banner-detik

fitnfab

4 Kebiasaan Sebelum Tidur yang Bisa Bikin Hidup Lebih Sehat

seo-img-article

Menjadi seseorang yang sehat memang impian semua orang. Mencuci wajah, minum air mineral setiap hari, gosok gigi, rutin olahraga, makan sayur, dan berpikir positif banyak disebut sebagai kunci hidup sehat. Namun ternyata nggak cuma itu saja, lho!

 

Tidur sangat baik bagi kesehatan. Tidur malam yang cukup dan nyenyak, akan ikut meningkatkan kualitas hidupmu. Jadi, kamu juga perlu memerhatikan beberapa kebiasan sebelum tidur, supaya hidup kamu jauh lebih sehat. Simak beberapa cara di bawah ini!

Tetapkan waktu yang teratur

Banyak orang yang sudah terbiasa tidur larut malam. Ada pejuang skripsi, ada yang gemar nonton drama Korea, ada yang deadline pekerjaannya sangat nemumpuk. Sesekali sih nggak apa-apa, tapi kalau keterusan, kamu bisa gampang sakit dan kualitas hidupmu menurun! Kamu bisa mengubah pola ini, dengan cara bangun lebih pagi dan tidur sebelum jam 10 malam. Maksimalkan waktu dari pagi sampai jam 9 malam untuk berbagai aktivitas harian kamu, jangan sebaliknya – bersantai-santai di siang hari lalu sibuk di malam hari. Coba juga untuk tidur di waktu yang sama setiap hari, karena bisa meningkatkan kesehatan tubuh.

Ketika kita tidur, tubuh akan melakukan fungsinya masing-masing sesuai tugasnya. Seperti pembentukan otot, pembersihan organ hati, regenerasi jaringan, pemecahan lemak, dan pekerjaan organ dalam lainnya. Jika kamu nggak memiliki waktu tidur yang teratur, maka fungsi tubuh kamu juga akan berantakan. Maka dari itu dianjurkan untuk memiliki waktu tidur yang teratur setiap harinya.

Baca juga: Ingin Tidur Lebih Nyenyak? Intip 9 Cara Ini!

Minum air lemon hangat

Menurut Devan Kline, pendiri Burn Boot Camp, malam hari merupakan waktu yang tepat untuk mengonsumsi segelas air lemon hangat. Ini berfungsi untuk menyeimbangkan kadar pH di tubuh, sehingga sangat disarankan untuk dilakukan setiap hari. Jadi, sekitar satu jam sebelum tidur, kamu bisa mengonsumsi perasan lemon yang dicampur dengan secangkir air hangat. Kalau kamu nggak tahan asamnya, kamu bisa tambahkan satu sendok madu.

Baca juga: Skincare Malam Hari yang Bikin Kamu Jadi Sleeping Beauty

Hindari kafein dan alkohol

Rutinitas ini masih sulit ditinggalkan oleh beberapa orang, khususnya anak muda yang terbiasa minum kopi susu dan soda. Kafein memang tepat untuk meningkatkan kesegaran tubuh supaya lebih “melek”. Namun, mengonsumsi kafein di malam hari dapat menyebabkan penumpukan kafein di dalam tubuh sehingga sulit dicerna.

Pasalnya, kafein yang biasa dikonsumsi setiap pagi, butuh waktu sekitar 24 jam untuk benar-benar bersih dari tubuh. Bahkan kopi yang diminum sewaktu sarapan, bisa tersisa hingga 25% di tubuh pada malam hari. Inilah mengapa sebaiknya menghindari kafein ketika malam hari, karena akan terjadi penumpukan kafein yang bisa membahayakan tubuh.

Selain kafein, kamu juga perlu untuk menghindari alkohol, apalagi saat malam hari. Alkohol mengandung gula yang tinggi, hingga dapat menyebabkan kualitas tidur yang buruk. Kalau kamu sering minum alkohol pada malam hari, jangan berharap pagi harinya kamu punya wajah dan tampilan yang segar. Keesokannya kamu bisa tampil kuyu, letih, dan nggak bersemangat, lho!

Baca juga: 5 Lip Sleeping Mask Korea untuk Bikin Bibir Halus dan Lembap Sepanjang Tidur

Jauhi barang elektronik

Nah, ini sepertinya hal yang paling sulit dihindari di era digital. Mengingat banyak pesan yang harus dibalas sebelum tidur, belum lagi penasaran untuk skrol Instagram atau menuntaskan drama Korea favorit, karena di siang hari sudah terpakai waktunya untuk bekerja. Memang sih, zaman sekarang rasanya berat banget untuk nggak megang alat elektronik sebelum tidur terutama ponsel.

Namun sebagai bentuk usaha untuk memiliki gaya hidup yang lebih sehat, kamu bisa meninggalkan ponsel di meja, dan lakukan meditasi yoga selama beberapa menit, atau membaca buku. Coba deh baca buku yang cukup “berat” atau memiliki cerita sejarah, pasti kamu lebih cepat ngantuk!

 

Kamu juga bisa melakukan berbagai cara lain yang dapat membuat tidur lebih cepat, misalnya main board game, minum susu hangat, minum teh chamomile, diffuse essential oil lavender, atau menggunakan body lotion dengan aroma lavender. Semoga dengan kebiasaan-kebiasaan sebelum tidur yang baik seperti di atas, hidup kamu jauh lebih sehat ya!

 

Image : Freepik.com & dok. Female Daily 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment