banner-detik

celebrity

Bikin Bangga! Ini Isi Pidato BTS di Sidang PBB tentang 'Welcome Generation'

seo-img-article

Kembali hadir di Sidang PBB, BTS sampaikan cerita tentang generasi muda di masa pandemi.

Sepekan lalu, boy group asal Korea Selatan, BTS, ditunjuk langsung oleh Presiden Moon Jae-In sebagai Utusan Khusus untuk Korea Selatan di Sidang Umum PBB 2021. Membawa paspor diplomatik, ketujuh member BTS berangkat ke New York pada tanggal 18 September silam.

Akhirnya momen membanggakan yang ditunggu-tunggu datang juga. Kemarin, BTS menyampaikan pidato di markas PBB bersama Presiden Moon Jae-In tentang Sustainable Development Goal (SDG) Moment. Di sini ketujuh member menceritakan tentang tantangan dan harapan generasi muda di masa pandemi yang kerap disebut ‘the Lost Generation.’ RM, Jin, SUGA, J-Hope, Jimin, V, dan Jungkook, bergantian menyampaikan pidato kali ini. Seperti apa isinya?

Baca juga: Jadi Aset Negara, Berikut Fakta BTS yang Wajib Kamu Tahu!

Generasi muda kehilangan harapan akibat COVID-19?

RM sebagai Leader membuka pidato dengan ucapan “Kami di sini hadir untuk menyampaikan cerita tentang generasi muda penerus masa depan. Sebelum datang ke sini, kami sudah menanyakan pada kamu muda tentang bagaimana cara mereka menjalani hidup selama dua tahun terakhir.”

Jin melanjutkan dengan menunjukkan foto-foto yang sudah dikirimkan dengan hashtag #YouthToday dan #YourStories. “Selama dua tahun terakhir ini, tentu saja ada masa-masa di mana saya merasa cemas dan bingung. Tapi lihat lah para kaum muda di sini masih bisa berteriak ‘Let’s live on!’ dan ‘Mari kita lakukan yang terbaik.'”, tukasnya.

“Kita sedang berada di fase kehidupan yang ideal untuk mencoba banyak hal, tapi dunia tiba-tiba berhenti. Memang tidak bisa menyalahkan siapa-siapa, kalian pasti merasa frustrasi, rasanya seolah memasuki dunia paralel.” lanjut Jimin.

‘Welcome Generation’, bukan soal kesempurnaan

Meski banyak anggapan tentang generasi muda yang kehilangan harapan akibat pandemi, Jin mengusulkan sebutan baru, yaitu ‘Welcome Generation’. Harapan kita belum hilang, kita belum kalah. ‘Welcome Generation’ menggambarkan generasi muda yang bisa menyambut berbagai tantangan, meski dihadapkan dengan keterbatasan.

SUGA, menambahkan “Pilihan yang kita ambil memang belum tentu sempurna, tapi ini semua adalah soal terus bergerak. Bukan berarti tidak ada yang bisa kita lakukan.

Kampanyekan vaksinasi

“Sebelum kami berangkat, banyak yang bertanya tentang apakah kami sudah divaksin? Saya ingin mengambil kesempatan ini untuk menyampaikan bahwa kami semua sudah menerima vaksinasi.” lanjut J-Hope. Menurutnya vaksinasi merupakan ‘tiket’ untuk bisa kembali bertemu ARMY dan juga bisa hadir ke sidang PBB hari itu.

Sampai hari ini hashtag #ARMYVaccinatedToo masih menjadi Trending Topic Worldwide di Twitter.

Perjalanan kita belum usai

V dan RM menutup pidato ini dengan kalimat penuh harapan yang langsung jadi favorit saya. “Saya harap kita tidak hanya menganggap masa depan sebagai kegelapan tak berujung. Kita masih punya orang-orang yang peduli akan dunia ini dan masih berusaha mencari jawaban. Masih banyak lembaran kosong dalam kisah hidup kita. Jangan lah berpikir bahwa akhir dari perjalanan hidup kita sudah tertulis.”

Baca juga: Tinggal Menghitung Hari! Ini Bocoran Kolaborasi Coldplay x BTS yang Sudah Ditunggu-tunggu!

BTS kemudian menutup sesi mereka di sidang PBB dengan penampilan spesial ‘Permission to Dance’ di markas PBB. Lagu ini menegaskan bahwa kita nggak perlu alasan khusus untuk merasa bahagia.

Pidato lengkapnya bisa kamu tonton di sini, ya! Semangat terus ‘Welcome Generation’!

 

Images: dok. UN News Centre, BTS Official

Slow Down

Please wait a moment to post another comment