ic-fd

Jadi Tren Kembali, Kenali Jenis dan Manfaat Healing Crystal untuk Kesehatan Kulit!

beauty school
author

raiagumay・10 Jun 2021

detail-thumb

Pemakaian healing crystal bagi kesehatan dan kecantikan sedang ramai kembali nih. Ternyata berbagai macam healing crystal punya banyak manfaat baik. Penasaran?

Saya rasa setahun belakangan ini apalagi setelah adanya pandemi, kita jadi lebih aware akan kesehatan mental kita masing-masing. Untuk mengatasinya, tentu setiap orangnya punya caranya tersendiri untuk meraih kedamaian dan kesehatan pribadi. Setelah saya perhatikan, penggunaan healing crystal atau batu kristal mulai naik daun lagi nih. Yang pakai pun bervariasi. Ada perempuan, ada juga laki-laki. Ada remaja, ada juga orang dewasa. Kelihatannya banyak ya yang memang tertarik dengan pemakaian healing crystalSo, sebenarnya gimana sih cara kerja healing crsystals ini dan apa manfaatnya untuk kesehatan internal maupun eksternal?

Bagaimana cara kerja healing crystal?

Semua yang ada di bumi ini memiliki energi getarannya tersendiri, mau itu dari badan kita sendiri atau semua objek yang ada di sekitar kita. Energi ini terus-menerus berfluktuasi pada frekuensi yang berbeda-beda. Nah para batu-batu kristal ini adalah “DNA dari bumi”, mereka adalah gudang energi dan kekuatan yang disimpan didalamnya. Meskipun healing crystal ini terlihat tenang dari luar, sebetulnya di dalamnya terdapat massa molekul yang berputar-putar dan bergetar pada frekuensi tertentu. Inilah yang memberi energi pada healing crystal. 

Tubuh kita ini adalah organisme elektromagnetik yang dinamis. Kita memiliki energi fisik, emosional, mental, dan spiritual yang mengalir setiap saatnya. Oleh karena itu penggunaan healing crystal adalah cara alternatif dan unik yang dapat membantu mengarahkan dan mempengaruhi energi tersebut menuju kesehatan yang lebih baik, saat digunakan dengan baik dan benar. Kalau kamu masih bingung, kamu bisa simak video ini untuk penjelasan lebih detil!

Manfaat healing crystal

Secara keseluruhan, penggunaan batu kristal / healing crystal ini dipercaya untuk membantu proses perawatan atau penyembuhan diri baik secara emosi, mental, ataupun fisik. Untuk kalian para beauty and skincare enthusiast, penggunaan batu kristal ini punya banyak manfaat untuk kecantikan dan kesehatan kulit lho. Apalagi untuk kamu yang bermasalah dengan jerawat, kerutan, eczema, dan lain sebagainya, healing crystal bisa membantu!

Nah para batu-batu kristal ini juga memiliki jenisnya masing-masing. Manfaatnya pun berbeda-beda, jadi bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu sendiri. Ini dia beberapa jenis healing crystal yang berguna untuk kesehatan dan kecantikan kulit.

Baca juga: Mengenal Mercury Retrogade, Apa Sih Maksud dan Efeknya untuk Kita?

Rose Quartz

Yang pertama akan kita bahas adalah Rose Quartz, yang saya rasa sudah cukup dikenal banyak orang. Kalau kalian familiar dengan face roller ataupun Gua Sha, pasti kalian juga familiar dengan Rose Quartz karena biasanya tool-tool tersebut dibuat menggunakan healing crystal ini. Rose Quartz disebut sebagai “The Stone of Love”, yang dipercaya bisa membantu mewujudkan kecantikan dan keawetan kulit. Orang mesir kuno sangat percaya bahwa kristal ini membantu melawan penuaan kulit. Rose Quartz terdiri dari dari mineral seperti zat besi, magnesium, dan oksigen yang dapat membantu menghilangkan sel kulit mati dan mengurangi peradangan kulit. Selain itu, Rose Quartz juga bermanfaat untuk meningkatkan self-love awareness.

Jade

Dari namanya sendiri, mungkin kamu sudah bisa menebak bahwa batu kristal Jade adalah healing crystal yang dipakai sebagai materi utama jade roller yang sangat populer. Salah satu manfaat utama dari kristal Jade adalah calming effect-nya kepada kulit. Dalam perawatan kulit, Jade efektif untuk menghaluskan kerutan, mengencangkan kulit, dan menenangkan iritasi atau peradangan pada kulit. Namun ternyata Jade juga mengandung sifat alami sendiri yang dapat memperkuat sistem pertahanan alami tubuh.

Amethyst

Batu Amethyst juga merupakan healing crystal yang populer. Kristal ini sangat efektif untuk ‘memurnikan’ kulit dan mengontrol adanya perkembangan bakteri yang tidak baik. Amethyst berguna untuk meningkatkan regenerasi sel dan membantu sirkulasi darah yang sehat. Ia juga merupakan batu kristal yang dapat membasmi negativitas, membangun intuisi alami ke diri kamu, dan membantu permasalahan stress. 

Baca juga:Tips Skincare dan Menghilangkan Stres a la Cha Eun Woo 

Turqoise

Menurut para pecinta batu kristal, kristal Turqoise bekerja sebagai penyembuh utama. Batu yang berwarna pirus ini dipercaya sebagai jimat keberuntungan yang memiliki banyak khasiat kesehatan. Mineral dan energi yang ada di dalam kristal ini bermanfaat untuk meningkatkan pikiran positif, kebijaksanaan, keseimbangan, ketenangan, dan cinta.  Ia memiki sifat detoksifikasi dan anti-inflamasi yang dapat membantu beberapa masalah kulit dan kesehatan. Contohnya seperti mengurangi jerawat, meredakan sakit tenggorokan, meredakan pegal dan nyeri sendi, ataupun membersihkan paru-paru.

Clear Quartz

Clear Quartz ini adalah salah satu healing crystal yang esensial dan sangat direkomendasikan untuk koleksi batu kristal kamu. Keunikan dari kristal ini adalah kemampuannya sebagai ‘amplifier’ atau penguat energi dengan menyerap, menyimpan, meriliskan, dan mengatur energi itu sendiri. Maka dari itu Clear Quartz ini juga disebut sebagai “Master Healer” yang juga memiliki manfaat membantu konstenrasi dan memori. Kalau secara fisik, healing crystal ini diklaim dapat merangsang sistem kekebalan tubuh dan menyeimbangkan tubuh kamu.

 

So, itu dia penjelasan mengenai cara kerja healing crystal beserta manfaat-manfaatnya berdasarkan jenisnya tersendiri. Gimana? Kamu sendiri tertarik nggak? Atau mungkin sudah pernah merasakan manfaatnya? Boleh banget ya sharing di bawah!

Image : Freepik.com, Shutterstock, Getty Image, MindBodyGreen, Wild Design.