banner-detik

beauty school

3 Alasan Mengapa Tisu Basah Tidak untuk Membersihkan Wajah

seo-img-article

Siapa yang sering pakai tisu basah untuk bayi sebagai pembersih wajah? Memang rasanya segar dan praktis karena nggak perlu jalan ke toilet untuk cuci muka, tapi ternyata nggak bagus untuk kulit, lho!

 

Sebenarnya, tisu basah yang biasa untuk bayi, bukan diperuntukkan bagi wajah, karena kandungan yang dimiliki berbeda dengan skincare untuk orang dewasa. Ada juga beberapa tisu basah yang mengandung alkohol cukup tinggi, yang pastinya dapat memicu kulit wajah jadi kering dan “ketarik”. Berikut adalah beberapa alasan yang bisa membantu kamu untuk nggak terbiasa menggunakan tisu basah di wajah.

Bisa menimbulkan jerawat

Kalau lagi malas banget atau ngantuk banget, [pasti rasanya nggak mau membersihkan wajah dengan step yang repot atau double cleansing. Pasti yang terpikir hanya pakai sehelai tisu basah lalu tidur! Padahal tisu basah bayi itu nggak bisa mengangkat seluruh kotoran dan sisa makeup di wajah kamu. Terutama di bagian mata, yang umumnya lebih sulit dibersihkan karena memakai produk-produk seperti maskara dan eyeliner. Meski sekilas tampak sudah bersih dan segar, namun kenyataannya, kotoran masih banyak yang menyisa di pori-pori. Nah, hal inilah yang bisa menimbulkan jerawat.

Jadi, semalas-malasnya kamu, setidaknya bersihkan wajah dengan cleanser yang sudah 3 in 1, atau micellar water berkualitas yang bisa mengangkat makeup waterproof dan sisa sunscreen. Tapi, tentu lebih baik lagi kalau setelahnya kamu sempatkan untuk mencuci wajah dengan facial wash dan lanjut pakai skincare yang melembapkan. Kalau mau kulit nggak gampang jerawatan, no more tisu basah bayi!

Baca juga: 3 Facial Wash Lokal untuk Kulit Sensitif

Dapat menyebabkan iritasi

Selain bikin jerawatan, tisu basah juga bisa memicu iritasi. Karena, tisu basah seringkali mengandung alkohol dan juga parfum. Ditambah lagi, karena kemampuan membersihkannya tidak optimal, kamu juga perlu usaha ekstra sehingga akhirnya menggosok-gosok kulit terlalu keras. Akhirnya, kulit jadi iritasi dan kemerahan. Kalau kulit sudah iritasi, jadinya sangat sensitif dan produk skincare apapun yang kamu pakai rasanya nggak bisa beraksi maksimal, bahkan jadi perih di kulit. Nggak mau, kan?

Baca juga: Kulit Iritasi? 5 Moisturizer Ini Bisa Membantu Mengatasinya!

Bikin kulit kering

Nah, kalau kamu sering pakai tisu basah, kamu pasti sering merasakah poin satu ini kan? Tisu basah gampang banget bikin kulit kamu kering, karena alkoholnya cukup tinggi dan memang tidak ada kandungan yang diformulasikan khusus untuk melembapkan kulit wajah. Apalagi biasanya setelah memakai tisur basah, kamu nggak memakai skincare lainnya seperti serum atau moisturizer, jadinya kulit terasa kaku dan bisa dehidrasi. Jadi, sebaiknya kamu pilih cleanser yang bisa menghidrasi. Ada banyak kok produk khusus kulit wajah yang praktis tapi tetap punya kandungan untuk melembapkan.

 

Baca juga: 5 Produk Bi-Phase Cleanser yang Layak Dicoba!

Jadi, itulah alasan kamu nggak bisa pakai tisu basah bayi untuk membersihkan wajahmu. Kalau memang mau pakai tisu basah karena kamu suka hal praktis, pilih facial wipes atau cleansing wipes yang memang khusus untuk kulit wajah dewasa, tapi itu pun sebaiknya nggak untuk tiap hari, hanya untuk darurat atau saat traveling saja. Cara ini juga membantu mengurangi sampah dari produk kecantikan, lho!

 

Image : Freepik.com

Slow Down

Please wait a moment to post another comment