banner-detik

trends

Tren Fashion Lama yang Kembali Hits Belakangan Ini, Mana Favorit Kamu?

seo-img-article

Kalau pada saat kamu scrolling Instagram atau Tiktok kamu merasa seperti lagi masuk ke mesin waktu, tenang, kamu tidak sendiri! Fashion memang suka bernostalgia, dengan tren-tren yang berputar lagi, bahkan setelah berpuluh-puluh tahun kemudian.

Tahun 2021 ini, tren fashion juga diramaikan dengan gaya masa lampau, mulai dari tahun 2000-an, 90-an, sampai 60-an! Serunya, yang banyak tertarik berpakaian seperti itu adalah para millennials dan Gen Z. Jadi, apa saja sih tren fashion yang kembali trending belakangan ini? Simak terus yuk!

Tren fashion 70-an

Fashion di tahun 70-an adalah salah satu gaya favorit saya sendiri. Gayanya yang ‘rapi’ namun tetap kece dengan sentuhan retro adalah salah satu alasan mengapa saya jatuh cinta dengan gaya 70-an. Berikut beberapa contoh tren tahun 70-an yang booming lagi!

Crochet atau rajut

Tren pertama ini adalah tren rajutan atau “crochet” yang akhir-akhir ini merajalela. Tekstur dari rajutan ini pas banget dengan “sunshine spirit” dekade 70an, hasilnya pakaian ataupun aksesori terlihat lebih unik dan tidak polos. Baik merk luar ataupun merk lokal, berbagai brand sudah banyak lho yang mengangkat tema rajutan. Tidak hanya untuk baju, namun aksesori rajutan seperti tas atau bandana juga populer sekarang!

Baca juga: 3 Rekomendasi Brand Tas Rajut Lokal Unik dan Trendy yang Patut Kamu Miliki

Celana flare

Salah satu tren ikonik dari era 70-an adalah celana flare! Model celana flare ini sedikit ketat di bagian paha, namun melebar pada bagian lutut kebawah. Bentuknya juga akan membuat ilusi kaki yang lebih panjang dan ramping! Menurut saya model celana flare ini cukup timeless, makanya banyak yang menyukainya. Celana ini juga bisa datang dengan berbagai bahan dan corak, lho. Mulai dari bahan katun yang flowy sampai denim. Ada juga yang polos ataupun bermotif. Semua bisa kamu disesuaikan dengan gaya dan keinginan kamu!

Atasan halter

Atasan halter ini juga salah satu tren 70-an yang kembali digemari sekarang. Bentuk dari baju halter ini akan membuat badan bagian atas kamu terlihat menarik. Bahu kamu akan terbingkai dengan cantik dan bahu yang terbuka ini sangat cocok juga dipasangi dengan celana flare! Halter top ini juga tak hanya model untuk atasan, namun juga datang dalam bentuk dress yang tak kalah cantik. Sekarang model ini sangatlah populer, apalagi sekarang memasuki musim panas!

Tren fashion 90-an

Biker shorts

Dari namanya sendiri, permulaan dari biker shorts ini dimaksudkan untuk berolahraga, alias untuk bersepeda. Namun pada era 80 sampai 90-an, model ini justru menjadi salah satu tren busana hits pada era itu. Dulu, Princess Diana sering terlihat pakai biker shorts ini lho, tak heran mengapa banyak orang mengikutinya, yang akhirnya membuat model celana ini lebih dari sekadar pakaian olahraga! Walaupun tren ini sempat menghilang, tapi tahun 2017 silam sampai sekarang, model biker shorts ini diminati kembali.

Leather blazer

Siapa yang di sini suka pakai blazer? Blazer ini bisa dibilang versi jas yang lebih kasual dan simpel. Ternyata, di tahun 90-an penggunaan blazer terutama yang berbahan kulit sempat populer sekali. Bahan kulit ini akan memberi impresi yang keren dan edgy! Kamu bisa pakai juga nih, tapi pada saat cuaca lebih dingin atau saat hujan ya, karena bahan kulit yang tebal kurang cocok diaplikasikan di cuaca terik khas Indonesia.

