banner-detik

makeup remover

Cleansing Oil vs Cleansing Balm

seo-img-article

cleansing balm vs oil Arum (2)

Di antara dua bentuk first cleanser, yaitu cleansing oil dan cleansing balm, mana sih yang lebih bagus untuk menghapus makeup?

Dulu saya adalah pengguna milk cleanser dan micellar water. Namun karena sekarang saya ingin mengurangi sampah kapas, jadi saya memutuskan untuk mengganti produk first cleanser, menjadi cleansing oil dan cleansing balm. Kalaupun masih menggunakan milk cleanser, biasanya saya memakainya tanpa menggunakan kapas.

Baca juga: Bisakah Menggunakan Susu Pembersih Tanpa Kapas?

Ternyata keputusan saya meminimalisir penggunaan kapas, selain mengurangi sampah harian saya, juga berdampak baik untuk kulit saya. Kulit saya ternyata kurang toleran dengan sesuatu yang abrasive. Gesekan dari kapas bikin kulit saya jadi sensitised dan gampang jerawatan. Terbukti semenjak menghindari penggunaan kapas dan gesekan-gesekan kasar lain pada wajah, kulit saya sudah nggak sesensitif dulu. Nggak gampang iritasi, kemerahan, dan nggak mudah timbul jerawat. That’s why saya secinta itu sama cleansing oil dan cleansing balm, yang efektif membersihkan kulit tanpa harus menggesek kulit menggunakan kapas.

Nah, mungkin ada yang bingung, cleansing oil dan cleansing balm bagusan mana sih? Kalau mau mencoba, yang mana dulu? Saya akan jabarkan kelebihan dan kekurangan keduanya, ya.

 cleansing balm vs oil Arum (4)

Cleansing Oil

Di antara cleansing oil dan cleansing balm, saya lebih dulu berkenalan dengan cleansing oil. Cleansing oil ini teksturnya cair, dan biasanya dikemas dalam botol berbentuk pump. Itu memudahkan sekali pada saat penggunaan, dan higienis karena kita nggak perlu colek-colek produk yang masih berada dalam kemasan.

Pemakaiannya juga praktis sekali dan cepat. Tinggal di-pump, lalu usapkan ke wajah dan pijat-pijat ringan, emulsify, lalu bilas dengan air. Saya sendiri biasa meletakkan cleansing oil ini di kamar mandi. Kekurangan cleansing oil menurut saya adalah kurang travel friendly. Bentuknya yang cair bikin produk ini rentan rembes dan tumpah.

Untuk daya bersihnya, sebenarnya tergantung brand atau produk masing-masing, ya. Ada brand yang punya cleansing oil dengan daya bersih yang sangat bagus, ada yang sedang-sedang saja. Tekstur dan formulanya juga, ada yang oil-nya tebal, ada yang tipe oil-nya sangat ringan, ada yang lembap, namun ada juga yang mengandung banyak surfactant dan mengeringkan kulit. Namun sejauh saya mencoba, rata-rata cleansing oil punya daya bersih medium. Cukup kalau untuk membersihkan wajah sehari-hari, saat hanya mengenakan skincare, sunscreen, atau saat mengenakan makeup tanpa foundation. Tapi bila kita sedang memakai full makeup, butuh dua sampai tiga kali pemakaian, agar makeup bersih sempurna.

Baca juga: 4 Rekomendasi Cleansing Oil Affordable, yang Harganya di Bawah 100 Ribu!

 cleansing balm vs oil Arum (5)

Cleansing Balm

Cleansing balm memang cenderung kurang praktis penggunaannya. Biasanya, produk cleansing balm dikemas dalam kemasan jar, dengan tutup berbentuk ulir. Jadi butuh effort untuk membuka. Lalu untuk menggunaan juga harus dicolek-colek dengan menggunakan jari atau spatula. Nggak sepraktis cleansing oil yang tinggal di-pump saja. Dan tentunya kurang aman bila mau simpan di kamar mandi, karena kemasannya berisiko mengontaminasi produk dengan air.

Namun, karena cleansing balm berbentuk padat, jadi lebih aman bila mau dibawa-bawa kemana-mana. Produknya tidak berisiko bocor atau tumpah. Dan biasanya kemasannya juga bukan dari kaca dan sangat rapat, jadi nggak perlu khawatir terjatuh dan pecah.

Selain itu, keunggulannya, cleansing balm ini daya bersihnya biasanya sangat bagus. Hanya perlu satu kali pemakaian sudah bisa membersihkan seluruh wajah yang full makeup, dan bahkan bisa membersihkan makeup yang waterproof sekalipun. Cleansing balm juga teksturnya lebih tebal, lebih enak untuk memijat-mijat wajah, dan juga terasa lebih melembapkan kulit bila dibandingkan dengan cleansing oil.

Baca juga: 3 Cleansing Balm Bagus Harga Terjangkau

 cleansing balm vs oil Arum (6)

Kesimpulan

Kalau kamu tipe yang jarang sekali menggunakan makeup dan juga mengutamakan kepraktisan untuk penggunaan sehari-hari, maka pilihlah cleansing oil. Tapi kalau kulitmu super kering,  pengguna makeup, dan sering berpergian, cleansing balm jelas lebih cocok untukmu.

Saya sendiri menggunakan kedua produk itu dan nggak bisa memilih. Di satu sisi, saya cinta banget dengan praktisnya cleansing oil, jadi saya pakai cleansing oil untuk sehari-hari saat saya nggak full makeup. Tapi ketika saya sedang full makeup, saya akan menggunakan cleansing balm. Dan ketika saya berpergian, saya juga lebih memilih membawa cleansing balm daripada cleansing oil.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment