banner-detik

beauty school

3 Carrier Oil untuk Mengatasi Jerawat

seo-img-article

Kulit berjerawat bisa dirawat dengan face oil. Namun, pastikan face oil-mu menggunakan natural oil yang memang bermanfaat untuk menyembuhkan jerawat ya!

Kulit berjerawat nggak bisa pakai facial oil? Siapa bilang? Bisa kok! Sekarang udah banyak banget produk-produk face oil yang memang dutujukan untuk merawat kulit berjerawat. Atau kalau kamu lebih suka single ingredient face oil, kamu bisa pilih beberapa carrier oil yang memang punya khasiat untuk mengatasi jerawat. Kalau untuk DIY ataupun untuk pemakaian single ingredient face oil, sebaiknya hindari essential oil. Nggak semua kulit tahan dengan efek essential oil. Kalau salah pilih atau salah takaran, bisa-bisa kulit malah iritasi dan menimbulkan berbagai macam permasalahan kulit baru. Makanya saya lebih merekomendasikan carrier oil untuk pemakaian langsung.

Nah, ini dia beberapa carrier oil yang punya manfaat untuk merawat kulit  berjerawat. Kita bisa memakai langsung sebagai face oil, atau mencari skincare dengan kandungan oil di bawah ini.

Tamanu Oil

Kalau ngomongin faci oil untuk jerawat, pasti Tamanu oil nggak mungkin ketinggalan dong! Oil satu ini memang dikenal sebagai oil dewa untuk mengatasi masalah jerawat. Tamanu oil memiliki fungsi anti bakteri dan antioksidan. Jadi bisa melawan bakteri penyebap jerawat, menyehatkan kulit, mendorong pembentukan sel-sel kulit baru yang sehat, dan juga memudarkan noda bekas jerawat.

Tamanu oil ini punya warna hijau gelap, dan aromanya juga khas seperti aroma rumput yang habis dipotong, namun sedikit tajam. Karena Tamanu oil punya rasio oleic dan linoleic acid yang seimbang, maka teksturnya memang cenderung agak pekat, nggak light seperti Jojoba oil. Makanya nggak disarankan untuk langsung dipakai single use di seluru wajah. Sebaiknya sih, cari skincare atau facial oil blend dengan kandungan Tamanu oil. Atau opsi lainnya, gunakan Tamanu oil sebagai spot treatment atau obat totol untuk jerawat.

Baca juga: 4 Skincare Mengandung Tamanu Oil untuk Mengatasi Kulit Berjerawat dan Bikin Kulit Glowing

Jojoba Oil

Jojoba oil adalah salah satu ingredient facial oil favorit saya! Karena Jojoba oil ini adalah oil yang level linoleic acid-nya lebih tinggi dibanding oleic acid, makanya teksturnya pun cenderung ringan dan mudah diserap kulit. Ketika dipakai langsung di kulit, rasanya nyaman dan nggak berat, namun efek melembapkannya tetap terasa.

Jojoba oil ini juga dikatakan punya struktur molekul yang sangat mirip dengan sebum alami kulit, sehingga bagus banget digunakan sebagai pelembap alami. Jojoba oil juga cocok dipakai oleh kulit berminyak, karena dapat membuat kulit menghentikan produksi minyak yang berlebih. Selain itu, Jojoba oil juga dapat merawat kulit sensitif dan berjerawat.

Hemp Seed Oil

Hemp Seed Oil atau minyak biji rami ini tinggi akan kandungan asam lemak omega 6 dan omega 3, anti oksidan, vitamin, dan juga mineral yang baik untuk kulit. Hemp seed oil terkenal akan khasiatnya dalam mengobati jerawat, termasuk cystic acne atau jerawat batu. Hemp seed oil juga dipercaya bisa meminimalisir bekas jerawat, mengurangi kemerahan akibat peradangan kulit, dan juga mempercepat penyembukan luka. Selain untuk permasalahan jerawat, Hemp seed oil juga bisa digunakan untuk perawatan kulit eczema dan psoriasis. Sifat oil ini sangat ringan, dengan rasio linoleic acid dan oleic acid 3:1. Hemp seed oil juga tidak menyumbat pori seperti kebanyakan carrier oil lain, dan aman digunakan sebagai daily moisturizer untuk pemilik kulit berminyak dan acne-prone.

Jangan takut mencoba face oil ya, karena banyak jenis oil yang bisa mengatasi permasalahan jerawat kalian.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment