banner-detik

lifestyle

Review Samsung Galaxy Buds Live, Chic Earbuds dengan Audio Berkualitas

seo-img-article

Samsung galaxy buds live

Beberapa waktu lalu, saya sempat maju mundur buat beli Samsung Galaxy Buds+. Kenapa? Karena stok yang available di website resminya itu bukan warna hitam yang saya mau, melainkan warna putih. Sudah berkali-kali nunggu produknya restock juga tetap nggak kunjung tiba. Ternyata, memang ada maksud lain dari penantian yang nggak kunjung berakhir itu, karena Samsung mengeluarkan Galaxy Buds Live yang desainnya lebih cantik dan nggak terlihat bulky seperti Buds+. Akhirnya, saya memutuskan buat membeli Galaxy Buds Live yang warnanya paling unik, yaitu Mystic Bronze!

Buat kalian yang masih maju mundur mau beli True Wireless Stereo terbaru dari Samsung ini, mudah-mudahan review saya bisa membantu, ya!

Desain & Pilihan Warna

Samsung Galaxy buds live 1

Sebelum masuk ke detail spesifikasi dari Galaxy Buds Live ini, saya pingin bahas desainnya yang memang jadi salah satu faktor utama kenapa saya keukeuh banget pingin punya wireless earbud ini. Bentuknya yang futuristik dan sleek kayak kacang in a glamor way ini kelihatan cantik banget pas diselipkan ke telinga kita dan nggak menonjol. Apalagi warna yang bronze yang saya pilih ini kayak bisa sedikit menggantikan peran aksesori di telinga karena glossy finishing yang mewah.

galaxy buds live

Material charging box nya juga doff, jadi nggak gampang kotor kalau kita pegang-pegang. Selain itu desainnya yang terinspirasi dari jewelry box ini juga menggunakan bahan yang sebanyak 20%-nya berasal dari Post-Consumer Material (PCM) yang telah didaur-ulang, hal ini untuk memastikan komitmen Samsung untuk mengurangi dampak lingkungan dari sampah plastik. Ukurannya juga compact banget, jadi gampang buat diselipin ke dalam kantong ataupun mini bag kalian.

Samsung galaxy Buds Live

Nah, kalau kamu kurang suka sama warna Bronze, ada juga 2 pilihan warna lain, yaitu Mystic White dan Mystic Black yang juga punya touch of flashy material. Kalau beli di website resmi Samsung Indonesia, kamu bisa mendapatkan Buds Live ini seharga Rp2.599.000,-.

Galaxy Buds Live vs Galaxy Buds+

WhatsApp Image 2020-09-24 at 11.19.46 AM (3)

Kalau ditanya kenapa malah pilih Galaxy Buds Live dibanding Buds+? Jujur, jawaban saya pertama adalah karena bentuknya sih. Tapi setelah baca-baca beberapa review kedua produk ini, memang perbedaan utama ada di sensasi mendengarkan suara yang diciptakan oleh Buds Live dan juga Buds+.

WhatsApp Image 2020-09-24 at 11.19.46 AM (4)

Kalau Galaxy Buds Live sendiri, memang didesain sebagai ‘open-type’ earbuds yang diklaim bisa dipakai lebih nyaman dalam jangka waktu yang lama. Jadi earbuds ini akan lebih cocok buat kalian yang pingin mendengarkan tipe suara yang lebih beragam dalam jangka waktu lebih lama, karena cukup diselipkan di area tragus pada bagian telinga luar sehingga sirkulasi udara pun jadi lebih baik. Sementara Galaxy Buds+ adalah ‘canal-type’ earbuds yang ditujukan buat kalian yang pingin mendapatkan kualitas suara yang imersif, alias pingin mendapatkan suara yang benar-benar real di telinga. Biasanya canal-type earbuds yang menutup lubang telinga ini seringkali membuat kita nggak merasa nyaman kalau dipakai terlalu lama.

Fitur, Audio & Ketahanan Baterai

Samsung untuk pertama kalinya menghadirkan fitur Active Noise Cancellation (ANC) pada open type earbuds mereka. Teknologi ini bakal membantu meredam noise di sekeliling kita, tanpa membuat kita terisolasi dari suara-suara penting yang ada di sekitar. Jadi, suara bising seperti jalanan, ambience di sebuah ruangan akan diminimalisir dengan ANC ini, sementara suara pengumuman, atau orang yang berbicara langsung pada kita akan tetap terdengar dengan lebih baik. Semua bisa dengan gampangnya diaktifkan pada aplikasi Samsung Wearable atau cukup tekan earbuds agak lama.

