banner-detik

sponsored post

WAJIB TAHU! Ini Dia 6 Hal yang Bisa Terjadi Saat Tubuh Kurang Serat Harian

seo-img-article

Masih nggak percaya kalau kurangnya asupan serat bisa bikin tubuh jadi bermasalah? Simak deh hal buruk yang bisa terjadi kalau tubuh kurang serat.

 

Percaya nggak sih kalau rata-rata 95% orang di Indonesia itu kurang mengonsumsi buah dan sayur yang cukup? 

Bahkan berdasarkan data dari BPOM di tahun 2016, orang Indonesia itu hanya mengonsumsi 27% serat dari yang dianjurkan, atau hanya 8 gram/hari dari 30 gram serat/hari yang dibutuhkan tubuh, lho.

Duh, memang penting ya mengonsumsi serat sebanyak itu? Jawabannya tentu saja iya. Serat yang kita konsumsi itu bisa memengaruhi seluruh bagian pada tubuh kita, termasuk kulit, saluran pencernaan, hingga imunitas tubuh. 

Jadi, saat tubuh kurang serat, pastinya akan timbul beragam masalah pada tubuh kita. Masih nggak percaya? Coba cek deh beberapa hal buruk yang bisa terjadi saat tubuh kurang serat harian dan cara mengatasinya.

Baca juga: Sering Mengalami Perut Bloated? Ini Cara Mengatasinya!

1. Perut jadi gampang kembung

tubuh kurang serat

Kurangnya asupan serat harian ternyata jadi salah satu penyebab utama kenapa perut kita gampang kembung, atau bahasa kerennya, bloated. Umumnya, hal ini disebabkan oleh banyaknya gas di dalam perut, makan terlalu cepat, sering mengonsumsi makanan berlemak, processed food atau dairy food

Kegunaan serat di sini adalah bisa membantu menjadi penyeimbang makanan yang dikonsumsi tersebut dan mengeluarkannya dari tubuh kita. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi perut kembung, kamu bisa memperbanyak konsumsi serat harian dengan menambahkan buah atau sayur hijau yang kaya akan serat pada menu makananmu.

2. Sering susah buang air besar/konstipasi

Serat yang kita konsumsi setiap harinya, ternyata bisa membantu memperlancar cara kerja usus besar untuk membuang toksin dalam tubuh. Usus akan bekerja dengan normal di saat kita banyak mengonsumsi serat, sehingga buang air besar pun menjadi lebih lancar setiap harinya.

Saat kita banyak mengonsumsi makanan yang rendah serat, maka tubuh akan membutuhkan waktu yang jauh lebih lama untuk bisa mencernanya. Akhirnya terjadilah konstipasi, atau sulit buang air besar yang merupakan efek jangka pendeknya. Mulai sekarang, biasakan untuk mengonsumsi buah atau sayur saat makan malam, sehingga di pagi hari kamu bisa buang air besar dengan lebih lancar.

3. Kanker kolorektal

By the way, konstipasi itu hanya efek jangka pendeknya saja, lho. Kalau kamu nggak melakukan sesuatu untuk mengatasinya, bisa jadi ada efek jangka panjang yang lebih berbahaya, yaitu kanker kolorektal!

Menurut artikel yang saya kutip dari Alodokter, kanker kolorektal ini adalah kanker yang muncul di usus besar, atau di bagian paling bawah usus besar yang terhubung ke anus. Jadi, di saat kotoran dalam tubuh susah dibuang, maka usus besar akan terkontaminasi dengan kotoran yang memiliki karsinogen, sehingga bisa memicu pertumbuhan sel kanker pada usus.

