beauty school

Harus Tahu! Ini 5 Manfaat Kafein untuk Perawatan Kulit!

seo-img-article

Tidak hanya bermanfaat sebagai energi tambahan, namun kafein juga punya banyak manfaat untuk kecantikan kulit, lho. Yuk, simak di sini!

Siapa yang disini rasanya nggak bisa memulai hari kalau belum minum kopi? Ternyata nggak hanya memberikan energi tambahan bagi tubuh, namun kafein juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kulit. Kalau kamu perhatikan, mulai banyak produk skincare yang memiliki kandungan kafein lho di dalamnya. Kira-kira apa saja ya, manfaat kandungan kafein ini dalam produk skincare?

Menyamarkan mata panda dan dark circles

Saya sendiri pertama kali aware bahwa kandungan kafein digunakan di dalam skincare adalah saat melihat produk The Ordinary yang Caffeine Solution 5% + EGCG. Pertamanya saya kira itu adalah serum wajah, namun ternyata serum mata. Mulai deh saya browsing, memangnya kafein dapat mengurangi dark circles ataupun puffy eyes? Ternyata iya! Kandungan antioksidan dari kafein dapat bantu mengurangi pembengkakan yang ada di area mata. Hasilnya, area mata jadi tidak puffy dan lingkaran hitam bawah mata juga berkurang.

Melindungi kulit dari sinar UV

Di dalam kafein ternyata terdapat kandungan antioksidan yang sangat tinggi, sama seperti blueberry dan green tea. Kandungan antioksidan ini dapat melindungi kulit dari radiasi sinar UV dan meminimalisir kerusakan kulit. Dilansir dari Medical News Today, kafein juga akan mencegah tanda-tanda penuaan dini pada kulit.

Baca juga: 6 Trik Makeup Agar Terlihat 10 Tahun Lebih Muda

Menenangkan peradangan dan kemerahan

Kandungan yang ada dalam kafein ini juga dapat mengontrol pembuluh darah dan mengurangi peradangan ataupun kemerahan. Oleh karena itu, kandunga kafein bisa jadi alternatif bagi kamu yang memiliki masalah kulit seperti Rosacea, atau sedang iritasi. Biasanya, kandungan ini terdapat pada facial scrub, body scrub, atau sabun muka berbahan dasar kopi atau teh.

Mencegah selulit

Salah satu manfaat kafein yang paling terkenal di dunia kosmetik adalah kemampuannya untuk melawan pertumbuhan selulit pada kulit. Hal ini dikarenakan kafein mempunyai kemampuan untuk mencegah kelebihan penyimpanan lemak di dalam sel. Kafein sebagai molekul alkaloid membantu untuk menurunkan lemak melalui lipolisis, dengan menghambar aktivitas phosphodiesterase.

Baca juga:  4 Bahan Skincare Jerawat yang Nggak Mengeringkan Kulit

Melawan radikal bebas

Lagi-lagi dengan kandungan antioksidan yang tinggi, kafein dapat melawan radikal bebas. Kafein akan membatasi jumlah radikal bebas yang diproduksi oleh tubuh kita. Nah, radikal bebas inilah yang pada umumnya menjadi penyebab terbentuknya kerutan dan garis-garis halus kulit. Kafein juga memiliki kandungan asam amino, dan beberapa tipe kopi seperti green coffee bean oil, punya kandungan asam amino tinggi. Kandungan ini akan memproduksi kolagen dan elastin ekstra pada kulit.

Baca juga: 7 Kandungan Skincare yang Bikin Kulit Glowing Ini Banyak Tumbuh di Indonesia!

Nah, itu dia lima manfaat dari kafein bagi perawatan kulit. Ngak hanya untuk dikonsumsi, namun ternyata kandungannya punya banyak manfaat bagi kesehatan atau permasalahan kulit! Gimana, tertarik nggak kamu untuk pakai skincare berkandungan kafein? Atau mungkin sudah pernah coba? Yuk, boleh saling cerita di bawah!

 

Image : Freepik

Slow Down

Please wait a moment to post another comment