banner-detik

beauty school

Tips Mudah Merawat Kuku agar Tidak Gampang Rapuh

seo-img-article

Kuku rapuh bisa terjadi karena beberapa faktor. Salah satu yang utama adalah kurangnya mineral dan vitamin dalam tubuh. Ketika kamu kekurangan zinc dan zat besi, otomatis kuku akan lebih mudah terkikis. Solusinya kamu bisa banyak mengkonsumsi vitamin dan buah-buahan. Misalnya, Vitamin C yang baik untuk imunitas dan kesehatan kuku. Konsumsi juga sayur-sayuran yang mengandung antioksidan, kalsium dan zat besi.

Baca juga: Cara Mengatasi Kuku Menguning Karena Nail Polish

Baca juga: 5 Cara Merawat Kuku yang Sering Pakai Kuteks

Penyebab lainnya bisa karena kebiasaan menggigit kuku. Hal ini sering terjadi secara tidak sadar, bahkan ketika kamu sedang gugup. Menggigit kuku secara sembarangan bisa meningkatkan banyak kuman yang masuk dalam tubuh. Ujung kuku juga menjadi tidak merata dan bisa rapuh! Selain itu, infeksi jamur dan bakteri bisa membuat kuku semakin rapuh. Bahkan jika infeksi sudah semakin meluas, kuku bisa lepas dengan sendirinya. Untuk itu kamu perlu rajin menjaga kebersihan kuku ya!

Baca juga: 3 Jenis Minyak Alami untuk Cegah Kuku Rapuh

Cara Merawat Kuku Dengan Mudah

  1. Menggunakan bawang putih. Bawang putih mengandung antioksidan yang tinggi untuk menyerap racun dalam kuku dan menguatkannya. Kamu bisa menggunakan 1 siung bawang putih utuh lalu gosokkan pada ujung-ujung kuku selama 5 menit. Atau bisa juga dengan mengiris bawang putih sebelum digosokkan agar lebih mudah.
  2. Pakai base dan top coat. Meskipun terkesan sederhana, penggunaan base coat bisa melindungi permukaan kuku dari cat kuku di atasnya. Bahkan bisa mencegah warna kekuningan pada kuku. Untuk hasil warna yang lebih awet, kamu bisa tambahkan top coat!
  3. Gunakan growth serum atau pelembab kuku. Produk sejenis ini bisa dengan mudah kamu temukan di pasaran. Bisa berbentuk moisturizer atau serum khusus kutikula. Kamu juga bisa rajin menggunakan hand and nail cream untuk melembapkan bagian ujung kuku dan menutrisinya.

Mudahkan untuk merawat kuku agar lebih sehat?

 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment