acne treatment

3 Trik Memudarkan Bopeng Bekas Jerawat yang Bisa Kamu Coba!

seo-img-article

Setelah timbul jerawat, hal yang paling menyebalkan adalah timbul bekas jerawat berbentuk bopeng. Meski nggak mendatangkan masalah serius, namun bopeng bikin beberapa orang nggak percaya diri karena tampilannya yang cekung ke dalam seperti lubang, bikin tekstur kulit jadi nggak merata.

Bekas jerawat bisa beragam bentuknya. Ada yang berupa dark spots atau hiperpigmentasi, yaitu bintik-bintik gelap. Ada pula yang disebut acne-scar atau biasa disebut “bopeng”, yang membuat kulit terlihat seperti berlubang. Kalau dark spots atau hiperpigmentasi, kamu bisa atasi dengan skincare yang mengandung  brightening ingredients seperti vitamin C, Niacinamide, Alpha Arbutin, Chromabright, kojic acid, sakura, citrus, buah beri, bengkuang, dan lain sebagainya. Namun, untuk acne-scar jauh lebih sulit dihilangkan.

Untuk mengatasinya, ada beberapa cara efektif untuk mengembalikan tekstur wajah, yaitu melakukan treatment wajah di klinik kecantikan terpercaya, seperti laser treatment dan microneedling. Namun, sayangnya harga perawatan ini nggak murah dan nggak bisa dilakukan oleh semua orang. Tapi jangan sedih, karena kamu tetap bisa membuat bopeng bekas jerawat tampak pudar dan terlihat lebih halus dengan beberapa trik di bawah ini.

Menggunakan skincare dengan kandungan retinol

Cara paling mudah dan bisa dilakukan sehari-hari adalah rutin menggunakan skincare dengan kandungan retinol. Retinol mampu menstimulasi produksi kolagen pada kulit, sehingga kulit jadi lebih halus, kencang, dan teksturnya lebih mulus. Retinol juga ampuh untuk mengurangi dan mencegah jerawat! Nah, kamu bisa aplikasikan skincare dengan retinol 2-3 kali seminggu supaya bopeng bekas jerawatmu tampak memudar. Skincare dengan retinol bentuknya beragam, ada yang toner, serum, dan juga moisturizer. Kamu bisa pilih salah satunya dan aplikasikan hanya saat malam. Saat paginya, jangan lupa aplikasikan sunscreen ya!

Baca juga: 4 Eye Cream dengan Kandungan Retinol untuk Tampilan Kulit Mata yang Lebih Muda

Memakai serum berbahan marine collagen

Selain kandungan retinol, marine collagen juga merupakan bahan yang bisa kamu pilih untuk membantu mengurangi bopeng bekas jerawat. Marine collagen berfungsi untuk memperbaiki kolagen dan serat elastin yang rusak di dalam kulit, membuat lapisan kulit lebih kuat dan halus, membuat kulit lebih kenyal dan kencang. Marine collagen juga aman dipakai pagi dan malam, setiap hari. Contoh skincare dengan marine collagen yang bisa kamu coba adalah Avoskin Your Skin Bae Marine Collagen 10% + Ginseng Root Serum, Somethinc Salmon DNA + Marine Collagen Elixir, dan Heimish Marine Care Rich Cream.

Chemical peeling di klinik kecantikan

Kamu bisa menjajal chemical peeling di klinik kecantikan. Perawatan ini merupakan salah satu yang paling banyak dipilih orang untuk mengatasi bopeng bekas jerawat, namun harganya nggak semahal laser treatment atau microneedling. Perawatan ini dilakukan untuk mengangkat lapisan paling luar kulit menggunakan cairan eksfoliasi. Kalau dilakukan secara teratur, seperti 1-2 kali dalam sebulan, chemical peeling bisa membuat tekstur kulit kamu lebih halus, jadi bopeng bekas jerawat jadi tersamarkan. Namun perlu dikonsultasikan dulu apakah tipe wajah kamu sensitif atau normal, karena perawatan ini bisa menimbulkan efek samping yang beragam salah satunya iritasi karena kandungan acid-nya.

Kalau kamu nggak mau chemical peeling di klinik kecantikan, bisa kok eksfoliasi di rumah saja! Kamu bisa menggunakan exfoliating serum atau exfoliating toner dengan kandungan AHA BHA setiap malam, supaya sel kulit mati terangkat, regenerasi sel-sel kulit terjaga, sehingga tekstur kulit berangsur membaik. Jangan lupa, jangan menggunakan AHA BHA dan retinol di hari yang sama ya, agar kulit nggak sensitif dan iritasi.

Baca juga: 5 Fakta yang Harus Kamu Tahu Tentang Bekas Jerawat!

 

Itulah beberapa trik untuk memudarkan acne scars di wajah. Harap diingat bahwa 3 trik di atas tidak bisa menghilangkan bopeng ya, hanya membantu tekstur kulit lebih halus dan merata. Untuk membuat bopengnya benar-benar lenyap, kamu tetap butuh advanced treatment di klinik kecantikan. Untuk mencegah agar bopeng bekas jerawat nggak muncul lagi, hindari memegang-megang atau memencet jerawat kamu ya!

 

Image : freepik.com & dok. female daily

diaan_acil

diaan_acil

-

Slow Down

Please wait a moment to post another comment