banner-detik

haircare

Tips Mencegah dan Mengatasi Kulit Kepala Gatal

seo-img-article

Garuk kepala memang rasanya nikmat banget, apalagi kalau lagi pusing, sambil dipijat di salon, ditemani segelas es kopi dan lagu kesukaan. Tapi lain cerita kalau garuk-garuknya karena gatal. Sudah pasti nggak enak dan meresahkan!

Banyak yang nggak tahu, kalau kulit kepala gatal itu bisa terjadi karena kondisi kulit atau pemakaian suatu produk yang nggak cocok, atau bisa juga karena perubahan cuaca. Tapi jangan sedih, karena kamu bisa segera mencegahnya dengan beberapa tips berikut!

Rutin membersihkan rambut

Seberapa rutin kamu keramas? Kalau cuma 2 kali seminggu, kamu bisa tingkatkan lagi intensitasnya jadi 5 kali seminggu. Kulit kepala bisa mudah gatal, karena kulit kepala yang kotor dari helai rambut yang kusam dan berminyak. Bagi pengguna hijab pasti sering banget nih mengalami rambut yang terasa berminyak. Kalau kamu bukan pengguna hijab, biasanya karena terpapar radikal bebas dan polusi.

Makanya, kamu harus rutin membersihkan rambut. Kalau dirasa rambut sudah berminyak, lepek dan gatal-gatal, langsung keramas. Kalau kamu lebih sering menggunakan dry shampoo, coba kurangi pemakaiannya, karena dry shampoo bisa menyebabkan kulit kepala jadi mudah gatal juga.

Ganti hair care sesuai kebutuhan 

Sama seperti kulit wajah, kulit kepala dan rambut juga perlu produk perawatan yang menyesuaikan dengan kondisi kulit. Jadi, kamu bisa memiliki beberapa jenis shampoo, yang pemakaiannya disesuaikan dengan kondisi terkini kulit kepala dan rambutmu. Saat rambutmu terasa lebih kering, kamu bisa gunakan shampoo yang lebih melembapkan, ditambah dengan conditioner setelahnya dan hair serum di ujung-ujung rambut. Kalau ketombenya sedang kambuh, pilih shampoo anti-ketombe dan pastikan untuk mengurangi stress, serta tidak menutup kepalamu dengan topi atau hijab ketika rambut masih basah.

Pastikan juga untuk menjaga kulit kepala tetap sehat. Kalau kulit kepalamu kering, pasti akan lebih mudah gatal. Jadi, kamu bisa melirik scalp serum untuk digunakan setiap kali selesai keramas, misalnya The Body Shop Ginger Scalp Serum, L’Occitane Body & Strength Scalp Essence, atau Matrix Biolage Scalppure Serum, untuk melembapkan dan menenangkan kulit kepala, tanpa membuat rambut terasa lepek.

Gunakan apple cider vinegar setelah keramas

Banyak orang nggak nyaman dengan aroma apple cider vinegar, namun sifat antibakteri dan anti-inflamasi dari cuka apel bisa membantu mengatasi kulit kepala gatal, lho. Caranya, campurkan cuka apel dengan air hangat secukupnya, aduk rata, lalu gunakan di kulit kepala dan rambut kamu setelah keramas, sebagai bilasan terakhir. Nggak cuma bisa mengurangi rasa gatal, cuka apel juga bisa menambah kilau pada rambut. Namun, kamu harus berhati-hati saat melakukan DIY seperti ini ya. Pastikan airnya tidak terlalu panas. Pastikan juga area kulit kepala nggak ada yang luka ya, karena cuka apel bisa bikin luka terasa lebih perih.

Kalau kamu mau yang lebih praktis dan telah teruji, ada produk yang terinspirasi dari home remedy satu ini, namanya Yves Rocher Purity Rinsing Vinegar. Produk ini mengandung Nettle dan Agave untuk mengurangi minyak berlebih di kulit kepala, menyehatkan dan menyegarkan kulit kepala, bahkan membantu mengatasi seboroik dan ketombe.

 

 

 

Itulah beberapa tips untuk mengatasi kulit kepala gatal. Kalau sudah dilakukan tapi kamu masih mengalami gatal-gatal, sebaiknya konsultasi ke dokter kulit ya supaya dapat penanganan yang lebih baik dan memuaskan.

 

Foto : Freepik.com & Dok. Female Daily

Slow Down

Please wait a moment to post another comment