skin care

Mau Punya Kulit Glowing tapi Budget Cuma Sedikit? Gimana Caranya?

seo-img-article

Kamu masih remaja tapi ingin punya tampilan kulit yang bercahaya? Tenang saja, kamu bisa punya kulit glowing dan sehat tanpa mengeluarkan uang terlalu banyak, kok!

Sekarang ini banyak banget individu yang ingin punya kulit yang  bercahaya sehat. Kulit glowing memang bikin kamu terlihat lebih segar meski tanpa makeup, dan pastinya bikin kamu merasa lebih percaya diri. Untuk meraihnya, tentu saja banyak yang rela mengeluarkan banyak uang untuk membeli produk skincare, perawatan di klinik, minum suplemen, dan lain sebagainya. Padahal, dengan budget terbatas pun kulit wajah kamu juga bisa tampil glowing. Jadi untuk kamu yang budget-nya sedikit, atau masih remaja, nggak perlu khawatir! Simak deh beberapa cara sederhana di bawah ini untuk mendapatkan kulit glowing dan sehat.

Faktor internal

1. Rajin minum air putih

Air putih yang cukup akan melengkapi kebutuhan jaringan kulit dan meningkatkan elastisitas kulit. Minum air putih dapat membantu tubuh kita mengeluarkan semua racun lebih efisien dan membuat kulit glowing dan terlihat lebuh segar. Air putih juga merupakan pelembap kulit alami, karena air bisa memberikan nutrisi yang baik pada sel-sel kulit kita. Pastikan kamu minum 6 – 8 gelas air putih sehari untuk bikin kulit tetap terhidrasi. Agar tidak mengalami kendala, kamu bisa kurangi minuman manis seperti teh, kopi susu, soft drink, dan boba, yang bisa membuat kamu merasa “cukup minum” padahal kurang air putih. Air putih adalah yang paling murah tapi merupakan yang terbaik! Siapkan tumbler besar ukuran 1 liter untuk selalu kamu bawa atau diletakkan di dekatmu, langsung isi ketika sudah kosong.

2. Rutin makan buah dan sayur

Buah-buahan sangat bagus bagi kesehatan kulit, salah satunya alpukat. Kemampuan alpukat dalam menjaga kelembapan dan kekenyalan kulit nggak perlu diragukan lagi, karena buah ini kaya vitamin E dan juga fatty acid. Buah yang tinggi vitamin C seperti apel, jeruk, kiwi, anggur, lemon, jambu, dan strawberry juga sangat baik untuk supply antikoksidan ke kulit.

Untuk sayuran, kamu nggak harus makan yang mahal seperti salad kok supaya bikin kulit glowing! Kamu bisa konsumsi sayur bayam, sawi, wortel, paprika, brokoli, selada, dalam bentuk olahan sup, tumisan, atau masakan rumahan khas Indonesia lainnya. Yang terpenting adalah menyantapnya setiap hari. Memasukkan buah dan sayur ke dalam menu makanan sehari-hari itu wajib banget kalau kamu ingin punya kulit sehat.

Baca juga: 10 Skincare Supermarket yang Bisa Dipakai untuk Kulit Berjerawat

Faktor eksternal

1. Bersihkan wajah memakai micellar water

Sisa makeup, debu, dan kotoran di wajah yang tidak dibersihkan secara maksimal bisa menyumbat pori-pori kulit wajah dan memicu timbulnya jerawat serta komedo. Nah, pembersih wajah adalah produk skincare paling basic yang harus kamu miliki. Kamu bisa menggunakan micellar water yang praktis untuk menghapus makeup dan kotoran di wajah. Salah satu micellar water yang ramah di kantong adalah Cleanface Micellar Water. Cleanface adalah lini skincare milik Purbasari, brand lokal yang pastinya sudah kamu tahu. Aplikasikan produk ini dengan kapas dari arah bawah ke atas. Jangan gosok terlalu keras ya, supaya kulit nggak iritasi. Setelah itu lanjutkan dengan facial wash.

2. Mencuci wajah itu penting!

Supaya kulit bersih dan tampak glowing, tahapan cuci wajah ini nggak boleh dilupakan. Pilih facial wash yang bisa mengontrol kadar minyak di wajah, tapi nggak bikin kulit jadi terasa kering dan “ketarik”. Kamu bisa menggunakan Cleanface Liquid Facial Wash secara rutin setelah memakai micellar water, agar kulit lebih bersih maksimal. Mengandung bahan pencerah wajah, dilengkapi dengan vitamin A, C, E untuk melembapkan, mencerahkan, dan melindungi kulit dengan antioksidan, kulitmu akan bersih berseri setiap hari!

3. Pakai toner, yuk!

Setelah membersihkan wajah dengan micellar water dan facial wash, kamu bisa lanjutkan dengan produk toner. Meski kulitmu tak memiliki masalah yang berarti, kamu sebaiknya tetap menggunakan toner, karena toner berfungsi mengembalikan kelembapan kulit setelah proses pembersihan. Toner juga bisa bikin kulit glowing dan segar, siap untuk menerima perawatan selanjutnya. Kamu bisa menggunakan Cleanface Smooth Toner, yang punya kandungan A, C, dan E untuk merawat kulit. Teksturnya ringan, oil-free, dan tidak akan menyumbat pori-pori.

Baca juga: 5 Skincare dengan Kandungan Mawar yang Harganya Terjangkau

Nah, lanjutkan pemakaian toner dengan moisturizer untuk mengunci kelembapan kulit dan menjaga kulit agar muda lebih lama. Kalau pagi, setelah moisturizer kamu wajib pakai sunscreen ya untuk melindungi kulit dari bahaya sinar UVA dan UVB. Kalau kamu sudah memiliki concern tertentu seperti ingin mencerahkan kulit, menyingkirkan noda gelap, mengatasi jerawat, atau mengurangi garis-garis halus, kamu bisa tambahkan serum yang sesuai dengan kebutuhan kulitmu, sebelum moisturizer. Jangan lupa kontrol tingkat stress kamu, tidur yang cukup, dan sempatkan berolahraga, agar kulit nggak tampak letih dan terpancar cahaya sehatnya. Selamat mencoba!

 

Image: Freepik.com, Purbasari.

Poppy_Septia

Poppy_Septia

-

Slow Down

Please wait a moment to post another comment