sponsored post

5 Cara Ampuh untuk Merawat Kulit Tubuh yang Kering

seo-img-article

Supaya nggak pusing merawat kulit tubuh yang kering, saya kasih bocoran 5 cara ampuh untuk merawatnya ya!

 

Percaya nggak sih kalau kulit wajah kita tuh bisa beda tipe dengan kulit tubuh? Saya sendiri sangat percaya akan hal itu. Karena, walaupun kulit wajah saya tipenya combination cenderung ke berminyak, tapi saya tuh punya kulit tubuh yang kering kerontang! Bahkan kalau kaki saya digaruk, garis putih tuh suka muncul saking keringnya.

Hal ini ada sebabnya, lho. Ternyata, kulit tubuh kita itu jauh lebih tebal dan memiliki kadar minyak atau sebum yang lebih sedikit dibandingkan kulit wajah. Maka dari itu, biasanya kulit tubuh yang kering banyak dimiliki oleh manusia.

Baca juga: Tipe Kulit Kering dan Berminyak Bisa Berubah Nggak Sih?

kulit tubuh yang kering

Walau cara merawatnya kurang lebih mirip dengan kulit wajah yang kering, tapi pastinya ada perbedaan yang signifikan. Seperti misalnya, produk perawatan kulit tubuh yang kering harus lebih menghidrasi dibanding formula yang dibuat untuk kulit wajah, serta maintenance kulit tubuh memang tidak harus sesering kulit wajah.

Nah, buat kamu yang punya kulit tubuh yang kering sama seperti saya, coba perhatikan beberapa hal yang sering saya lakukan untuk mempertahankan kelembapannya.

1. Jangan Mandi Terlalu Lama

kulit tubuh yang kering

Memang sih, mandi bisa membantu pikiran dan tubuh kita jadi lebih relax, apalagi saat menggunakan air panas. Tapi ternyata kulit kita itu sifatnya water hating. Jadi semakin lama kita terkena air, maka kulit akan semakin kering. Coba saja lihat jari kamu saat keluar dari kolam renang, pasti jadi lebih keriput kan?

Jadi, ada baiknya kamu mempersingkat durasi mandi dan usahakan jangan lebih dari 10 menit. Ada baiknya juga untuk menghindari mandi terlalu sering dengan air panas, karena bisa menggangu fungsi kelenjar minyak pada kulit dan akhirnya malah bikin kulit tubuh kita makin kering.

Kalau memang tidak bisa mandi dengan air dingin, setidaknya jangan gunakan air yang terlalu panas, atau maksimal 37-38 derajat Celcius. 

2. Pilih Body Care yang Tepat

kulit kering

Ini dia salah satu kuncian yang juga membantu membuat kulit tubuh jadi jauh lebih lembap. Trik yang selalu saya pakai adalah, aplikasikan lotion ataupun body cream sesaat setelah mandi, dalam kondisi kulit masih lembap atau sedikit basah agar lotion bisa menyerap dengan lebih optimal dan kelembapan terkunci dengan baik.

body lotion untuk kulit kering

Salah satu lotion yang menurut saya benar-benar bikin kulit jadi berasa lembap dan lembut itu adalah NIVEA Intensive Moisture Lotion yang mengandung grape seed, avocado oil, Vitamin E dan deep moisturizing essence formula. Dari klaimnya saja, lotion ini dikatakan bisa bantu melembapkan hingga 48 jam karena ada kandungan Hydra IQ nya.

Walau saya nggak menghitung waktunya, tapi memang terasa dari pagi saya aplikasikan setelah mandi, hingga sore pun kulit tubuh benar-benar tetap lembap dan nggak lengket. Nggak ada deh tampilan kulit pecah-pecah yang menggangu!

3. Matikan AC Sesekali

kulit badan kering

AC yang mengeluarkan angin dingin ini memang bisa mengurangi kelembapan kulit kita, jadi akhirnya kulit pun jadi lebih kering. Selain itu, udara dingin tersebut juga bisa memicu kulit jadi gampang gatal, hingga iritasi.

Saat kita lebih sering bekerja di rumah dan cuaca sedang panas-panasnya, pasti godaan untuk menyalakan AC terus menerus akan sangat tinggi. Jadi ada baiknya untuk kita membiarkan udara luar masuk ke dalam ruangan secara berkala, agar kulit tetap mendapatkan kelembapan dari udara yang lebih hangat. 

Baca juga: Aturan Mandi untuk Pemilik Kulit Kering dan Sensitif

4. Jadwalkan Penggunaan Body Scrub

body scrub kulit kering

Walaupun kulit tubuh lebih tebal dibanding kulit wajah, bukan berarti kamu bisa melakukan scrubbing terlalu sering ya. Tetap lakukan eksfoliasi untuk bantu mengangkat sel-sel kulit mati, tapi jadwalkan hanya 2 kali seminggu saja. 

Ini dilakukan untuk menghindari kulit jadi iritasi karena gesekan body scrub yang terlalu sering ke kulit kamu. Lalu, setelah kamu menggunakan body scrub, pastikan untuk tetap menggunakan lotion setelahnya ya.

Baca juga: 3 Cara Pakai Body Scrub

5. Hati-hati dalam Memilih Sabun

sabun untuk kulit kering

Buat kamu yang punya kulit tubuh kering, pemilihan sabun juga merupakan salah satu faktor yang sangat penting. Pastikan kamu memilih sabun mandi yang memiliki kemampuan hidrasi untuk mengembalikan kelembapan pada kulit.

Pilih formula yang lembut, mengandung natural oils dan hyaluronic acid yang bisa bantu bikin kulit jadi lebih lembut. Hindari pengunaan sabun antiseptik, karena formulanya cenderung bisa bikin kulit kamu jadi makin kering. 

Kalau kamu masih bingung cari produk yang pas, bisa langsung cek The Bath Box Goats Don’t Lie. Sabun mandi ini tuh mengandung susu kambing, olive oil, shea butter dan jojoba oil, serta tidak mengandung pengawet, deterjen dan pewangi buatan.

Nah itu dia 5 cara saya untuk merawat kulit tubuh yang kering. Kalau kamu punya kondisi kulit tubuh kering seperti saya, ada trik lain untuk merawatnya nggak? Spill di kolom komentar ya!

arindakristie

arindakristie

-

Slow Down

Please wait a moment to post another comment