beautypedia

Beautypedia: 4 Kandungan Melembapkan yang Paling Sering Dipakai Skincare Lokal!

seo-img-article

Tahun ini banyak banget brand-brand lokal yang mengeluarkan produk pelembap. Yuk kenali kandungan-kandungannya lebih lanjut!

“Tak kenal maka tak sayang”, kira-kira begitu bunyinya. Sama halnya dengan mengenal lebih lanjut soal produk-produk perawatan kamu. Bisa jadi kamu punya produk holy grail tapi nggak begitu mengerti kandungan di dalamnya seperti apa. Kali ini saya mau membahas soal kandungan-kandungan melembapkan yang banyak digunakan oleh produk lokal, karena saya lihat kandungan-kandungan ini jadi punya trade mark-nya sendiri nih. Baca selengkapnya di bawah ya!

Aloe vera

Sebelum beberapa kandungan lain yang ngetren sekarang, aloe vera atau lidah buaya ini yang paling sering jadi the go to moisturizing ingredient yang semua orang tau. Pasti inget ya, dulu ramai banget aloe vera gel di mana-mana. Lidah buaya ini juga cukup banyak ditemukan di Indonesia. Di dalamnya kaya akan antioksidan (polifenol), mineral, vitamin, serta enzim yang bisa menjaga kelembapan serta kekenyalan kulit secara alami. Selain beramanfaat untuk kulit, lidah buaya juga bagus untuk atasi masalah kesehatan lho, seperti sembelit, cacingan, infeksi, dan juga kolik.

Baca juga: 9 Cara Menggunakan Aloe Vera Gel

Hyaluronic Acid

Kandungan yang satu ini awalnya ngetren di skincare-skincare Korea, kamudian jadi banyak digunakan juga di Indonesia. Hyaluronic acid atau asam hialuronat ini sebenarnya sudah diproduksi secara alami oleh tubuh, dan hyaluronic acid yang ada pada skincare adalah versi buatannya. Tapi sayangnya, produksi hyaluronic acid akan berkurang seiring pertambahan usia. Fungsi utamanya adalah untuk mengikat molekul air dalam jaringan ikat dan kulit agar tidak menguap dan tetap berada dalam jaringan. Kadar air dalam tubuh ini lah yang menjadi salah satu faktor penting untuk menjaga kelembapan kulit serta menentukan tingkat hidrasi tubuh.

Baca juga: 4 Serum Hyaluronic Acid Lokal untuk Bikin Kulit Lembap dan Glowing

Centella Asiatica

kandungan melembapkan n'pure centella asiatica toner

Kamu tau gak centella asiatica itu asalnya dari mana? Di Indonesia centella asiatica lebih dikenal dengan nama daun pegagan. Sebelumnya juga lebih dulu ngetren di Korea, dan sekarang masih ngetren banget di Indonesia. Centella asiatica, atau sering disingkat jadi cica ini, bermanfaat untuk menjaga kelembapan serta elastisitas kulit dengan meningkatkan kadar sebum alaminya. Di dalamnya juga ada saponin yang bisa menahan air lebih lama di lapisan kulit. Selain melembapkan, cica juga banyak digunakan sebagai soothing ingredient karena saponin ini.

Baca juga: 7 Rekomendasi Serum Lokal dengan Kandungan Centella Asiatica

Ceramide

kandungan melembapkan trueve niacinamide & ceramide

Nah, yang paling recent ada ceramide nih, yang baru banget ramai tahun ini. Sebenarnya apa sih ceramide ini? Kandungan ini termasuk golongan asam lemak alami yang membentuk hampir setengah lapisan epidermis kulit. Yup, ceramide ini sebenarnya sudah secara alami diproduksi oleh kulit. Karena ceramide jadi salah satu komponen yang menyusun lapisan kulit, ceramide digadang-gadang bisa bantu memperbaiki skin barrier yang rusak dan memberi efek menenangkan. Bila produksi ceramide dalam kulit berkurang, maka kulit akan terlihat kusam dan juga kering, makanya kandungan yang satu ini ngetop banget di produk-produk pelembap terbaru.

Baca juga: 5 Serum dengan Kandungan Ceramide untuk Mengatasi Kulit Kering dan Iritasi

Sudah lebih kenal kan sekarang dengan kandungan melembapkan yang mungkin ada di produk skincare kamu? Mana nih yang jadi favorit kamu?

 

Images: dok. Female Daily, brands

athifahch

athifahch

-

Slow Down

Please wait a moment to post another comment