Cara Mengatasi Kuku Menguning Karena Nail Polish

Pernah nggak sih, mengalami warna kuku berubah menjadi kuning setelah menghapus nail polish? Sebagai pecinta nail polish, saya beberapa kali mengalaminya.

Ada beberapa penyebab kuku menguning setelah pemakaian nail polish. Yang pertama, terdapat kandungan Formaldehyde dalam nail polish kamu. Kandungan ini, terkadang bereaksi dengan keratin yang ada di kuku, dan kemudian menyebabkan warna kuku menjadi kuning. Kandungan Formaldehyde ini ada di beberapa produk cat kuku, terutama yang harganya murah. Jadi pastikan cat kuku yang kamu pakai adalah dari brand yang paten dan terjamin keamanannya, dan formaldehyde-free.

Baca juga: Lima Kandungan Berbahaya dalam Kuteks

Penyebab kedua adalah karena menggunakan warna nail polish yang terlalu gelap atau warnanya yang bold, seperti merah, biru atau oranye. Kebanyakan nail polish yang membuat kuku saya menguning adalah yang punya pigmen warna yang pekat. Jadi setelah dihapus, tetap ada warna yang nge-stain di kuku. Nah, untuk mencegah, saya selalu gunakan base coat sebelum menggunakan nail polish apapun. Penggunaan base coat ini cukup ampuh lho, untuk mencegah kuku menjadi kuning setelah pemakaian nail polish.

kuku kuning (2)

 

Baca juga: Tips Memakai Nail Polish Untuk Pemula

Lalu usahakan juga untuk tidak menggunakan nail polish dalam jangka waktu yang terlalu lama. Misal kamu menggunakan nail polish, tiga atau empat hari kemudian sebaiknya hapus nail polish tersebut dari kuku, dan kemudian beri jeda minimal satu hari bila ingin menggunakan nail polish lagi.

Nah, kalau kuku sudah terlanjur menguning, bagaimana mengatasinya?

Yang pertama, istirahatkan dulu kuku dari nail polish. Kuku yang menguning, biasanya juga terasa kering dan rapuh. Jadi ada baiknya untuk membiarkan kuku polos selama beberapa hari sampai kondisinya membaik. Kalau saya sih biasanya membiarkannya sampai warna kuningnya menghilang. Cukup lama sih, tapi lebih baik seperti itu dari pada kuku saya bertambah rusak dan rapuh.

Yang kedua, karena kuku dalam kondisi yang rapuh, sebaiknya potong pendek kuku kita, karena kuku yang rapuh, kalau panjang akan mudah sekali patah. Tidak jarang patahannya terlalu dalam dan malah melukai daging jari kita. Usahakan juga untuk tidak menggunakan kuku untuk melakukan aktivitas yang berat bagi kuku, misalnya mencongkel benda yang keras.

Baca juga: 4 Pilihan Nail Polish Bagus Di Bawah 100 Ribu

kuku kuning (1)

Yang ketiga, rajin-rajin gunakan hand cream. Hand cream dapat membantu mengatasi kondisi kuku dan kulit di sekitar kuku yang kering. Ada sih produk khusus untuk menguatkan kuku atau nail straightener. Tapi karena saya tidak punya, jadi saya hanya menggunakan hand cream. Saya memakai hand cream setelah mandi, dan selalu re-apply setelah saya mencuci tangan. Hand cream ini kalau di kuku saya sih, sangat ampuh untuk mempercepat pemulihan kondisi kuku. Hand cream favorit saya adalah Crabtree and Evelyn Hand Theraphy, Kose Precious Garden Hand Cream, atau The Body Shop Hand & Nail Cream.

Selain cara-cara yang saya lakukan di atas, banyak artikel menyarankan untuk mengatasi kuku menguning kita bisa merendam kuku ke dalam cairan lemon atau baking soda, dan kemudian menyikatnya. Tapi cara tersebut nggak bekerja di saya. Alih-alih menguatkan kuku, air lemon malah membuat kulit di sekitar kuku saya terkadang terasa perih. Jadi saya tidak pernah menggunakan cara tersebut.

Selain perawatan dari luar, perawatan dari dalam juga penting, lho! Konsumsi makanan yang mengandung protein dan vitamin yang berguna untuk menguatkan tulang, kuku, dan gigi.