banner-detik

beauty school

Rekomendasi Film Tentang Perempuan untuk Merayakan Women's Day!

seo-img-article

Selamat hari perempuan! Sudah tahu belum, kalau tahun ini tema atau campaign yang dibawakan oleh IWD adalah #ChooseToChallenge? Campaign ini dipilih sebagai penyemangat untuk para perempuan, lebih berani lagi untuk menyuarakan pendapatnya mengenai ketidaksetaraan gender dan juga untuk merayakan pencapaian perempuan dalam bidang apapun. 

Biasanya, menjelang perayaan International Women’s Day, di Jakarta akana ada namanya Women March. Di mana banyak perempuan yang akan turun ke jalanan, untuk menyuarakan pendapat dan menekan isu-isu tertentu. Misalnya tahun lalu, isu yang diangkat ada lima, diantaranya adalah pengesahan RUU PKS dan juga kekerasan terhadap perempuan.

Namun karena sekarang pandemi, gerakan Women’s March Day tahun ini sedikit berbeda nih, di mana komunitas WMD Jakarta, akan melakukan event offline dan online di akhir bulan April nanti. Detail mengenai acara ini, bisa kalian cek di Instagram mereka ya :).

Tapi sekarang, sembari menunggu berjalannya event WMD Jakarta, gimana kalau kita naikin semangat dengan nonton 12 film mengenai perempuan hebat, yang berani untuk berani berpendapat dan mendobrak diskriminasi pada perempuan.

 

 

Queens Gambit

Satu serial yang sempat booming di Netflix tahun lalu adalah Queen’s Gambit. Ini serial pendek yang di keluarkan Netflix dan wajib ditonton oleh kita para perempuan. Film bertamakan tahun 50-an ini, menggambarkan suasana kehidupan sosial antara perempuan dan pria yang sangat dikotak-kotakan. Case yang diambil dalam film ini adalah mengenai dunia catur, di mana catur merupakan pemainan pria. Sehingga begitu ada perempuan yang ingin bermain catur, apalagi sampai ingin menjadi champion-nya, banyak banget kaum pria yang menolaknya.

 

 Rekomendasi Film Tentang Perempuan untuk Merayakan Women's Day!-5

Hidden Figures

Kalau film ini menyenggol dua isu besar, yaitu seksisme dan juga rasisme. Film ini merupakan kisah nyata, di mana mengangkat cerita, 3 perempuan kulit hitam yang ahli dalam bidang matematika di NASA. Ketiganya memiliki peranan pentung untuk kesuksesan Amerika menerbangkan astronot ke bulan. Walaupun kompeten dalam bidangnya, karena mereka perempuan dan kulit hitam, mereka butuh usaha yang panjang hingga akhirnya bisa dilihat oleh peers mereka.

 

Nah, masih ada 12 film lagi yang bisa kalian tonton untuk merayakan IWD, rekomendasinya bisa kalian baca di sini ya. Oh ya, selain film international, ada juga film lokal yang membahas women empowerment di artikel ini ya.

 

Woman vector created by pikisuperstar – www.freepik.com, Design vector created by freepik – www.freepik.com, Hand drawn vector created by freepik – www.freepik.com

Slow Down

Please wait a moment to post another comment