banner-detik

skin concern

4 Jenis Skincare Ini Sebaiknya Dihindari Oleh Kulit Sensitif!

seo-img-article

Kulit sensitif biasanya nggak gampang menemukan kandungan skincare yang cocok. Niatnya mau percantik diri dengan rajin menggunakan skincare, tapi, kalau kamu nggak memperhatikan kandungannya, kulit malah jadi bermasalah!

Tentu, semua orang ingin punya kulit yang baik-baik saja dong. Buat kamu pemilik kulit sensitif, wajib banget memahami apa yang dipakai. Berikut adalah macam-macam kandungan skincare yang bisa kamu hindari.

Chemical sunscreen

Sunscreen memang penting banget untuk kebutuhan kulit. Karena fungsinya sebagai penangkal sinar UV supaya nggak bikin wajah kusam, berjerawat dan menimbulkan masalah kulit lainnya. Namun, chemical sunscreen sebaiknya dihindari oleh pemilik kulit sensitif. Sebab, kandungan kimia yang ada di dalamnya lebih banyak dan merupakan bahan aktif, sehingga sangat mudah untuk membuat wajah jadi iritasi.

Sebaiknya, untuk kulit sensitif  sebaiknya menggunakan mineral sunscreen. Terutama buat kamu yang lebih rentan terkena jerawat dan masalah kulit lainnya. Memang untuk beberapa kasus, sunscreen berbahan mineral ini biasanya menghadirkan white cast di wajah. Namun, kandungannya lebih sensitive-skin friendly dan juga bisa dipakai oleh ibu hamil dan menyusui.

Baca juga: Lawan Maskne dengan Facial Wash dan Face Mask Terjangkau Ini!

Skincare dengan kandungan alkohol

Alkohol adalah kandungan skincare yang bisa menganggu keseimbangan kulit sensitif. Bagi pemilik kulit berminyak, alkohol bisa membantu meringkas pori-pori dan mengurangi kadar minyak berlebih. Namun, kandungan ini kurang penting untuk kulit yang sensitif. Sebab alkohol bisa membuat kulit kering dan menyebabkan iritasi, jadi bisa merusak skin barrier kamu. Sebagai gantinya, kamu bisa menggunakan skincare dengan kandungan yang menghidrasi dan menjaga kekuatan skin barrier, seperti Hyaluronic Acid, Ceramide, green tea extract, Centella Asiatica, Niacinamide, chamomile, calendula, azulene, dan oat. Sederet kandungan tersebut efektif dan mild untuk kulit sensitif.

Baca juga: Beautypedia: Azulene, Ingredient Berwarna Biru untuk Merawat Kulit Sensitif

Skincare dengan kandungan essential oil

Ini juga merupakan jenis skincare yang sebaiknya dihindari oleh kulit sensitif. Banyak sekali produk skincare yang menggunakan kandungan essential oil di dalamnya, seperti rosemarry, lavender, tea tree, rose, geranium, dan lain sebagainya. Bahkan pure essential oil juga kerap dipakai di kulit tanpa dicampur apapun, misalnya lavender essential oil, frankincense essential oil, atau menggunakan tea tree oil untuk jerawat. Namun, perlu diketahui bahwa penggunaan essential oil ini nggak boleh terlalu banyak dipakai. Produk ini aman jika digunakan dalam dosis yang sedikit. Sebab, kalau terlalu banyak bisa menyebabkan kekeringan dan iritasi. Jadi, kalau kulitmu sensitif, sebaiknya berhati-hati ya.

Baca juga: Bioderma Sensibio H2O Gel Moussant, Facial Wash yang Nyaman untuk Kulit Sensitif!

Skincare yang punya fragrance atau parfum

Kalau diperhatikan, masih banyak produk skincare yang menggunakan fragrance sebagai trik untuk menutupi aroma yang kurang sedap dari beberapa bahan lainnya. Namun, bagi pemilik kulit sensitif, sebaiknya menghindari kandungan skincare ini ya, sebab fragrance bisa memicu kulit wajah jadi mudah merah dan iritasi, apalagi kalau fragrance yang dipakai jumlahnya banyak! Jadi sebaiknya, gunakan skincare yang bebas dari fragrance. Banyak kok produk skincare yang tanpa aroma dan fokus untuk menenangkan dan melembapkan kulit, sehingga bisa menjaga kulit sensitif kamu tetap sehat, tanpa menimbulkan masalah lainnya.

Baca juga: Ini Tips Merawat Kulit Sensitif Agar Tetap Sehat dan Lembut!

 

Itulah beberapa jenis skincare yang sebaiknya dihindari oleh kulit sensitif. Semoga membantu ya!

 

Image : Freepik.com & dok. Female Daily

Slow Down

Please wait a moment to post another comment