Makeup

5 Cara Lain Memanfaatkan Foundation

seo-img-article

Foundation yang kita punya, ternyata bisa digunakan untuk dicampur dengan berbagai produk makeup lho!

Pernah nggak sih, ingin memakai blush warna tertentu tapi ternyata kita nggak punya? Atau concealer mendadak habis di saat kita lagi butuh-butuhnya, dan belum sempat beli? Produk makeup itu replacable kok. Sebenarnya kita bisa memanfaatkan saja apa yang kita punya, dan kita campurkan saja untuk mendapatkan hasil  yang kita mau.

Nah, kali ini saya mau mengeksplorasi salah satu produk makeup yang pasti kita semua punya, yaitu foundation. Selain digunakan sesuai fungsinya, yaitu sebagai alas bedak, foundation juga bisa dipakai untuk campuran beberapa produk makeup lain. Jadi meskipun kita membeli foundation yang salah shade, sebenarnya foundation tersebut masih bisa kita gunakan kok untuk dicampurkan dengan produk-produk makeup di bawah ini:

1. Mencampur foundation dengan bedak tabur

Kalau kamu sedang tidak bisa menemukan concealer, kamu bisa mencampurkan beberapa tetes foundation dengan sedikit bedak tabur, di mixing palette, dan gunakan di bagian-bagian wajah tertentu yang butuh coverage ekstra. Bedak tabur akan membuat tekstur foundation jadi lebih kering dan padat. Hasilnya juga jadi lebih matte dan lebih ada coverage-nya, seperti concealer.

2. Mencampur foundation dengan liquid lipstick

Nah, kalau ini adalah favorit saya. Saya suka sekali mencampur fondation dengan liquid lipstick, untuk dipakai sebagai blush. Saya nggak suka langsung pakai liquid lipstick ke pipi, karena hasilnya akan terlalu tebal dan nggak natural, serta susah dibaurkan. Kalau liquid lipstick-nya dicampur dulu dengan foundation sebelum digunakan sebagai blush, hasilnya akan lebih seamless dan mudah sekali menggunakannya.

Selain untuk dipakai sebagai blush, saya juga suka mencampurkan liquid lipstick berwarna oranye atau peach dengan foundation, untuk saya gunakan sebagai undereye concealer. Dengan mencampur pakai foundation, warnanya jadi nggak terlalu oranye, namun tetap mampu mengoreksi area bawah mata yang kehitaman.

Baca juga: DIY Cream Blush Mudah dan Affordable

3. Mencampur foundation dengan moisturizer atau hydrating primer

Sedang nggak ingin pakai base makeup yang tebal, namun tetap ingin tampilan segar dengan warna kulit yang merata? Campurkan saja foundation-mu dengan moisturizer atau hydrating primer, dan jadilah tinted moisturizer! Campuran ini akan menurunkan kepekatan foundation. Coverage-nya jadi lebih sheer, teksturnya pun lebih tipis dan mudah dibaurkan. Tentu mix foundation dan moisturizer ini nggak bisa menutupi noda-noda di wajah sebaik kalau pakai foundation single-use. Tapi kalau cuma butuh makeup base ringan untuk sehari-hari, DIY tinted moisturizer ini sudah cukup banget kok.

Dengan mencampur pakai mousturizer, biasanya daya tahan foundation juga akan berkurang. Jadi jangan lupa set dengan bedak tabur dan setting spray bila perlu. Dan bila memang butuh coverage lebih untuk beberapa area wajah, bisa menambahkan concealer terpisah.

Baca juga: DIY Body Foundation: Gimana Caranya?

4. Mencampur foundation dengan liquid higlighter

Ingin finish makeup yang glowing merata ke seluruh wajah? Bisa cobain lho, mix liquid foundation dengan sedikit liquid highlighter. Shimmer halus dada liquid highlighter akan membuat finish foundation terlihat lebih glowing. Sebaiknya, liquid highligter dalam campuran ini nggak berlebihan ya, agar hasilnya tetap natural dan nggak seperti lampu disko.

5. Mencampur foundation dengan body lotion

Nah, terakhir adalah senjata andalan kalau pengen pakai baju yang lebih terbuka. Mencampurkan sedikit foudation ke body lotion yang kita pakai, akan menghasilkan tampilan warna kulit yang sedikit lebih halus dan merata. Bisa juga ditambahkan lagi dengan liquid highlighter pada campuran ini kalau suka.

Saya sendiri kadang lebih suka pakai DIY foundation dan body lotion ini, daripada menggunakan tone up body lotion atau tinted body lotion, karena kepekatannya lebih bisa dikontrol, dan juga teksturnya biasanya lebih enak untuk dibaurkan.

 

 

Apakah kamu ada ide lain untuk memanfaatkan foundation?

celle

celle

owner www.racunwarnawarni.com

Slow Down

Please wait a moment to post another comment