banner-detik

lifestyle

Warning! 5 Makanan Ini Jago Banget Bikin Berat Badan Cepat Naik!

seo-img-article

Setelah liburan Natal dan Tahun Baru yang cukup panjang, banyak yang berat badannya bertambah karena terlena menikmati berbagai hidangan lezat! Kalau kamu nggak mau berat badan makin melonjak, yuk kurangi 5 makanan ini!

Menjaga berat badan sangat penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan, tetapi terkadang, beberapa makanan dapat menjadi penghalang terwujudnya berat badan ideal yang kita impikan. Setuju, nggak? Kunci dalam setiap diet memang moderasi, tapi setiap orang sangat perlu untuk menyadari jenis makanan yang bikin berat badan melonjak secara instan.

Di bawah ini, ada 5 makanan yang jika dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan penambahan berat badan yang signifikan. Simak, yuk!

Makanan olahan

Makanan olahan seringkali tinggi akan kandungan kalori, refined sugar, dan lemak yang tidak sehat. Makanan seperti chips, cake, dan sereal yang tinggi gula biasanya dirancang dengan rasa yang enak dan memanjakan lidah, tapi tentunya kekurangan nutrisi esensial yang diperlukan untuk diet seimbang. Mengonsumsinya terlalu sering dapat menyebabkan asupan kalori berlebihan, yang berkontribusi pada penambahan berat badan dan masalah kesehatan lainnya.

Baca juga: Tak Mau Perut Buncit? Kurangi 5 Makanan dan Minuman Ini!

Minuman manis

makanan yang bikin berat badan naik

Minuman yang diberi pemanis gula, termasuk minuman bersoda, minuman energi, ice coffee dengan whipped cream, milkshake, dan jus kalengan yang diberi pemanis, terkenal enak dan menyegarkan, namun kandungan gulanya sangat tinggi. Karena berbentuk cair, kalorinya mungkin tidak terasa, padahal sangat banyak. Selain itu, minuman ini juga nggak bikin kenyang, jadi bisa membuat kamu mengonsumsinya secara berlebihan.

Baca juga: 10 Alasan Kenapa Kamu Harus Mengurangi Makanan dan Minuman Manis!

Fast food

Makanan cepat saji seringkali pilihan cepat, lezat, dan comforting, tetapi cenderung tinggi lemak yang tidak sehat, punya banyak kandungan garam, dan tentu saja tinggi kalori. Porsi dari restoran fast food seringkali lebih banyak dari yang diperlukan tubuh kita dan dapat membuat kita makan berlebihan. Konsumsi fast food secara rutin bukan hanya bisa cepat menambah berat badan, tapi juga bisa menimbulkan permasalahan kesehatan seperti obesitas, diabetes, dan penyakit jantung.

Baca juga: Jangan Kebanyakan Konsumsi Makanan Ini Supaya Kulit Menua Lebih Baik!

Snack yang diproses berlebihan

makanan yang bikin berat badan naik

Ngemil memang menyenangkan dan jadi kebiasaan sehari-hari banyak orang, tapi jenis makanan ringan tertentu dapat berdampak signifikan pada berat badan kamu. Makanan ringan yang diproses berlebihan seperti biskuit, permen, cokelat, dan popcorn sangat dipenuhi dengan gula, lemak dan tambahan yang tidak perlu seperti pewarna dan pengawet. Makanan ringan seperti ini biasanya rendah nilai gizi, bikin perut kenyang sesaat, dan bikin ketagihan. Sebagai pengganti yang lebih sehat, kamu bisa ngemil buah, keripik buah yang tidak digoreng, plain yogurt, ubi atau kentang panggang tanpa saus, atau smoothie.

Baca juga: Bantu Kulit Glowing dari Dalam, 5 Resep Smoothie Ini Bisa Dicoba!

Gorengan

makanan yang bikin berat badan naik

Makanan yang digoreng dalam jumlah minyak yang berlebihan (deep fried) seringkali kaya kalori. Kentang goreng, ayam goreng, dan hidangan digoreng lainnya bisa bikin berat badan cepat naik karena kandungan lemak yang tinggi. Proses penggorengan dalam minyak juga dapat menyebabkan pembentukan lemak trans tidak sehat, yang telah dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan, termasuk penambahan berat badan.

Baca juga: Yuk, Ikuti 5 Tips Ini Agar Diet Lebih Sehat dan Hasilnya Optimal!

Meskipun makanan-makanan di atas jago banget bikin berat badan naik kalau dikonsumsi secara berlebihan, penting untuk dicatat bahwa diet seimbang dan aktivitas fisik reguler adalah faktor utama dalam menjaga berat badan yang sehat. Jadi, kamu boleh saja mengonsumsinya sesekali. Ingat, sesekali saja sebagai bentuk “rekreasi”, bukan setiap hari. Jangan juga dihindari total, biar kamu nggak stres! Perbanyak makanan tinggi serat seperti sayur dan buah, kurangi karbohidrat berlebihan, dan lakukan olahraga yang kamu such secara rutin. Selamat mencoba!

 

Image: Freepik.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment