banner-detik

entertainment 2

D.O EXO Rilis Mini Album Bertajuk 'Empathy'! Simak Fakta Menariknya!

seo-img-article

Waktu yang ditunggu-tunggu EXO-L akhirnya tiba juga! Do Kyung Soo yang akrab disebut D.O EXO, akhirnya rilis mini album setelah pertama kali debut bersama EXO di tahun 2012.

Tentu menjadi hal yang istimewa bagi para penggemar. Setelah hampir satu dekade bermusik, dan bebas wamil di tahun ini D.O kembali ke layar bersama anggotanya, dengan project comeback pertama dalam album ‘Don’t Fight The Feeling’, kini hadir bersama mini album-nya bertajuk ‘Empathy’.

Perjalanan bermusik D.O bukan baru sekali, sebelumnya sudah mengisi berbagai original soundtrack film maupun drama. Nggak cuma bermusik, kepandaian acting-nya juga membawanya ke berbagai film dan drama. Sebagai seorang yang baru kembali dari masa wajib militer, memberi persembahan maksimal untuk penggemar adalah hal yang wajar. Dalam mini album yang ia rilis pada 26 juli lalu ternyata banyak fakta menariknya, lho!

Rilis mini album dengan kebebasannya sendiri

Dalam industri musik Korea, merilis album talent adalah sebuah proyek besar yang membutuhkan banyak orang untuk membantu. Beberapa lagu boyband atau girlband Korea yang terkenal biasanya dibuat oleh banyak orang. Satu bait bisa dari satu composer A, dan bait selanjutnya dikerjakan composer B, dan seterusnya sampai menemukan rasa lagu yang pas.

Namun yang membuat mini album ini spesial adalah, proses pengerjaannya yang membebaskan talent untuk berkreasi sesuai bakatnya sendiri. Dalam lagu ‘Rose’ yang menjadi single utama mini album ‘Empathy’, liriknya diketahui ada campur tangan D.O sendiri.

Dibantu rekan musisi lainnya

Dalam pengerjaan mini album ini, D.O juga nggak bekerja sendirian. Ia dibantu oleh beberapa rekan musisi lainnya, seperti Wonstein, salah satu rapper yang mengisi dalam track berjudul ‘I’m Gonna Love You’. Nggak cuma itu, di lagu berjudul ‘My Love’ juga pembuatan lagunya dibantu oleh Jae anggota DAY6.

Rasa suportif sesama musisi ternyata nggak cuma berakhir di ruang studio aja. Hingga masa promosi pun, Jae DAY6 tetap membantu D.O supaya lagunya bisa didengar oleh jutaan orang selain EXO-L. Hal ini terbukti dengan cuitan Jae DAY6 dalam akunnya @eaJPark “Please support D.O, with his comeback! Had a ton of fun songcamping this one!” tuturnya, dengan menyematkan cuplikan lagu ‘My Love’ melalui screen record Spotify-nya.

Baca juga: 4 Rekomendasi Suplemen Korea yang Bagus untuk Daya Tahan Tubuh!

2 bonus track dalam bahasa asing

D.O EXO

Di mini album ‘Empathy’ ini, D.O EXO hanya menyuguhkan 6 lagu saja. Tapi ternyata setelah rilis seluruhnya terdapat 2 lagu tambahan yang dinyanyikan dalam bahasa asing. Yakni untuk lagu ‘Rose’ dinyanyikan dalam bahasa inggris, dan ‘Its Love’ dinyanyikan dalam bahasa spanyol. Tentu hal ini jadi sesuatu yang istimewa bagi penggemar internasional D.O.

Untuk mengerti lagu Korea memang nggak bisa langsung diserap hanya dalam sekali dengar, karena harus melihat artinya dulu. Namun, dengan adanya lagu yang dibawakan dalam Bahasa Inggris ini setidaknya penggemar internasional termasuk Indonesia bisa mudah mengerti dengan pesan yang disampaikan.

Baca juga: Siap Comeback, EXO Beri Banyak Kejutan untuk Fansnya!

Konsep mini album yang chill dan weekend friendly

D.O EXO

Bisa dibilang keseluruhan konsep mini album D.O ini memiliki nuansa yang santai banget dan cocok untuk didengarkan ketika akhir pekan. Mulai dari kemasan foto cuplikannya menggambarkan situasi ‘nggak mau ngapa-ngapain’ di hari minggu, dan latar fotonya juga seperti berada di rumah tua yang ada di Bandung. Bahkan nuansa music video-nya sangat simpel, hanya memperlihatkan D.O mengayun sepeda mengelilingi kota sambil mengenakan headphone. Begitu juga dengan lagunya, jika didengarkan seluruhnya memiliki nuansa akustik yang ramah didengar ketika mau tidur-tiduran saja di akhir pekan.

Itulah beberapa fakta menarik seputar perilisan mini album D.O EXO. Apakah kamu salah satu EXO-L juga? Lagu mana sih yang paling kamu suka?

 

Image: dok. twitter weareoneEXO

Slow Down

Please wait a moment to post another comment