Kalau kamu benar-benar belum bisa menakar kebutuhan serat harianmu, coba deh tambahkan konsumsi minuman serat harian yang juga bisa membantu mengatasi konstipasi, agar terhindar dari bahaya jangka panjang ini. Salah satu yang rasanya enak, segar, dan nggak seperti sedang minum obat, adalah Fibe Mini. 

tubuh kurang serat

Minuman ini tuh mengandung 6 gram serat per botolnya, sehingga bisa bantu untuk memenuhi kebutuhan serat harian kita sebanyak 20%. Fibe Mini yang berasal dari Jepang ini juga mengandung serat yang bisa membantu mengubah komposisi bakteri di usus, jadi bisa bantu mencegah atau mengurangi konstipasi tanpa bikin perut jadi sembelit!

Cara konsumsinya juga gampang banget sih. Kamu hanya perlu meminumnya 1-2 botol setiap hari, agar kebutuhan serat harian bisa terpenuhi dengan baik. Fibe Mini ini juga berasal dari Jepang yang benar-benar peduli akan teknologi dan pasti kualitasnya nggak perlu diragukan lagi. Minuman ini juga setara dengan tujuh mangkuk sayur jika kita konsumsi rutin selama tujuh hari, lho. Psst… kalau kamu mau beli, jangan lupa standby di Beauty Studio, karena di tanggal 2 Agustus 2021 bakal ada open PO khusus buat kamu yang mau mencoba Fibe Mini ini!

4. Kulit gampang kusam dan berjerawat

Istilah ‘You are what you eat’ ternyata benar adanya. Karena selain akan terlihat pada tonjolan lemak di badan, makanan yang kita konsumsi juga bisa tercermin pada organ terbesar pada tubuh kita, yaitu kulit.

Karena salah satu fungsi utama dari serat adalah bantu mengeliminasi toksin di dalam tubuh, maka secara otomatis kalau kita mengalami defisit serat, kulit juga bakal terpengaruh. Mulai dari tampilannya jadi lebih kusam, mudah berjerawat, hingga jadi lebih sensitif. 

Baca juga: Tips Ampuh Atasi Jerawat di Bibir

Jadi selain rajin menggunakan skincare yang tepat, mulailah kurangi processed food, makanan tinggi gula dan perbanyak konsumsi air mineral, sayur, buah-buahan hingga probiotics untuk membantu membuat usus kita bekerja dengan lebih baik. Hasilnya? Kulit juga akan menjadi lebih sehat dan minim masalah.

5. Tubuh kurang berenergi

Saat kita tidak mengonsumsi serat harian yang cukup, dan cuma makan makanan tinggi protein serta lemak, maka tubuh juga akan jadi lebih mudah capek. Selain perlu menambahkan karbohidrat pada diet, serat juga ternyata bisa bantu menyeimbangkan energi di tubuh kita. 

Serat yang kita konsumsi akan memberikan sumbangan energi melalui proses fermentasi di tubuh, serta membantu membuang lemak yang tidak dibutuhkan tubuh dengan optimal. 

Jadi, lebih baik perbanyak konsumsi serat dibandingkan mencari makanan dengan kadar gula tinggi untuk menambah energimu sehari-hari. Kamu bisa coba konsumsi peanut butter, pisang atau apel untuk menggantikan makanan manis tersebut.

6. Berat badan bertambah

Selain bisa bantu untuk memperlancar pencernaan, serat juga ternyata bisa bantu menyeimbangkan kadar gula dalam darah sehingga bisa meminimalisir munculnya penyakit diabetes, serta membantu mencerna karbohidrat dengan lebih baik.

Baca juga: Rekomendasi Katering Sehat untuk Turunkan Berat Badan!

Hal ini tentunya berpengaruh terhadap berat badan ideal kita yang akan jadi jauh lebih mudah tercapai jika kita memenuhi kebutuhan serat harian tubuh. Triknya cukup mudah kok, selama kita mau memilih kudapan kaya akan serat dan jauh lebih sehat seperti salad, mengonsumsi kacang-kacangan, atau buah saat keinginan ngemil muncul.

 

Jadi, jangan malas lagi ya buat selalu menambahkan makanan yang kaya serat setiap harinya, supaya tubuh kita terbebas dari masalah!

 

Images: Dok. Female Daily, Freepik.com

Slow Down

Please wait a moment to post another comment