Screenshot (1023)

Earbuds yang bisa dipakai pada ponsel android dan juga iOS ini juga punya 12mm speakers hasil kerjasama dengan AKG, sehingga menghasilkan suara yang “bulat”, deep, dan bisa menciptakan efek bass yang pas untuk kita dengarkan. Di aplikasi Galaxy Wearable nya juga terdapat Equalizer yang bisa kita sesuaikan untuk mendengarkan beragam tipe suara sesuai pilihan musik ataupun selera kita.

WhatsApp Image 2020-09-24 at 11.19.46 AM (2)

Kalau dipasangkan sama smartphone Samsung, earbuds ini bisa menerima sound command yang memudahkan pengoperasian Bixby. Jadi kita bisa dengan gampang melakukan perintah suara untuk melakukan beragam aktivitas tanpa menyentuh smartphone. Smart assistant on the go!

Sedangkan kalau klaim ketahanan baterainya, Buds Live ini dipercaya memiliki playtime 21 jam, atau penggunaan earbuds nonstop sekitar 6 jam dan charging box nya bisa bertahan hingga 15 jam. Bahkan dengan melakukan charging selama 5 menit, kita sudah bisa menggunakan earbuds selama 1 jam.

Final Verdict

WhatsApp Image 2020-09-24 at 11.19.46 AM

Walaupun secinta itu liat desainnya, tapi memang awalnya saya takut earbuds ini gampang lepas. Tapi setelah dicoba dipakai sambil lari, sampai melakukan beragam aktivitas lainnya, earbud ini tetap nempel dengan baik di telinga saya. Karena bentuk telinga kita bervariasi, ada 2 wing tip yang disediakan oleh Samsung supaya kita bisa membuat earbuds ini lebih nge grip saat diselipkan ke telinga. Karena telinga saya termasuk kecil, saya lebih suka pakai wing tip yang small, atau sekalian saya lepas wingtip nya kalau lagi mau pakai earbuds ini dalam jangka waktu yang jauh lebih lama. Soalnya kadang saya suka merasa bagian atas earbuds ini menekan telinga saya kalau dipakai terlalu lama dengan menggunakan wing tip nya. Mungkin buat kalian yang punya telinga dengan bentuk yang lebih besar, earbuds ini akan jadi perfect fit tanpa perlu di adjust terlalu banyak menurut saya.

Untuk kualitas suara juga nggak ada yang pingin saya complain sih sejauh ini. Samsung yang sudah menggunakan AKG untuk sistem audionya ini nggak perlu diragukan lagi sih. Karena saya punya 1 headphone AKG kesayangan juga yang kualitas suaranya luar biasa. Well, memang nggak apple to apple dengan earbuds ini, tapi kalau dibanding sama earbuds keluaran smartphone Cina yang saya miliki sebelumnya, Galaxy Buds Live ini menang jauh sih.

PSX_20200924_124559

Fitur noise canceling nya juga terpakai banget sih kalau buat saya. Di saat saya lagi nggak mau diganggu, fitur ini tuh bisa mengeliminasi suara sekitar kita dengan cukup baik. Nggak perlu menyalakan musik saja, suara jalanan yang cukup berisik bisa teredam dengan optimal. Jadi lebih zen juga sih pas beraktivitas menggunakan earbuds ini hehe. Pas dipakai menelepon juga suara yang saya dengar jernih dan jelas, selain itu lawan bicara saya juga nggak pernah kesulitan mendengar apa yang saya ucapkan.

PSX_20200924_124523

Satu hal lagi yang saya suka dari earbuds ini. Ketahanannya luar biasa! Di awal penggunaan, saya charge box nya hingga full di hari Sabtu, dan sampai hari Kamis baterainya masih bertahan hingga 40%. Tapi ini dengan catatan tidak saya pakai setiap hari, dan pemakaian earbudsnya hanya sekitar 2-3 jam sekali pakai. Selain itu, cara charge nya juga gampang banget kalau kita lagi mobile. Karena kebetulan saya pakai S20+, jadi tinggal nyalakan Wireless PowerShare, simpan charging box nya di bagian belakang smartphone saya, dan earbuds pun terisi dengan mudahnya!

 

 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment