banner-detik

beautiful people

Jadi Aset Negara, Berikut Fakta BTS yang Wajib Kamu Tahu!

seo-img-article

Kalau mau ngomongin kepopuleran K-drama dan K-Pop, sebenarnya yang nggak pernah redup adalah K-drama. Pasti tiap tahunnya ada saja drama Korea yang booming! Sedangkan obrolan soal K-pop sendiri agak sulit populernya.

Namun beberapa tahun belakangan ini, dengan semakin banyaknya e-commerce menggunakan K-pop idol sebagai brand ambassador, dunia K-Pop di Indonesia seperti hidup kembali.

Salah satu idol group yang lagi banyak jadi perbincangan dan sukses berat adalah BTS. Idol group yang satu ini memang lagi non stop menebar pesona dan prestasi, sehingga sukses menarik perhatian berbagai negara. Saking banyaknya prestasi yang dimiliki oleh BTS, nggak jarang lho mereka disebut sebagai aset negara! Berikut adalah fakta BTS yang wajib kamu tahu, apalagi kalau kamu ingin menjadi ARMY.

Menyumbangkan 50 triliun setiap tahun untuk perekonomian Korsel

Siapa sangka BTS yang sudah debut dari 2013 ini ternyata didapuk menjadi aset negara. Dalam postingan yang diunggah media sosial ARMY, setidaknya ketujuh member boyband fenomenal ini telah menyumbangkan 50 triliun setiap tahun untuk perekonomian Korea Selatan. Sehingga mereka menjadi salah satu sumber pendapatan negara sebanyak 0,3%.

Selain itu juga efek pariwisata juga meningkat dengan viralnya BTS secara global. Mulai banyak turis asing di luar Asia yang datang setiap harinya. Hal ini menjadikan mereka sebagai ikon iklan visit Seoul oleh pemerintahan pariwisata. Nggak heran jika BTS menjadi aset negara di bidang perekonomian.

Grup K-Pop pertama yang menduduki urutan #1 di Hot 100 Billboard

Siapa sih yang nggak tahu chart Billboard? Salah satu patokan penting bagi radio untuk memutarkan musik, dan juga para penikmat musik mendengarkan lagu apa yang terbaru dan paling banyak didengarkan. Biasanya Billboard didominasi oleh musisi Hollywood, jarang-jarang ada orang Asia yang masuk, kecuali orang Asia yang memiliki label perekaman di Amerika dan sekitarnya.

Berkat lagu Dynamite yang rilis pada 2020, BTS menjadi artis K-pop pertama yang berhasil mencetak sejarah baru di Hot 100 Billboard. Setelah sebelumnya sudah ada beberapa boyband dan girlband K-Pop lainnya yang masuk ke chart Billboard 200. Atas kesuksesan ini, Presiden pun turut bangga atas pencapaian mereka.

Dikabarkan bebas wajib militer

Wajib militer atau wamil merupakan salah satu kewajiban yang harus diikuti semua laki-laki di Korsel dari usia 18 – 27 tahun. Kecuali cacat, atlet, dan musisi dengan penghargaan tingkat dunia, dan satu-satunya tulang punggung keluarga. Namun mengingat BTS adalah aset negara yang menyumbang banyak pendapatan negara, pada 9 September lalu, telah didiskusikan UU Pembebasan Dinas Militer BTS, yang diajukan oleh anggota Majelis Nasional Korsel Yoong Sang Hyun.

UU tersebut secara garis besar mengkaji BTS yang memungkinkan untuk dikecualikan dalam menjalankan wamil. Jika UU ini direvisi dan disahkan, bisa saja BTS benar-benar dikecualikan dari wamil. Namun apabila tidak, mereka diperkenankan untuk menundanya hingga usia 30 tahun. Ketika wamil, pihak agensi akan memutuskan untuk mewajibkan semua membernya.

Agensi BTS sempat menyembunyikan identitas V saat pre-debut

Biasanya agensi ketika ingin merilis talent-nya, mereka akan me-reveal satu persatu member dengan memberi spoiler atau memperkenalkannya secara blak-blakan. Namun berbeda dengan V yang memiliki nama asli Kim Taehyung. Sejak tahun 2011 hingga 2013, identitas V masih disembunyikan, sampai ia merasa takut kalau tidak jadi debut.

Hingga akhirnya ia diperkenalkan sebagai hidden member dan menggunakan nama panggung V, yang berarti Victory. Big Hit sendiri menyembunyikan identitas V lantaran mereka menganggap V memiliki suara yang sangat bagus dan punya ciri khas sendiri. Supaya nggak direbut oleh agensi lain, Big Hit berusaha menyembunyikannya.

Menjadi pemegang paspor diplomatik

Resmi diumumkan pada bulan September ini, BTS dapat kehormatan untuk menjadi anggota boyband Korea Selatan yang mengantongi paspor diplomatik, yakni akses mudah untuk mengunjungi 199 negara tanpa visa. Melansir dari Allkpop, Presiden Korea Selatan Moon Jae In, mengumumkan keputusannya untuk menunjuk BTS sebagai Special Presidentials Envoys for Future Generation and Culture.

Itulah beberapa fakta BTS yang mungkin kamu belum tahu. Ngomongin soal BTS, bias kamu siapa sih?

 

Image : Allkpop

Slow Down

Please wait a moment to post another comment