banner-detik

lifestyle

Sebelum Beli Samsung Galaxy Buds2, Coba Cek Galaxy Buds Pro yang Nggak Kalah Keren!

seo-img-article

Lagi cari wireless earphone yang tahan lama, kualitas audio bagus dan nggak gampang lepas? Coba langsung cek deh Galaxy Buds Pro ini!

Akhir-akhir ini, siapa sih yang nggak kepingin memiliki earphone wireless yang nyaman dan suaranya bagus? Saya rasa hampir semua orang sudah mulai meninggalkan earphone dengan kabel untuk menemani aktivitas sehari-harinya. Bahkan, dilansir dari Counterpoint Research Global Hearables, penggunaan earphone True Wireless Stereo (TWS) meningkat sebanyak 78% dan makin populer di kalangan masyarakat terutama di masa new normal.

Salah satu yang selalu saya suka adalah TWS keluaran Samsung. Perangkat audio yang dimiliki Samsung ini selalu memuaskan dan pastinya beberapa yang saya coba itu sangat nyaman digunakan. Kalau kalian merupakan die hard fans Samsung, pasti tahu dong kalau mereka akan mengeluarkan Galaxy Buds2 yang teknologinya semakin canggih. Tapi, sebelum beralih ke sana, nggak ada salahnya lho untuk melirik Galaxy Buds Pro yang menurut saya salah satu TWS yang paling nyaman buat segala situasi.

Desain + Pilihan Warna

Berbeda dengan TWS pendahulunya, Galaxy Buds Live yang juga sempat saya review di sini, Galaxy Buds Pro ini punya pilihan warna yang lebih catchy mengikuti warna Galaxy S21 series mereka. Ada Black, Phantom Violet dan juga Silver. Kebetulan yang saya miliki adalah yang warna Phantom Violet.

Walaupun sama-sama memiliki polesan high-gloss pada bagian luar earphone, desainnya justru jauh lebih mirip sama Samsung Galaxy Buds+ dibandingkan dengan Galaxy Buds Live. Untuk case nya sendiri, bentuknya kotak dengan sudut melengkung yang tetap keliatan chic. Pas banget sih buat dibawa ke mana-mana, bahkan disimpan di kantong celana pun masih muat, nggak ganggu dan material glossy/doff nya juga nggak bikin sidik jari membekas.

Earbuds nya sendiri menurut saya jauh lebih nyaman ketimbang Galaxy Buds Live yang menyerupai kacang. Di kuping saya yang terbilang kecil ini, ear tips nya jauh lebih nge grip, nggak gampang lepas dan juga nggak bikin sakit walau dipakai dalam jangka waktu yang cukup lama. Mungkin karena ear tips nya berbentuk agak lonjong, makanya buds ini jadi lebih nyaman dan nggak gampang lepas.

Ada tiga opsi juga untuk ear tips nya yang bisa kamu pilih untuk kenyamanan penggunaan, tapi memang dia tidak memiliki opsi wing tips seperti Galaxy Buds+.

Fitur Galaxy Buds Pro

Kalau ngomongin soal audio nya, menurut saya teknologi Buds Pro ini keren banget sih. Dengan menggunakan teknologi AKG, suara vokal, bass dan juga treble nya harmonis banget. Kita juga bisa atur suara yang diinginkan dengan menggunakan fitur Equalizer pada aplikasi Galaxy Wearable. Selain itu, Buds Pro ini juga punya tiga mikrophone di setiap buds nya. Dua di bagian dalam untuk bantu mengenali asal suara dan satu lagi di bagian luar agar suara luar di sekitar kita bisa tersaring dengan baik.

Selain itu, ada juga teknologi Dolby Head Tracking di dalam buds ini, yang bisa bikin experience 360 audio kita semakin menyenangkan saat mendengar musik hingga menonton film. Suaranya jadi berasa lebih real, dan juga jelas.

Buds Pro ini juga punya fitur Active Noice Cancelling (ANC) nya pun berfungsi dengan sangat optimal dan bisa diatur intensitasnya. Dibanding dengan Galaxy Live, buds ini jauh lebih bisa mengisolasi suara dari luar hingga mencegah suara bocor keluar dari earbuds saat sedang kita gunakan. Bahkan bbuds ini memiliki kemampuan voice detect yang secara instan akan mengubah ANC menjadi Ambient sound saat buds mendeteksi suara kita. Jadi saat kita lagi menggunakan fitur ANC dan hendak berbicara dengan orang, buds akan secara otomatis mematikan fungsi noice canceling nya dan membiarkan microphone nya bekerja agar kita bisa mendengar suara orang yang sedang berbicara. Keren kan!

Oh ya, di luar fitur audio, buds ini juga sudah memiliki sertifikan IPX7 sehingga tahan air. Tapi bukan berarti bisa kamu celupkan ke dalam air begitu saja ya. Hal ini dimiliki Galaxy Buds Pro untuk memberikan kenyamanan saat kita berolahraga dan mengeluarkan keringat. Kalau sampai case atau buds kena basah berlebih, jangan lupa untuk mengeringkan dengan baik sebelum kalian charge ya.

Ketahanan Baterai

Saat kita menggunakan fitur ANC, Buds Pro ini bisa bertahan 5 jam saat digunakan, dan case nya bisa memberikan 13 jam ekstra untuk kita gunakan kembali. Total penggunaan bisa sampai 18 jam untuk kembali mengisi ulang baterai pada case nya. Bahkan saat ANC nya dimatikan, buds ini bisa bertahan hingga 28 jam dengan total sekali penggunaan adalah 8 jam!

Kalau kamu lagi butuh buru-buru, Buds Pro ini juga bisa kamu charge selama lima menit untuk bisa digunakan selama 1 jam. Selain itu, kalau kamu punya ponsel Samsung Galaxy, Buds Pro ini bisa di-charge menggunakan Wireless PowerShare tanpa perlu pakai ribet.

Final Thoughts

Selama beberapa waktu menggunakan buds ini, so far ini merupakan TWS ternyaman yang saya pernah gunakan. Saat dipakai lari dan training pun buds nggak mudah lepas walaupun memang posisinya harus dibenarkan sesekali. Kualitas suara dan noise canceling nya pun juara dan bisa menghalau kebisingan yang nggak saya inginkan.

Pas saya gunakan, nggak ada delay sama sekali, suara super jernih dan juga jelas. Jangkauan bluetooth nya juga menurut saya sangat baik. Saat saya menggunakan buds ini di ruangan yang berbeda dari ponsel saya, suara tetap bisa terdengar jernih tanpa putus-putus.

Untuk masalah baterai, saya sih nggak ada komplain sama sekali, karena jujur Galaxy Buds Pro ini bisa tahan lama banget sih. Bahkan sempat saya diamkan di dalam case nya semingu lebih, buds ini masih bisa dipakai dengan 100% baterai pada buds walau case nya sudah mendekati 0%. Worth it banget buat kamu yang memang lagi mau investasi earbuds yang tahan lama, kualitas audio keren dan juga bisa enak dipakai saat olahraga.

 

 

Images: Dok. Samsungg

Slow Down

Please wait a moment to post another comment