banner-detik

beauty school

Wajah Semakin Chubby Setelah Lebaran? Pemakaian Gua Sha Bisa Membantu!

seo-img-article

Mengingat kemarin habis lebaran, dan pastinya kita semua habis kalap makan ketupat dan opor, normal banget kalau kita takut pipi kita semakin chubby! Jangan khawatir, karena Gua Sha, skincare tool yang sedang naik daun ini bisa membantu. Yuk kita simak cara pakainya.

Apa itu Gua Sha?

Mungkin sebelumnya kalian sudah tidak asing dengan jade roller, salah satu skincare tool terpopuler sekarang. Gua Sha ini terbuat dari materi yang serupa, namun tak sama dalam segi bentuk. Ia merupakan terapi alternatif yang menggunakan metode ‘mengikis’ kulit untuk meningkatkan kesehatan sirkulasi. Gua Sha memiliki bentuk yang rata dan memiliki lekukan dengan ujung-ujung yang tumpul. Setiap sisi Gua Sha mempunyai kegunaan masing-masing untuk area wajah tertentu. Perbedaan utama dengan jade roller adalah Gua Sha bekerja lebih dalam ke lapisan kulit. Ia dapat melegakan tensi otot dan dalam jangka panjang dapat membantu memperbaiki kontur wajah kita. Simak yuk, cara pakai dan kegunaan Gua Sha di bawah ini!

Baca juga: Cara Pakai Face Roller Biar Muka Tirus! Skincare 101

Belakangan ini, Gua Sha menjadi semakin populer. Banyak video Tiktok yang viral setelah memperlihatkan hasil dari pemakaian Gua Sha ini. Hasilnya wajah jadi terlihat lebih kencang dan tirus! Tak hanya itu, banyak juga artis dan influencer terkenal yang ternyata rutin memakai Gua Sha, seperti supermodel Romee Strijd dan penari Maddie Ziegler. Walaupun Gua Sha baru saja trending kembali, ternyata ia merupakan sebuah teknik yang cukup kuno, lho. Pertama diciptakan pada era Paleolitik di Cina, Gua Sha yang terbuat dari batu-batu kristal pilihan seperti ‘Jade’ dan ‘Rose Quartz’ ini dipercaya dapat membuang ‘racun-racun’ di wajah kita.

Namun tidak hanya membantu merawat kesehatan kulit bagian luar, Gua Sha juga dipercaya dapat memperbaiki kesehatan dalam tubuh secara keseluruhan. Ia dapat membantu melancarkan sirkulasi darah dan melegakan pegal atau inflamasi yang ada di dalam tubuh kita. Pas banget kan untuk dicoba apalagi untuk kalian yang kemarin habis hectic lebaran! 

Penggunaan Gua Sha untuk wajah

Secara singkat, Gua Sha ini dipakai dengan cara ‘digesekkan’ perlahan dan dipijat ke area-area wajah. Kalau di Indonesia, sama dengan teknik ‘kerokan’ yang sudah menjadi pengobatan tradisional. Namun tentu tekniknya tidak sembarangan dan harus dieksekusi dengan baik ya. 

Untuk memakai Gua Sha, pertama pastikan wajah kamu sudah bersih ya, agar terhindar dari kuman dan kotoran yang bisa menyumbat pori-pori. Menggunakan face oil juga disarankan agar pemakaian Gua Sha menjadi lebih mudah dan tidak terasa ‘kesat’ di kulit. Sangat penting untuk memakai Gua Sha dengan gerakan ke arah luar wajah, memegangnya dengan flat angle, dan menggunakan light to medium pressure. Gua Sha juga harus ditekan dan sedikit dipijat di akhir setiap stroke. Gambar di atas bisa kamu jadikan panduan. Setiap step-nya dilakukan sebanyak minimal 5 kali di setiap sisi sebelum beralih ke area selanjutnya. Sebagai tambahan, kamu juga bisa cek video tutorial ini sebagai referensi agar bisa melihat langsung cara penggunaan Gua Sha.

Baca juga: Apa Saja Manfaat Memakai Face Roller?,Rutin Memijat Wajah Dengan Gua Sha

Pastinya, penggunaan Gua Sha harus dilakukan secara rutin ya agar hasil semakin optimal. Tentu tidak akan tirus dalam satu malam saja, tapi jika dilakukan dengan baik pasti akan terlihat hasilnya. Apalagi setelah digunakan jangka panjang. On a side note, menurut saya buat kalian yang wajahnya sedang lumayan berjerawat, bruntusan, ataupun habis terbakar sinar matahari, penggunaan Gua Sha ini sebaiknya ditunda dulu, agar menghindari memperparah keadaan kulit. Gua Sha ini akan menekan area-area wajah kalian, pasti nggak mau dong jerawat-jerawatnya makin iritasi. Oleh karena itu, sebaiknya tunggu sampai kondisi wajah membaik dan skin barrier lebih kuat ya!

Beli di mana dan berapa harganya?

Untungnya, Gua Sha sekarang sudah tersedia di berbagai toko dan e-commerce favorit kamu. Beberapa brand lokal seperti Serein Rollers dan Organic Supply Co. menjual Gua Sha yang bisa kamu cek langsung di Instagram-nya. Gua Sha juga tergolong cukup terjangkau dengan harga berkisar dari Rp189.000 sampai Rp259.000. Jadi gimana, menarik bukan teknik Gua Sha ini? Bisa banget dijadikan alternatif baru dalam perawatan kulit wajah kalian!

 

Image: Pinterest, Green Gua Sha by Shannon Peter – Byrdie.com, Tutorial Illustration by Denise Vasi – Maed.com , dok. brand, Freepik.com

Slow Down

Please wait a moment to post another comment