beauty school

4 Tips Ampuh Mencegah Foundation Oksidasi

seo-img-article

Familiar nggak sama kata-kata oksidasi yang sering keluar dari ucapan beauty influencer?

Bagi kamu yang baru pertama kali dengar, oksidasi pada foundation adalah ketika kamu mengaplikasikan foundation, kemudian beberapa jam berikutnya kulit menjadi lebih gelap dan kusam. Padahal, ketika awal pakai foundation-nya, masih aman-aman aja. Nah, reaksi perubahan warna yang membuat foundation jadi nggak menyatu sama warna kulit tersebut disebut oksidasi.

Hal ini bisa aja terjadi, karena reaksi kandungan yang ada di dalam foundation. Tapi tenang saja, ada beberapa tips ampuh yang bisa kamu ikutin untuk mengurangi foundation oksidasi. Simak di bawah ini ya!

Pilih foundation satu tingkat lebih cerah

Sering perhatikan nggak kalau lagi nonton beauty vlogger? Mereka sering kasih tahu, “kalau pilih foundation, usahakan satu tingkat lebih cerah.” Nah, ini adalah poin yang sangat tepat. Karena foundation yang teroksidasi tuh biasanya berubah jadi gelap dari warna aslinya.

Kamu bisa menggunakan foundation dengan warna satu tingkat lebih cerah dari rona kulit aslimu. Hal ini dilakukan untuk mencegah kemungkinan efek gelap yang bisa muncul. Tapi pastikan kalau warna foundation yang kamu pilih sesuai dengan undertone kulit kamu ya, supaya hasilnya nggak jadi terlihat terlalu pucat atau malah abu-abu.

Baca juga: Kim Kardashian Luncurkan Body Foundation, Siapa yang Perlu?

Gunakan skincare sebelum pakai foundation

Kulit wajah memang nggak bisa lepas dari skincare. Penting banget bagi kita untuk rajin mengaplikasikan skincare di wajah setiap hari, baik mau pergi ataupun di rumah saja. Sebab, untuk menghasilkan kulit flawless dan glowing, kamu nggak hanya bisa mengandalkan pola hidup sehat dan makanan sehat saja, karena peran skincare sangat besar.

Pilih skincare sesuai jenis kulit kamu, supaya hasilnya lebih maksimal. Aplikasikan skincare juga setiap kamu akan menggunakan makeup, fungsinya untuk mempersiapkan kulit sebagai “media” yang baik sebelum “dilukis”. Kulit yang lembap akan bikin foundation mudah di-blend dan hasilnya lebih rapi, plus, nggak bikin foundation gampang teroksidasi dan warnanya tampak lebih menyatu dengan kulit.

Baca juga: Review Guerlain L’Essentiel Natural Glow Foundation

Set foundation menggunakan loose powder

Buat kamu yang hobi pakai foundation, jangan lupa juga lengkapi dengan loose powder. Fungsinya adalah untuk melapisi foundation, dan meminimalisir udara yang hendak menempel di foundation. Jadi, riasan nggak mudah teroksidasi. Loose powder juga bikin riasan lebih halus, menyamarkan pori-pori yang tampak besar, dan bikin makeup kamu lebih tahan lama. Kamu juga jadi lebih percaya diri untuk melakukan kegiatan sehari-hari! Pilih shade loose powder yang senada dengan foundation kamu ya. Jangan pilih yang lebih gelap, karena hasilnya bisa bikin kulit kamu jadi lebih kusam atau lebih kecokelatan, seperti memakai bronzer. Gunakan powder brush atau spons lembut saat mengaplikasikan foundation, dan pakai sedikit demi sedikit, jangan langsung terlalu banyak.

Baca juga: Make Over Hydrastay Meluncurkan Foundation dan Liquid Blush yang Bikin Kulit Glowing!

Simpan foundation dengan baik

Selain itu, juga jangan lupa untuk menyimpan foundation di tempat yang jauh dari sinar matahari, supaya nggak mengubah kandungan dan warna yang ada di dalamnya. Usahakan letak meja riasmu jangan berada di dekat jendela kamar, atau selalu letakkan foundation di dalam drawer. Kalau kamu naik mobil, sebaiknya kamu tidak meninggalkan makeup pouch juga di dalam mobil ya, karena di dalam mobil yang ditinggalkan itu suhunya panas. Formula foundation bisa berubah akibat paparan matahari dan suhu yang panas, yang akhirnya bikin foundation oksidasi, sehingga nggak bagus lagi saat dipakai.

 

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu ikuti untuk mencegah foundation oksidasi. Selamat mencoba!

Image : Freepik & Dok. Female Daily

diaan_acil

diaan_acil

-

Slow Down

Please wait a moment to post another comment