banner-detik

lifestyle

Rekomendasi Film Indonesia Bertemakan Women Empowerment

seo-img-article

Masih dalam rangka bulan kemerdekaan, tak ada salahnya kalau kita isi dengan hiburan bertemakan kemerdekaan dan pemberdayaan, khususnya pemberdayaan wanita! Berikut ini adalah pilihan film Indonesia bertemakan women empowerment yang cocok banget untuk menemani momen movie night-mu bersama geng tersayang.

1. Berbagi Suami

film women empowerment

Film besutan Nia Dinata yang pertama rilis tahun 2006 ini tak pernah sekalipun membuat saya bosan meski sudah berulang kali menontonnya. Cerita berpusat pada 3 tokoh perempuan sentral, Salma (Jajan C. Noer) seorang dokter yang sukses, Siti (Shanty), seorang perempuan desa yang baru menginjakan kaki di ibu kota, serta Ming (Dominique Diyose), seorang pelayan di rumah makan Chinese Food. 

Meski memiliki latar belakang yang berbeda-beda, namun cerita mereka bertiga dihubungkan dengan fakta bahwa ketiganya berada di dalam hubungan poligami. Film ini mengangkat kisah bagaimana masing-masing tokoh menghadapi konflik dalam hubungannya dan efek yang ditimbulkan dari hubungan poligami tersebut pada pribadi mereka. 

2. Marlina Si Pembunuh dalam 4 Babak

film women empowerment

Alkisah marina, seorang janda yang tinggal di pedalaman Sumba NTT mendapati sekumpulan perampok mengambil hewan ternak serta memerkosanya, tak tinggal diam ia pun memenggal kepala salah satu perampok tersebut, dan melewati perjalanan jauh demi mendapatkan keadilan atas apa yang menimpanya. Superb!

3. 7 Hati, 7 Cinta, 7 Wanita

film women empowerment

Bercerita tentang 7 wanita dengan latar belakang berbeda yang sama-sama menjadi pasien dari seorang obgyn senior bernama Kartini. Dari concern Kartini terhadap pasien-pasiennya tersebut, kita mengetahui cerita kehidupan tentang perjuangan masing-masing wanita dalam memperjuangkan hak, martabat, serta orang terkasih di sekelilingnya.

4. Kenapa Harus Bule

film women empowerment

Film garapan Nia Dinata ini berkisah mengenai ambisi Pipin (Putri Ayudya) untuk memiliki kekasih bule dan pada akhirnya membawanya untuk pindah ke Bali dari ibu kota. Seperti karya-karya Nia Dinata sebelumnya, film ini mengangkat isu-isu sosial seperti kesetaraan gender, rasa inferioritas pribumi saat disandingkan dengan ras asing, hingga tren kaum urban. Meski isu serta karakter yang diangkat cukup kompleks, namun hebatnya film ini tetap bisa dinikmati dengan santai karena diselingi unsur komedi yang kocak banget!

5. 30 Hari Mencari Cinta

30 HARI MENCARI CINTA

 

Yang satu ini walaupun ringan dan sarat unsur komedi namun juga penuh dengan pesan women empowerment dimana dengan dukungan antar sesama perempuan, maka jadi jomblo pun gak masalah tuh! Dibintangi oleh Nirina Zubir, Dina Olivia, serta Maria Agnes, film ini sukses mengocok perut dan pasti bikin kamu kangen dengan teman-temanmu!

Itulah 5 film Indonesia bertemakan women empowerment yang patut kamu tonton. Punya rekomendasi film bertemakan women empowerment lainnya? Yuk share di kolom comment!

 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment