banner-detik

lifestyle

Sering Ngantuk? 5 Makanan Ini Bisa Jadi Penyebabnya!

seo-img-article

Siapa yang suka ngerasa sering ngantuk setelah makan? Biasanya kalau abis makan yang memiliki karbohidrat yang tinggi akan bikin kita mudah mengantuk. Selain membuat ngantuk, kadang mengkonsumsi karbohidrat juga bikin kita jadi sulit berkonsentrasi saat bekerja. Ternyata, beberapa makanan yang kita konsumsi memang memiliki zat tertentu yang bikin sering ngantuk.

 

Nah, untuk mencegah sering ngantuk di siang hari, kamu perlu tahu beberapa jenis makanan dan juga minuman yang bisa bikin kamu ngantuk. Jadi, kedepannya bisa kamu hindari nih!

Teh chamomile

Meski bukan makanan, namun minuman ini seringkali diseduh sebagian orang yang ingin mendapatkan ketenangan di pagi hari. Tapi alih-alih mendapatkan ketenangan, kamu malah bisa ngantuk lagi di pagi hari. Hal ini bisa terjadi, karena teh chamomile punya efek soothing bagi tubuh, jadi sebaiknya diminum sebelum tidur.

Nasi putih

Siapa yang bangun tidur langsung makan nasi? Memang di negara Indonesia ini, kalau nggak ada nasi rasanya seperti ada yang kurang. Baik untuk sarapan ataupun makan malam, akan lebih lengkap jika pakai nasi. Namun perlu diketahui, kalau nasi putih ternyata juga bisa bikin ngantuk, lho! Dalam sebuah penelitian, beras dapat meningkatkan produksi hormon serotonin dan membantu untuk cepat tidur. Nggak heran, kalau setiap abis makan yang berat, seperti nasi putih dengan lauk-pauk, rasanya selalu ingin tidur.

Baca juga: Apa Saja Makanan yang Kaya Vitamin D?

Madu

Biasanya beberapa orang tua sering menganjurkan anaknya untuk mengonsumsi madu setiap pagi. Ternyata madu juga merupakan salah satu jenis santapan yang bisa bikin ngantuk. Karena madu punya kadar gula yang cukup tinggi, yang kemudian diubah oleh otak jadi orexin, sebuah neuron yang bisa mengaktifkan sleep-wake cycle. Jadi, satu sendok makan madu bisa cukup untuk memberikan rasa mengantuk dan kualitas tidur yang baik. Jadi, sebaiknya mengonsumsi madu adalah di malam hari ketika mau tidur.

Baca juga: 15 Pilihan Toner Mawar yang Pintar Menghidrasi dan Menenangkan Kulit!

Pisang

Siapa yang hobi makan pisang sebagai sarapan? Tahukah kamu, kalau ternyata pisang juga bisa bikin ngantuk> Pisang punya kandungan potassium dan magnesium yang bisa meregangkan saraf otot, sehingga membantu tubuh lebih rileks dan tenang. Selain itu, juga ada vitamin B6 yang bisa mengubah tryptophan jadi serotonin dalam tubuh, yang bisa bikin rasa kantuk cepat datang.

Baca juga: Beautypedia: Ini Dia Perbedaan Squalene dan Squalane!

Ubi jalar

Umbi-umbian ini juga bisa bikin ngantuk, lho. Ubi jalar memiliki karbohidrat yang tinggi di dalamnya. Sehingga bisa membantu otak supaya lebih cepat tidur. Alih-alih sebagai santapan untuk sarapan, sebaiknya ubi jalar kamu konsumsi di malam hari. Supaya waktu tidur jadi lebih cepat dan bisa mengurangi begadang yang bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Itulah beberapa makanan dan minuman yang bisa bikin kamu sering ngantuk. Semoga terjawab ya, rasa penasaran kenapa selama ini selalu ngantuk setelah makan!

 

Image : Freepik.com

Slow Down

Please wait a moment to post another comment