peace of mind

4 Cara Agar untuk Keluar dari Zona Demotivasi

seo-img-article

Pernah nggak, kamu mengalami yang namanya ‘malas’ kerja? Pokoknya untuk melakukan sesuatu hal, seperti nggak ada tenaga atau motivasinya? Padahal pekerjaan yang kamu lakukan cukup simpel dan suka. Kalau iya, bisa jadi kamu mengalami yang namanya demotivasi.

 

Menurut penjelasan Psikolog dari aplikasi Reliv, Graheta Rara Purwasono, M.Psi., Psikolog, demotivasi adalah keadaan ketika kamu kehilangan semangat untuk melakukan sesuatu. Kondisi ini menyebabkan segala aktivitas dan pekerjaan yang harus kamu lakukan menjadi terhambat. Dampaknya, membuat produktivitas dan performa kerja menurun.

Apa sih penyebab demotivasi? Sebenarnya berbeda-beda setiap orang. Bisa jadi kamu lagi merasakan burnout, nggak mendapatkan credit atas pekerjaan kamu, atau mungkin kamu kurang dapat apresiasi atas semua yang sudah kamu lakukan. Jadi wajar ya, kalau kamu mengalami yang namanya demotivasi.

Baca juga: Hustle Culture Menjadi Penyebab Burnout, Ini Cara Mengatasinya

Tapi hal ini nggak bisa berlangsung berlama-lama, karena pada akhirnya akan merugikan kamu sendiri. Keluar dari zona demotivasi memang nggak gampang, tapi semoga dengan 4 tips ini. memudahkan kamu untuk menemukan motivasi kembali bekerja atau melakukan aktivitas yang kamu suka:

Cari tahu penyebabnya

Coba deh, kalau kamu lagi merasa demotivasi, kamu diam dulu sejenak, dan ingat-ingat lagi apa yang menyebabkan kamu demotivasi. Kalau bisa sih, memikirkannya jangan sembari main ponsel atau nonton, takutnya malah nggak fokus. Atau kamu juga bisa melakukannya sembari menulis jurnal.

Isi ulang energi Anda dengan cara yang tepat

Ini yang biasanya saya lakukan kalau sedang merasa demotivasi. Saya akan mengambil cuti dua hari, yaitu Jumat dan Senin. Selama cuti ini saya akan menghabiskan waktu untuk istirahat, atau mungkin hanya tidur seharian. Nggak salah kok, kalau yang kamu lakukan selama cuti cuma tidur, karena mungkin itu yang dibutuhkan badan dan pikiran kamu. Atau kamu bisa juga mulai melakukan project DIY atau kegiatan apapun yang kalian suka. Pokoknya selama cuti atau mengambil waktu istirahat, jangan buka laptop, apalagi cek e-mail kerjaan.

Tujuan bekerja

Setiap melakukan sesuatu pasti ada alasananya. Alasannya bisa apa saja kok, bisa sekadar memuaskan rasa penasaran atau memang untuk survive hidup. Coba tanyakan ke diri kamu sendiri, kamu bekerja itu untuk apa sih? Untuk mencapai apa? Dengan mengingat tujuan bekerja, ini akan membantu kamu untuk kembali motivasi bergerak.

Cari suasana baru

Mungkin sumber demotivasi kamu bukan dari lingkungan pekerjaan, melainkan dari kondisi area bekerja kamu. Jadi yang bisa kamu lakukan adalah menata ulang ruangan atau meja kerja. Bisa juga kamu tambahkan table decor, candle atau reed diffuser supaya kembali semangat bekerja.

Itu adalah 4 hal yang bisa kamu lakukan untuk keluar dari zona demotivasi. Selamat mencoba! Semoga tips ini membantu kamu ya.

Image: Freepik.com, Dok. Female Daily

ochell

ochell

-

Slow Down

Please wait a moment to post another comment