Bath N Body

DIY Body Foundation: Gimana Caranya?

seo-img-article

Kulit badan bisa terlihat instan lebih mulus dengan menggunakan body foundation. Kalau nggak punya produknya, kita bisa membuat sendiri dengan produk yang pasti kita miliki di rumah!

Kulit badan saya sangat sensitif dan kering. Memakai sabun dengan kandungan SLS atau lupa memakai body butter, bisa langsung memicu ruam dan gatal-gatal di kulit badan saya. Dan kalau sudah ruam, apalag kalau digaruk, biasanya sih akan meninggalkan bekas luka yang nggak enak banget dilihat! Itulah mengapa kulit badan saya nggak pernah bisa mulus sempurna, selalu saja ada bekas luka. Kaki saya adalah bagian tubuh saya yang paling banyak bekas lukanya.

Kondisi ini bikin saya nggak pede bila harus memakai baju yang terlalu terbuka. Tapi kadang di acara-acara tertentu, ingin juga sesekali tampil beda dengan dress pendek yang menampakkan kaki. Untuk keperluan tersebut, biasanya saya menggunakan makeup untuk membuat kulit badan saya terlihat sedikit lebih flawless.

body f

Sekarang, ada yang namanya body foundation. Beberapa merek kosmetik ternama mempunya produk foundation yang bisa dipakai untuk wajah dan badan. Misalnya yang paling gampang ditemui adalah MAC Studio Face and Body Foundation dan Make Up For Ever Water Blend Face and Body Foundation. Atau kamu bisa juga mencoba KKW Beauty Skin Perfecting Body Foundation yang baru saja diluncurkan.

Baca juga: Kim Kardashian Luncurkan Body Foundation: Siapa yang Perlu?

Face and body foundation ini biasanya dikemas dalam kemasan yang lebih besar daripada face foundation biasa, dan mempunyai tekstur yang cenderung cair, mudah dibaurkan, dan terasa meresap ke kulit. Coverage-nya juga nggak setinggi foundation untuk wajah.

Namun saya sendiri nggak memiliki produk tersebut. Dan tentu saja, saya nggak akan membalurkan foundation wajah yang saya punya ke seluruh tubuh saya, atau memakai concealer di area tubuh saya yang memiliki noda, seperti yang saya lakukan ketika pakai makeup wajah. Karena area badan sangat luas, itu akan memakan waktu yang sangat lama. Siapa yang punya waktu untuk itu? Selain itu, sayang juga sih sama produknya. Kalau saya pakai di seluruh tubuh seperti itu, bisa-bisa satu botol foundation yang saya punya akan habis hanya dalam sekali pemakaian :D.

 body foundation (2)

Yang saya lakukan adalah, mencampurkan beberapa pump foundation ke dalam hand and body lotion yang saya pakai. Bukan langsung dicampurkan ke dalam botolnya ya, tapi buat adonan pada saat akan dipakai saja. Pilih foundation yang warnanya satu tingkat lebih gelap dari warna kulitmu, agar bisa lebih menutupi noda-noda di kulit dengan baik.

body foundation (5)

 

Untuk perbandingan adonannya, saya nggak bisa memberikan rumus pasti. Tergantung konsistensi dan tekstur dari body lotion dan foundation yang dipakai. Dan juga tergantung selera. Bila ingin coverage lebih tinggi, foundation yang dipakai tentu bisa lebih banyak. Saya sendiri memakai Nivea Intensive Moisturiser Body Lotion dan LT Pro Perfect Blend. Untuk dua pump body lotion, saya menggunakan satu tetes foundation. Bila ingin hasil kulit yang terlihat glowing, adonan bisa ditambahkan dengan liquid highlighter. Tapi di sini saya tidak menggunakan liquid highlighter.

Bila adonan sudah dicampurkan, oleskan dengan merata ke seluruh tubuh atau ke bagian-bagian yang dibutuhkan, seperti ketika memakai body lotion biasa saja. Cepat dan mudah.

Dan, voila! Kulit terlihat lebih mulus.

body foundation - Copy

Cara ini tentunya nggak bisa 100% menghilangkan noda-noda bekas luka dari pandangan. Tapi membantu sedikit menyamarkannya, dan membuat permukaan kulit badan terlihat lebih rata dan mulus. Yah, setidaknya sih bisa boosting sedikit rasa percaya diri, bagi yang sesekali ingin tampil menggunakan mini dress.

Oh iya, selama saya mencoba cara ini, saya belum pernah mengalami DIY body foundation saya menempel di baju yang saya pakai sih. Tapi untuk meminimalisir resiko, saya menyarankan untuk nggak memakai baju yang berwarna putih atau warna-warna terang yang membuat noda mudah terlihat. Lalu saya juga nggak pernah menggunakan cara ini, kalau acara yang harus saya datangi diadakan di tempat yang panas dan membuat saya berkeringat. Cara ini biasanya saya gunakan untuk acara-acara di dalam ruangan di malam hari.

Tertarik mencoba?

celle

celle

owner www.racunwarnawarni.com

Slow Down

Please wait a moment to post another comment