banner-detik

lifestyle

6 Pilihan Makanan Rendah Kalori yang Tetap Mengenyangkan!

seo-img-article

Gaya hidup sehat makin banyak diminati saat ini. Intip dulu yuk, jenis makanan rendah kalori yang tetap mengenyangkan dan memberikan nutrisi yang cukup.

Alternatif makanan sehat sekarang ini semakin banyak bermunculan. Bahkan fast food seperti burger saja sudah dibuat dalam versi yang lebih sehat! Rasanya kita sekarang semakin aware ya, untuk lebih jaga kesehatan salah satunya dengan makanan yang kita konsumsi. Sekarang ini, makanan rendah kalori sedang diminati banget. Bukan hanya untuk diet, makanan rendah kalori juga punya manfaat lain untuk mempertahankan berat badan dan mengurangi risiko penyakit berat seperti jantung dan kanker.

Meskipun namanya rendah kalori, bukan berarti nutrisi kamu tidak tercukupi, lho. Walaupun makanan rendah kalori biasanya memiliki jumlah nutrisi yang lebih sedikit, kamu bisa coba pilihan makanan di bawah ini yang lebih sehat dan mengenyangkan! Kuncinya pilih makanan rendah kalori yang tinggi protein, tinggi volume dan serat di dalamnya.

Mashed Potato

Kentang sebagai bahan baku masakan ini punya senyawa magnesium dan potassium yang baik untuk mengontrol tekanan darah. Merupakan jenis karbo juga yang bisa bikin kenyang! Menurut US National Library of Medicine, kentang punya 120-170 kalori. Nah, salah satu zat baik dari kentang adalah pati resistan, yang punya kandungan setelah kalori dari pati biasa. Ini dia yang bisa bikin kenyang tapi tetap rendah kalori. Kamu bisa coba membuat mashed potato dengan tambahan unsalted butter, cooking cream, lada, garam dan parsley yang lebih sehat.

Oat

Jadi andalan banget untuk membuat rasa kenyang lebih lama. Oat memang kaya dengan protein dan serat, tapi tetap rendah kalori. Untuk ukuran 40 gr oat kering, sudah ada 148 kalori di dalamnya dengan 5,5 gr protein dan 3,8 gr serat. Kamu bisa memasak oat jadi masakan apapun! Dari asin sampai manis! Bisa diberi topping buah seperti pisang, madu atau stroberi. Bisa juga kamu tambahkan abon atau suwiran dada ayam rebus di atasnya.

Baca jugaDiet Artis 500 Kalori Bisa Cepat Kurus, Aman Nggak Sih?

Greek Yoghurt

Masih ada beberapa orang yang sering salah kaprah sama greek yoghurt. Jenis yoghurt ini punya keunikan karena hanya mengandung air, laktosa dan mineral. Ditambah dengan protein dan kalsium yang lebih tinggi dibandingkan yoghurt biasanya! Selain rendah kalori, greek yoghurt juga memiliki sedikit gula di dalamnya. Biasanya yoghurt jenis ini bisa kamu tambahkan dengan granola atau buah-buahan yang kaya vitamin dan serat!

Buah Beri

Selain warnanya yang cantik dengan rasa unik, buah beri-berian mulai dari stroberi, raspberry, blueberry hingga blackberry ternyata punya kandungan vitamin, mineral serta antioksidan yang tinggi. Buah-buahan ini merupakan sumber pektin atau serat makanan yang bisa memperlambat pengosongan perut. Jadinya, kamu bisa kenyang lebih lama! Buah beri ini bisa diolah jadi jus, smoothies atau dikonsumsi secara langsung.

Baca juga3 Pilihan Makanan Sehat di Jakarta

Mie Shirataki

Masuk ke jenis makanan yang lagi tren beberapa tahun terakhir. Tekstur dari mie shirataki memang lebih tebal, liat dan seperti jelly! Mie ini terbuat dari akar tanaman konjac, sejenis umbi-umbian yang banyak tumbuh di Cina dan Jepang. Selain rendah kalori dan karbohidrat, mie shirataki punya kandungan air dan serat yang banyak di dalamnya. Ada juga serat glukoman yang efektif untuk memperlambat pengosongan perut. Resep mie shirataki sudah banyak beredar di mana-mana, bisa kamu buat mie goreng atau sup jamur!

Cauliflower Rice

Disebut juga dengan nasi kembang kol yang punya manfaat baik untuk tubuh. Mulai dari mengurangi risiko terkena kanker, menurunkan tekanan darah, menjaga kesehatan jantung, meningkatkan fungsi imunitas dan memperlancar pencernaan. Bulir-bulirnya lebih besar dibandingkan beras lainnya dengan tekstur renyah yang unik! Jumlah kalori dalam nasi kembang kol hanya 10-20% dari nasi pada umumnya. Kamu bisa mengolah nasi kembang kol jadi nasi goreng atau sushi.

Baca jugaKunci Turun Berat Badan Cepat

Beberapa makanan di atas memang termasuk rendah kalori tapi masih mencukupi nutrisi harian kamu, lho. Adakah jenis makanan yang sudah pernah kamu coba? Boleh share di bawah ini, ya

 

Gambar : freepik.com

Sumber : https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2988560/

Slow Down

Please wait a moment to post another comment