banner-detik

acne treatment

3 Tips Mengatasi Jerawat di Bibir!

seo-img-article

Jerawat di atas bibir saja rasanya sudah sangat mengganggu! Gimana rasanya kalau ada di bibir?

Siapakah yang pernah mengalami jerawat di bibir? Mungkin sebagian dari kamu ada yang penasaran, kok bisa ada jerawat di bibir? Bisa saja terjadi, kalau kamu nggak merawat bibir kamu dengan baik.

Menurut seorang dermatologist, dr. Jennifer MacGregor, jerawat di bibir umumnya mirip dengan jerawat yang muncul di wajah. Kebanyakan jerawat bibir merupakan tanda umum karena breakout hormonal. Banyak kemungkinan yang terjadi, seperti pori-pori di sekitar mulut yang tersumbat, maka akan timbul jerawat. Namun hal lainnya bisa jadi karena stres, bakteri, atau produk yang nggak cocok ketika diaplikasikan ke bibir.

Meski jerawat di bibir ini mengganggu, kamu nggak perlu sedih. Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu ikuti untuk mengurangi dan menyembuhkan jerawat di bibir.

Jangan dipencet!

Say no to pencet-pencet jerawat! Biasanya masih ada yang suka bandel, nggak berasa megangin wajah atau bibir, lalu mencet-mencetin jerawat. Memang ada sensasi serunya, namun kegiatan ini akan berdampak buruk bagi bibir. Sama saja seperti jerawat di wajah, kalau kebanyakan disentuh atau dipencet malah akan merusak jerawat dan memperburuk keadaan wajah.

Baca juga: 7 Hal yang Bikin Jerawat Kamu Susah Hilang

Gunakan acne patch

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sementara menunggu jerawat mereda, biar nggak kena lidah atau gigi yang sering bersentuhan dengan bibir, kamu bisa menggunakan acne patch untuk menutupinya. Selain acne patch, kamu juga bisa merawatnya dengan menggunakan obat jerawat yang memiliki kandungan Benzoyl Peroxide, untuk membunuh bakteri penyebab jerawat. Pilih juga skincare yang mengandung Salicylic Acid untuk membantu membersihkan pori-pori kulit.

Baca juga: 8 Rekomendasi Produk untuk Atasi Jerawat Punggung

Jaga kebersihan

 

Penting banget untuk menjaga kebersihan di wajah kamu, terutama bagian bibir. Biasakan untuk selalu cuci wajah secara teratur dan membersihkan bibir dengan benar setelah beraktifitas dari luar, apalagi kalau kamu rutin menggunakan lipstik. Perlu diperhatikan juga pembersih wajah yang kamu gunakan, karena bisa jadi kamu mengalami iritasi karena produk pembersihnya. Untuk itu, kamu bisa menggunakan produk perawatan yang mampu mengontrol minyak namun tetap mild, supaya kulit nggak gampang iritasi atau muncul jerawat.

 

 

Jika beberapa tips di atas nggak ampuh di kamu, kamu bisa melakukan konsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan terbaik!

 

Image : Freepik.com, Dok. Female Daily

Slow Down

Please wait a moment to post another comment