banner-detik

entertainment 2

4 Dokumenter di Netflix Tentang Pencemaran Laut

seo-img-article

Kalau bosan dengan serial dan film fiktif, beberapa dokumenter soal pencemaran laut di Netflix ini bisa dijadikan pilihan untuk menemani weekend-mu.

Kalau sebelumnya Ochell pernah memberikan rekomendasi dokumenter kriminal di Netflix, kali ini saya juga mau ngasih beberapa pilihan dokumenter di Netflix. Tapi yang saya ini, temanya mengenai kerusakan lingkungan di bawah laut. Menonton dokumenter-dokumenter ini tuh bikin kita sadar, bahwa manusia yang hidupnya di daratan, justru menjadi penyebab terbesar kerusakan lingkungan di bawah laut dan juga kepunahan berbagai macam biota laut.

Baca juga: Dokumenter Kriminal di Netflix yang Wajib Ditonton!

Seaspiracy

Saya mulai dari yang paling baru ya. Seaspiracy ini sedang happening banget dan jadi bahan pembicarran semua orang. Ini adalah dokumenter yang sangat-sangat menarik, mengenai dampak perilaku manusia kepada kehidupan bawah laut. Misalnya saja mengenai sampah laut, sisa-sisa jaring ikan yang terbuang di laut, dan tentang overfishing.

Tapi tetep ada pro-kontra dari serial yang satu ini. Banyak pihak yang menilai penggambaran overfishing dalam Seaspiracy ini berlebihan, dan dianggap sebagai propaganda vegan. Tapi diluar polemiknya, Seaspiracy ini tetap recommended, apalagi kalau kamu tertarik soal isu nelayan illegal dan juga ekosistem laut yang semakin rusak karena perilaku manusia

Chasing Coral

Sama seperti Seaspiracy, Chasing Coral juga mengambil isu lingkungan di bawah laut, namun Chasing Coral lebih menyorot isu mengenai kepunahan terumbu karang. Dokumenter ini dibuka dengan cerita seorang fotografer bawah laut yang setelah beberapa tahun menyadari bahwa karang-karang yang disukainya mulai menghilang secara misterius. Ternyata selama ini terumbu karang yang kita pikir adalah bebatuan, sebenarnya adalah organisme hidup. Gara-gara pemanasan global, suhu laut jadi makin panas dan akhirnya berdampak kepada kehidupan terumbu-terumbu karang tersebut.

Kita akan disajikan pemandangan-pemandangan bawah air yang bikin merinding.  Terumbu karang yang tadinya berwarna-warni jadi memucat, dan akhirnya menjadi putih dan mati. Fenomena ini disebut juga dengan bleaching. Dokumenter ini akan membuka pikiran kamu mengenai pemanasan global.

Baca juga: 5 Body Scrub Tanpa Microbeads yang Lebih Ramah Lingkungan untuk Dapatkan Kulit Cerah Bersinar

Mission Blue

Mission Blue mengikuti kisah Sylvia Earle, seorang Oceanographer, Marine Biologist, Environmentalist dan Explorer National Geographic, dalam melakukan kampanye untuk melindungi kekayaan alam bawah laut. Film yang satu ini seru, karena bukan sekedar dokumenter, tapi juga ada bumbu petualangannya!

Dr. Sylvia Earle, pada awalnya memiliki misi untuk membuat semacam taman nasional, tapi letaknya di bawah air. Kampanye ini diikuti oleh lebih dari 100 ilmuwan, filantropis dan aktivis di Pulau Galapagos. Namun di akhir ekspedisi, terjadi hal yang tidak terduga, yaitu ledakan tambang minyak tengah laut di teluk Mexico. Dokumenter ini menggambarkan beratnya perjuangan dalam melindungi kekayaan alam di bawah laut.

A Plastic Ocean

Masih tentang laut, A Plastic Ocean mengikuti Craig Leeson (jurnalis), Tanya Streeter (penyelam), dan timnya yang terdiri dari ilmuwan dan peneliti untuk berkeliling dunia selama empat tahun, untuk melihat kondisi lautan yang semakin mengenaskan. Saat ini, sampah dan polusi plastik di laut semakin menumpuk dan mengganggu ekosistem di bawah laut. Dokumenter ini memenangkan 3 award, yaitu Asia Pacific International Filmmaker Festival & Awards, Blue Ocean Film Festival and Conservation Summit, dan Sedona International Film Festival

Meskipun temanya terkesan berat, namun dokumenter-dokumenter yang saya rekomendasikan ini digarap dengan sangat apik, sehingga masih bisa dinikmati sembari santai di waktu weekend. Nggak ada salahnya kan, menghibur diri dengan Netflix sekaligus meningkatkan awareness kita mengenai lingkungan hidup?

Slow Down

Please wait a moment to post another comment