Baca juga:5 Tren Rambut Kekinian untuk Mengubah Penampilan di Musim Panas Ini

Slip dress

Slip dress akan menjadi sesuatu yang timeless dan cocok dipakai pada era kapan saja. Namun, di era 90-an, slip dress ini cutup terkenal. Saat itu, berbagai model dan artis papan atas seperti Kate Moss dan Gwyneth Paltrow kerap memakai slip dress pada acara red carpet. Walaupun desainnya sendiri bisa dibilang simpel, namun ada sesuatu tentang slip dress yang memberi tampilan elegan, kasual, dan cantik. Sekarang, brand lokal juga banyak lho yang menjual slip dress. Untuk dipakai secara kasual, kamu bisa gabungkan dengan sneakers. Di pakai untuk sesuatu yang lebih formal? Tinggal kamu cocokkan dengan heels!

Tren fashion awal 2000-an

Tren fashion era 2000-an ini dijuluki dengan julukan Y2K. Estetik Y2k ini sangat populer di awal 2000, dengan ikon selebriti seperti Paris Hilton, Destiny’s Child, Britney Spears, menjadi inspirasi yang besar saat itu. Berikut beberapa tren Y2K yang akhir-akhir ini kembali booming apalagi diantara kalangan Gen Z!

Set tracksuit

Set tracksuit adalah salah satu tren yang paling diingat dari era ini. Pada saat itu brand seperti Juicy Couture dan Baby Phat sangat diminati. Apalagi dengan set tracksuit-nya, terutama yang berbahan velour! Tidak hanya terlihat hits, bahan velour ini juga tracksuit terasa lebih nyaman dipakai.

Baca juga: Tips Thrifting Online untuk Mengurangi Belanja Fast Fashion

Celana low rise

Kontras dengan model high waisted mom jeans yang trending pada tahun 90-an, masa 2000-an terkenal dengan tren celana low rise. Model ini sering muncul di berbagai runway desainer besar saat itu. Berbagai penyanyi terkenal seperti Britney Spears juga menggemari model ini! Nah di masa sekarang, model ini bermunculan kembali. Model Bella Hadid juga kerap mengunggah foto memakai celana low rise. Lagi-lagi dari yang saya perhatikan, model celana ini cukup booming di kalangan Gen Z. Tentu karena model celana low rise bisa memberi siluet tubuh yang lebih keren. Kalau kamu mau ikutan juga, jangan lupa rajin sit-up, ya!

Baguette bags

Mungkin sebelumnya model tas crossbody lebih diminati. Namun ternyata pemakaian tas model baguette sangat naik daun, sejak kurang lebih tahun 2018 silam. Cocok untuk sehari-hari ataupun acara spesial, tas baguette sudah menjadi aksesori yang esensial bagi para perempuan. Di era awal 2000-an, gaya tas ini populer dimana-mana. Karakter ikonik Carrie Bradshaw pada seri “Sex and the City” adalah salah satu trend setter-nya kala itu!

 

Itulah beberapa contoh tren fashion atau mode yang kembali naik daun tahun 2021 ini. Menurut saya, gaya-gaya yang bisa dibilang vintage ini bukan hanya sekadar tren, namun juga adalah cara berekspresi dalam hidup. Penting bagi kamu untuk bisa memilih gaya baju dan aksesoris yang memang cocok dengan kepribadianmu. Jangan pakai baju hanya karena itu sedang kekinian sekarang, namun memang karena kamu bisa merasa seperti diri kamu sendiri dengan gaya tersebut. Fashion itu tidak punya aturan, explore what is best for you! 

Tren mana yang jadi favorit kamu? Boleh ceritakan di bawah ya!

 

 

Image : Pinterest/hideelee, JBD Apparel, Raymond Hall/GC Images, Getty Image, Zara,  Richard Magazine, Frazer Harrison/Getty Image, Hello Magazine, Frank Micelotta/Getty Image, Steve Granitz/Getty Image, Cosmopolitan.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment