banner-detik

fitnfab

Beragam Jenis Vitamin B dan Manfaatnya untuk Kecantikan | Beautypedia

seo-img-article

 

Vitamin merupakan mikronutrien yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Kekurangan salah satu jenis vitamin dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Termasuk diantaranya kesehatan kulit. Penasaran nggak sih sama apa manfaat vitamin B?

Kamu pasti sering dengar tentang manfaat vitamin A, C dan E untuk kulit. Tapi, tahu nggak sih, kalau vitamin B juga sama pentingnya untuk kesehatan kulitmu.

Walaupun manfaat vitamin B untuk kecantikan jarang dibahas, nyatanya, tanpa disadari, vitamin B merupakan ingredient yang hampir selalu ada dalam skincare routine-mu, lho. Vitamin B terdiri dari 8 jenis yang disebut dengan vitamin B Complex. Masing-masing jenis vitamin B, mulai dari vitamin B1 hingga B12 membawa manfaat yang berbeda.

Mau tahu jenis vitamin B mana saja yang paling sering digunakan dalam produk kecantikan? Baca artikel ini sampai habis, ya!

Vitamin B2

 

Vitamin B2 atau disebut juga Riboflavin adalah salah satu keluarga vitamin B yang bersifat water-soluble. Riboflavin dikenal akan manfaatnya sebagai antioksidan, anti-inflamasi, anti-aging, dan antikanker. Bahkan Riboflavin yang dikonsumsi dari makanan disebut-sebut dapat mengurangi gejala PMS, lho! Makanan yang kaya Riboflavin adalah daging, salmon, susu, keju, bayam, almond, jamur, telur, dan alpukat.

Vitamin B3

Pasti sudah kenal sama Niacinamide, dong? Niacinamide atau Nicotinamide adalah nama lain dari vitamin B3. Kandungan ini paling sering ditemukan dalam berbagai produk skincare, mulai dari cleanser hingga sunscreen, karena sifatnnya yang versatile. Kamu yang punya masalah dengan pori-pori, kulit kusam, jerawat dan bekas jerawat, kulit dehidrasi serta garis halus dan kerutan bisa menggunakan Niacinamide. 

Baca juga: 5 Serum Lokal Terbaru Dengan Kandungan Niacinamide yang Ampuh Mencerahkan Kulit

Vitamin B5 

Pantothenic acid adalah nama lain dari vitamin B5. Umumnya, pada produk skincare vitamin ini hadir dalam bentuk provitamin B5 atau Panthenol. Mengutip INCI Decoder, fungsi utamanya nggak lain adalah melembabkan kulit, menjaga skin barrier, mengurangi iritasi, dan membantu penyembuhan luka. 

Vitamin B7 

Biotin atau vitamin B7 lebih dikenal dengan manfaatnya untuk memperkuat kuku agar tidak mudah patah, dan rambut agar tidak mudah rontok. Meskipun belum ada penelitian yang membuktikan Biotin punya manfaat langsung untuk kulit, tapi Biotin dapat menghasilkan fatty acid yang dibutuhkan oleh kulit. Namun, kelebihan vitamin B7 menyebabkan terhambatnya penyerapan vitamin B5 dalam usus, serta menyebabkan ruam dan cystic acne.

Baca juga: 6 Vitamin Rambut untuk Bikin Rambut Rontok dan Kering Jadi Lebih Sehat!

Vitamin B9 

Vitamin B9 atau asam folat pun lebih dikenal sebagai nutrisi yang penting untuk ibu hamil karena dapat mencegah cacat lahir pada bayi, sehingga CDC merekomendasikan ibuu hamil untuk mengonsumsi 400 mikrogram setiap harinya. Namun, sebuah studi in vivo membuktikan kalau penggunaan asam folat dalam sediaan krim selama 30 hari dapat miningkatkan kelembaban kulit, mencegah TEWL dan meningkatkan elastisitas kulit. 

Vitamin B12

Dikenal juga dengan nama Cobalamin, vitamin B12 pun merupakan nutrisi yang sangat penting untuk kesehatan kulit. Kekurangan vitamin B12 menyebabkan hiperpigmentasi, vitiligo, dermatitis atopik, hingga jerawat. Nggak cuma itu, kekurangan Cobalamine juga menyebabkan kerontokan rambut. 

 

 

Keenam jenis vitamin B di atas dapat berasal dari makanan atau lewat konsumsi multivitamin B Complex. Selain dari makanan dan suplemen, beberapa jenis vitamin B juga bisa berasal dari sumber lainnya. Misalnya saja asam folat yang bisa diperoleh pada beberapa produk susu untuk ibu hamil, dan juga pada beberapa produk skincare. 

Contohnya, Somethinc Niacinamide Barrier Serum untuk mendapatkan manfaat vitamin B3, Missha Vitamin B12 Double Hydrop Ampouler untuk vitamin B12, atau La Roche Posay Hyalu Serum untuk vitamin B5.

Nah, kamu sekarang sudah tahu kan perbedaan varian vitamin B? Apakah kamu sudah pernah pakai dan cocok dengan skincare yang kandungan vitamin B? Share ceritamu di bawah ya!

 

Image: Freepik.com

Referensi:

Suwannasom, N., Kao, I., Pruß, A., Georgieva, R., & Bäumler, H. (2020). Riboflavin: The Health Benefits of a Forgotten Natural Vitamin. International journal of molecular sciences, 21(3), 950. https://doi.org/10.3390/ijms21030950

Sabhnani, D. V. (2019). Will biotin supplements really give you the best skin, nails and hair of your life?. Diakses dari https://www.vogue.in/beauty/content/biotin-supplements-for-glowing-skin-strong-nails-healthy-hair-benefits-precautions 

Snyder, C. (2020). Do Biotin Supplements Cause or Treat Acne? Diakses dari https://www.healthline.com/nutrition/biotin-acne#_noHeaderPrefixedContent 

Dȩbowska, R., Rogiewicz, K., Iwaneńko, T., Kruszewski, M., & Eris, I. (2005). Folic acid (Folacin) : New application of a cosmetic ingredient.

Brescoll, J., & Daveluy, S. (2015). A review of vitamin B12 in dermatology. American journal of clinical dermatology, 16(1), 27–33. https://doi.org/10.1007/s40257-014-0107-3 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment