banner-detik

skin care

Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memakai Tinted Sunscreen

seo-img-article

Sebelum memutuskan memakai tinted sunscreen, perhatikan dulu hal-hal di bawah ini ya!

Karena tinted sunscreen sedang banyak dibicarakan, jadi saya tahu kalau mulai banyak yang penasaran dengan produk yang satu ini. Bahkan saya yakin, sudah banyak sekali diantara pembaca yang juga sudah mencoba. Tapi sebelum mendadak beralih dari sunscreen biasa ke tinted sunscreen nih, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat kita memakai tinted sunscreen.

1. Pakai sebanyak dua jari

Meskipun produknya tinted, dan bahkan ada produk yang teksturnya menyerupai foundation, namun fungsi utama produk ini tetaplah sebagai sunscreen, untuk proteksi kulit dari sinar matahari. Jadi memang harus dipakai sebanyak dua jari, seperti cara pemakaian sunscreen yang benar.

Sebenarnya kita nggak perlu khawatir karena biasanya produk tinted sunscreen diformulasikan lightweight dan sheer coverage. Jadi dipakai banyak-banyak pun hasilnya tetap natural dan nggak dempul. Saya juga pemakai tinted sunscreen, dan merasa nggak masalah kok pakai sebanyak itu. Tapi kalau kalian keberatan memakai produk dengan tint sebanyak dua jari, lebih baik dipikirkan ulang sebelum mecoba tinted sunscreen.

Baca juga: 5 Cara Memakai Sunscreen yang Benar

2. Baurkan dengan menggunakan jari

Sunscreen adalah produk yamg sensitif terhadap dosis. Penggunaannya harus benar, nggak boleh kurang dari dua jari. Itulah mengapa tidak disarankan membaurkan tinted sunscreen dengan menggunakan aplikator seperti beauty sponge atau blending brush. Karena dikhawatirkan produknya malah banyak terserap atau menempel ke aplikator, dan produk yang nempel ke kulit wajah jadi nggak sebanyak yang seharusnya. Lebih dianjurkan mengaplikasikan tinted sunscreen dengan menggunakan jari tangan, dengan cara ditepuk-tepuk ringan sampai merata melapisi seluruh wajah.

Saya tahu meratakan base makeup yang tinted dengan menggunakan jari tangan memang nggak mudah. Kalau nggak terbiasa, pasti lama sekali prosesnya untuk mendapatkan hasil yang flawless seperti kalau pakai beauty blender. Belum lagi karena tint-nya menempel di jari-jari kita, jadi kita harus bersihkan dulu sebelum memegang produk atau benda-benda lain, agar tint-nya nggak nyeplak ke barang-barang kita yang lain dan bikin kotor.

Tapi kalau kamu nggak bermasalah membaurkan base makeup yang tinted dengan jari, menurut saya nggak ada masalah juga dengan penggunaan tinted sunscreen. Bahkan sebenarnya, membaurkan base makeup dengan tangan langsung ada bagusnya lho. Panas alami tubuh kita akan membuat base makeup lebih melt dan lebih menempel di kulit.

3. Finish yang berminyak

Sebagian besar sunscreen yang saya coba pasti ada rasa berminyak walau sedikit dalam teksturnya. Nah, rasa berminyak ini lebih terasa saya rasakan di produk tinted sunscreen. Karena jenis kulit saya kering dan saya memang lebih suka dewy look untuk makeup, saya nggak punya masalah sama sekali dengan hal ini. Toh kalau ingin hasil matte, tinggal saya baking saja dengan loose powder.

Tapi untuk yang punya jenis kulit berminyak dan suka makeup dengan finish matte, mungkin harus dipertimbangkan lagi. Kalau menggunakan sunscreen biasa tanpa tint, kita masih bisa memakai mattifying primer sesudahnya, lalu memakai matte finish foundation, baru loose powder dan setting spray. Jadi, hasilnya bisa lebih matte dan tahan lama.

4. Wajib re-apply

Pemakaian sunscreen memang wajib diulang setiap 2-3 jam. Tak terkecuali pemakaian tinted sunscreen ini. Karena kebanyakan pengguna tinted sunscreen memakainya untuk keperluan makeup juga, maka sudah pasti akan memakai makeup setelah penggunaan tinted sunscreen. Untuk re-apply, kita harus hapus semua makeup kita, memakai ulang tinted sunscreen, dan makeup lagi dari awal. Atau kalau mau simpel sebenarnya bisa menyediakan sunscreen spray saja, yang berarti kita harus punya satu sunscreen lagi untuk keperluan re-apply.

Bila tidak masalah menghapus dan mengulang makeup setiap re-apply, atau mempunyai dua produk sunscreen untuk dipakai setiap hari, maka tidak masalah juga untuk memakai tinted sunscreen.

 

Tinted sunscreen adalah produk yang bagus dan multifungsi. Saya juga pakai kok, dan suka sekali. Tapi harap tetap diingat fungsi utamanya sebagai sunscreen, dan pakai dengan aturan-aturan seperti kalau kita pakai sunscreen. Bila merasa terlalu repot menggunakan tinted sunscreen dengan cara-cara tersebut, mungkin lebih baik tidak beralih ke tinted sunscreen dulu.

 

Image: Dok. Female Daily/Arum

Slow Down

Please wait a moment to post another comment