banner-detik

skin care

Cara Mudah Mengurangi Tampilan Mata Panda

seo-img-article

Mata kamu sudah menunjukkan tanda-tanda nggak segar? Tampak sembab dan menggelap di area bawahnya atau biasa disebut mata panda?

Hal yang nggak bahaya, tapi kalau dibiarkan seterusnya, bisa mengganggu penampilanmu, karena jadi kelihatan nggak segar. Mata panda ini memang wajar banget kalau terjadi ketika usia kamu menginjak 20-an ke atas. Karena seiring bertambahnya usia, jumlah kolagen di kulit sekitar mata juga berkurang, jadi bikin area bawah mata kelihatan lebih berkantung.

Penyebabnya pun beragam. Umumnya mata panda bisa terjadi karena kelelahan dan kurang tidur. Mahasiswa tingkat akhir yang kegiatannya skripsian sampai pagi, para pegiat konten yang kerjaannya edit video karena kejar tayang, pekerja keras yang lembur terus, biasanya rentan terkena mata panda. Selain kurang tidur, mata panda ini juga bisa disebabkan oleh stres, terlalu banyak paparan terkena sinar matahari, dan terlalu sering konsumsi garam.

Namun kamu nggak perlu khawatir, berikut adalah beberapa cara mudah untuk mengurangi tampilan mata panda, supaya saat mengunggah fotomu di Instagram, kamu jadi lebih pede!

Gunakan kompres dingin

Mengompres mata diklaim ampuh untuk mengurangi mata bengkak dan menyamarkan mata panda. Kamu bisa mengompres mata dengan kapas bersih yang telah direndam air dingin, atau membaluti es batu dengan kain. Kemudian kompres mata selama 10-15 menit. Kalau mau lebih praktis, kamu juga bisa menggunakan sendok yang sudah didiamkan semalaman di kulkas, lalu mengompresnya saat pagi. Menggunakan sendok dingin tentu akan lebih mudah dan nggak bikin air es tumpah-tumpah. Kamu juga bisa melakukannya sambil rebahan. Selain pakai sendok dingin dan air es, kamu juga bisa menggunakan kantung teh hijau basah yang didinginkan, potongan timun, dan masker gel khusus mata.

Baca juga: 7 Eye Cream yang Harganya Terjangkau untuk Dicoba!

Perbaiki pola tidur

Kamu wajib memperbaiki pola tidur yang salah. Kalau kamu biasa tidur 5 jam sehari, kamu bisa mencoba tidur selama 7-9 jam, karena inilah yang disarankan untuk kesehatan. Kamu juga bisa mengubah posisi tidur kamu. Kalau biasanya bantalnya cuma satu, kini bisa ditambah jadi 2 bantal. Dengan begitu, posisi kepala kamu akan sedikit terangkat dan bisa mencegah penumpukan cairan di sekitar mata saat tidur.

Baca juga: Rekomendasi Eye Cream Lokal untuk Atasi Mata Panda

Perbanyak cairan tubuh dan kurangi alkohol

Air mineral memang penting untuk segala situasi, bahkan bisa membantu mengurangi tampilan mata panda. Selain bikin kulit lebih lembap dari dalam, cukup mengonsumsi air putih akan membuat tampilanmu lebih segar dan awet muda. Kamu juga perlu mengurangi konsumsi garam, lho! Karena dengan banyak makan garam, akan timbul retensi cairan di sekitar mata dan bikin mata kamu jadi tampak bengkak. Hal ini sama saja dengan kondisi perut kamu. Kalau sering mengonsumsi makanan asin, perut akan lebih bloated.

Bagi pecinta alkohol dan kafein, kamu harus bisa memulai gaya hidup yang baru dan lebih sehat. Pasalnya, minuman beralkohol dan kafein dapat menyebabkan dehidrasi ringan dan mengganggu jam tidur, yang akhirnya membuat kantung mata semakin jelas. Makanya,  kalau kamu ingin mengurangi mata panda, kamu juga harus menghilangkan kebiasaan buruk, dan ganti minumanmu dengan yang lebih sehat seperti air putih, jus buah, atau teh hijau panas.

Gunakan eye treatment

Hal paling umum dilakukan selain mengompres mata adalah bersahabat dengan skincare khusus untuk mata, mulai dari eye serum, eye cream, eye ampoule, atau eye mask. Biasanya krim mata termasuk dalam tahap memakai produk perawatan yang biasanya dilakukan banyak orang. Kamu bisa menggunakan krim mata yang memiliki kandungan chamomile, timun dan amica, untuk mengurangi mata panda dan mengencangkan kulit. Selain itu kamu juga bisa memilih krim mata yang punya vitamin C, vitamin K atau vitamin E.

Itulah beberapa cara untuk menghilangkan mata panda. Jangan lupa rutin dilakukan supaya lebaran bisa tampil dengan wajah lebih sehat!

 

Image: Freepik.com

Slow Down

Please wait a moment to post another comment