banner-detik

beauty school

Jerawat di Pipi Tak Kunjung Hilang? Cari Tahu Penyebab dan Solusinya!

seo-img-article

Siapa sih yang nggak insecure kalau lagi jerawatan? Jerawat di pipi yang membandel pasti sangat menggangu kepercayaan diri dan bikin tidak nyaman. Cari tahu yuk penyebab dan tips mengatasinya di sini!

Secara umum jerawat timbul karena beberapa faktor seperti hormon, rutinitas harian, dan kondisi kesehatan. Menurut saya, jerawat yang cukup sulit diatasi adalah jerawat di pipi. Entah kenapa biasanya perlu perawatan yang lebih extra! Selain lebih tricky dirawat, saya sendiri paling insecure kalau ada jerawat di pipi. Entah mengapa rasanya lebih menggangu. Kalau kamu ada jerawat di pipi, baca terus yuk, untuk cari tahu penyebab dan solusinya yang mungkin belum kamu sadari sebelumnya!

Ponsel dan sarung bantal kotor

Coba diingat-ingat, seberapa sering kamu bersihkan ponsel dan ganti sarung bantal? Kalau jarang, bisa jadi ini salah satu penyebab kamu jerawatan di pipi. Di era digital ini pastinya kita bawa ponsel kemanapun kita pergi. Maka dari itu kalau tidak sering dibersihkan, ponsel kita bisa jadi sumber kuman dan bakteri. Nggak hanya membersihkan permukaan ponsel yang kotor bisa mengurangi potensi timbulnya jerawat, namun menurut saya sikap ini cukup penting juga di masa pandemi ini. So, rajin-rajin ya bersihkan permukaan ponsel kamu.

Selain permukaan ponsel yang kotor, sarung bantal yang kotor bisa jadi sumber penyebab jerawat di pipi lainnya. Kotoran rambut, sisa-sisa makeup, dan kotoran lainnya bisa menumpuk semua di sarung bantal. Saat kamu tertidur pun bisa jadi kamu tidak sadar bahwa muka kamu itu menempel di sarung bantal selama berjam-jam. Oleh karena itu secara ideal, ganti sarung bantalmu seminggu sekali ya!

Penggunaan alat makeup kotor

Hayooo, siapa yang masih jarang bersihkan makeup brushes? This is a big no! Apalagi kalau kamu pakai makeup sehari-hari, penting banget untuk sering membersihkan kuas makeup kamu ya. Jika tidak sering-sering dicuci, sisa makeup sebelumnya, debu, dan kotoran lainnya akan menumpuk pada alat makeup kamu. Pasti nggak mau dong kalau kamu malah pakai debu dan kotoran ke muka kamu. Sejujurnya saya juga termasuk malas cuci alat makeup. Tapi saya sadar banget kalau saya tidak bersihkan kuas-kuas ini saya pasti lebih mudah jerawat. Makanya, semua yang kamu pakai mau itu kuas, spons, atau beauty blender , semua harus rajin dicuci ya.

Terlebih kalau kamu gampang jerawatan, kamu bisa pilih makeup secara lebih teliti. Cari produk yang non-comedogenic dan tidak akan menyumbat pori-pori. Ini akan meminimalisir potensi jerawat timbul di pipi kamu.

Baca juga:3 Rekomendasi Skincare untuk Bantu Atasi Jerawat Punggung

Tidak Ganti Masker

Di masa pandemi ini sudah wajib untuk kita menggunakan masker sehari-hari. Kamu juga mungkin sudah familiar dengan maskne, jerawat atau acne yang disebabkan karena penggunaan masker. Saya sendiri juga merasa kalau saya jauh lebih mudah berjerawat di pipi kalau pakai masker terlalu lama. Namun dari yang saya perhatikan, sering mengganti masker di sepanjang hari sangat membantu! Apalagi kalau kamu sedang pergi-pergi dan sering copot pakai masker, ganti masker akan membantu kebersihan kamu secara keseluruhan. Selain pastinya menghindari virus dan bakteri yang tidak diinginkan, hal ini akan membantu kamu mengurangi jerawat di pipi.

Baca juga: 3 Tips Mengatasi Jerawat di Bibir!

Jerawat di pipi berhubungan dengan paru-paru?

Mungkin sebagian dari kamu sudah pernah lihat “acne face map” yang memperlihatkan apa arti dari jerawat yang ada di wajah kita. Nah, selain penyebab sebelumnya, jerawat pada pipi dipercaya berhubungan dengan kondisi paru-paru dan sistem pernafasan. Makanya penting bagi kamu untuk menghirup udara segar dan coba rajin berolahraga agar paru-paru lebih sehat. Terutama di masa pandemi ini pasti kita lebih sering berada di rumah atau dalam ruangan. Semuanya sibuk online meeting or online class yang membuat kita lupa untuk rehat sejenak dan hirup udara selain udara AC! Selain itu, jika kamu sering merokok, bisa jadi itu adalah salah satu penyebab jerawat di pipi tidak kunjung hilang. Oleh karena itu, kamu bisa coba kurangi konsumsi rokok dan coba lebih sering hirup udara segar dan bersih!

Baca juga: Penyebab Munculnya Jerawat di Setiap Bagian Wajah

Jadi itulah beberapa penyebab mengapa jerawat di pipi cukup rumit dituntaskan. Tentu penggunaan skincare yang tepat akan sangat membantu dalam merawat kulit, namun efektivitasnya akan sangat dibantu dengan gaya hidup yang mendukung juga. So, kalau jerawat-jerawat di pipi kamu susah hilang, hal-hal diatas bisa kamu perhatikan lebih baik lagi!

 

Image : Freepik.com, Style Craze

Slow Down

Please wait a moment to post another comment