fitnfab

7 Makanan yang Kaya Vitamin D Ini Bagus untuk Menjaga Imunitas!

seo-img-article

Selain vitamin C, kamu juga harus memenuhi asupan vitamin D supaya tulang tetap sehat dan daya tahan tubuh tetap kuat.

Banyak orang hanya peduli dengan asupan vitamin C dan E saja. Padahal vitamin D sangat krusial bagi kesehatan tubuh. Vitamin D sangat bagus untuk pertumbuhan dan kesehatan tulang, menguatkan sistem imun, menyeimbangkan tekanan darah, hingga membantu mencegah kanker.

Selain berjemur sekitar 15 menit setiap pagi, kamu sebaiknya mengonsumsi kapsul vitamin D setiap hari atau mendapatkannya dari sumber alami seperti makanan-makanan berikut ini.

1. Berbagai ikan

Salmon, herring, sarden, mackarel, tuna adalah makanan yang sangat kaya vitamin D. Wild salmon bahkan punya vitamin D lebih banyak dibanding salmon ternak. Jadi, jangan lupa lengkapi makananmu sehari-hari dengan berbagai ikan ini ya!

Kalau kamu nggak terlalu suka ikan, kamu bisa mengonsumsi minyak ikan cod yang sudah banyak tersedia dalam bentuk kapsul atau cair. Nggak cuma sarat vitamin D, minyak ikan cod juga sumber vitamin A yang baik dan dilengkapi dengan omega 3.

Baca juga: 5 Minuman Ini Bisa Membantu Mencegah Flu Saat Pandemi!

2. Jamur

Sayuran lezat ini adalah salah satu makanan yang kaya vitamin D. Seperti manusia, jamur bisa mendapat banyak vitamin D kalau sering terekspos matahari. Vitamin D yang diproduksi jamur adalah vitamin D2, bukan vitamin D3 seperti yang didapat dari ikan. Vitamin D2 tidak seefektif D3, tapi tetap bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

3. Kuning telur

Telur selalu jadi favorit. Ini adalah makanan yang kaya vitamin D, mudah dimasak apa saja, dan harganya terjangkau. Protein banyak ditemukan pada putih telur, sementara lemak, vitamin, dan mineral ada di bagian kuningnya. Sama seperti pada wild salmon, telur pada ayam kampung yang sering kena sinar matahari biasanya punya vitamin D lebih tinggi.

4. Keju

Nggak cuma kaya kalsium, keju adalah makanan yang kaya vitamin D juga. Sebagian keju punya lebih banyak vitamin D alami daripada yang lainnya, misalnya keju Montina, Muester, dan Monterey. Sementara bleu cheese, gouda, dan brie juga punya kandungan vitamin D tapi lebih sedikit.

Baca juga: 6 Makanan dan Minuman dari Drama Korea yang Bikin Ngiler!

5. Hati sapi

Hati sapi adalah salah satu makanan yang kaya vitamin D lho! Makanan ini juga lebih punya sedikit kalori dibandingkan area sapi lainnya seperti sirloin. Tapi sebaiknya jangan terlalu sering dikonsumsi ya, karena tinggi kolesterol juga.

6. Fortified foods

Sumber alami vitamin D itu sangat terbatas lho, padahal vitamin ini sangat penting bagi tubuh. Makanya, ada banyak makanan lain yang akhirnya ditambahkan dengan vitamin D, misalnya susu sapi, susu kedelai, yogurt, sereal, margarin, silk tofu, hingga orange juice. Jadi untuk memenuhi asupan vitamin ini, kamu bisa mengonsumsi telur, sereal, dan susu setiap sarapan. Yummy!

7. Oyster

Kalau sedang ingin memanjakan diri dengan menu mewah, oyster segar bisa jadi pilihan karena kamu bisa mendapatkan banyak vitamin D dari seafood ini!

Itulah makanan-makanan yang kaya vitamin D untuk dimasukkan ke dalam menu harianmu. Semoga segala asupan baik yang kamu konsumsi bisa menjaga tubuhmu tetap bugar ya. Stay healthy, everyone!

 

Image: Pexels

Poppy_Septia

Poppy_Septia

-

Slow Down

Please wait a moment to post another comment