tambahan kalori.

Baca juga: Ini 5 Kuliner Legendaris Surabaya yang Sayang untuk Dilewatkan!

Itulah beberapa tips untuk menaikkan berat badan kamu supaya lebih berisi. Gimana, tertarik mencobanya?

 

Image : Freepik.com

Slow Down

Please wait a moment to post another comment