banner-detik

lips

Trik Pakai Matte Lip Cream yang Terlalu Tebal dan Kering

seo-img-article

Punya matte lip cream yang teksturnya terlalu tebal dan terlalu kering di bibir? Sebelum dibuang, coba pakai dengan cara-cara di bawah ini!

Matte lip cream memang masih jadi andalan banyak orang karena pigmentasinya bisa menutupi warna asli bibir dan juga karena daya tahannya bikin kita nggak perlu terlalu sering touch up. Selain itu, matte lip cream juga biasanya nggak nyeplak atau transfer kemana-mana, sehingga nggak mengotori benda-benda yang menyentuh bibir kita.

Tapi saya mendapati, bahwa matte lip cream yang terlalu matte dan mencengkram bibir, bikin bibir terasa kering dan nggak nyaman. Apalagi bisanya, lip cream sejenis itu punya tekstur yang tebal, sehingga rasanya mengganjal ketika dipakai. Lip cream jenis ini biasanya punya pigmentasi yang sangat bagus, namun sisi negatifnya adalah, agak tricky pemakaiannya, karena susah dipakai degan rapi. Biasanya area pinggiran bibir akan terlihat bergaris tebal.

Baca juga: 3 Lipstik Tahan Lama Buat Kamu yang Nggak Suka Touch Up

Nah, begini cara saya mengakali matte lip cream dengan jenis seperti itu:

 lipstik super pigmented (5)

1. Pakai kuas lipstik terpisah

Seperti yang saya bilang, matte lip cream sejenis ini cenderung punya tekstur tebal dan susah sekali untuk membuat garis bibir yang rapi. Apalagi kalau pakai aplikator bawaannya. Selain bentuknya kurang presisi, juga kuas tersebut sudah tercelup di dalam produknya dan biasanya didesain untuk bisa pick-up produk lipstik cukup banyak. Jadi, kita akan susah mengontrol jumlah produk yang mau kita oleskan ke bibir. Sebagai ganti kuas bawaannya, sebaiknya pilih kuas sintetis berbentuk pipih dan kecil. Kuas seperti ini akan membuat kita lebih mudah mengontrol jumlah produk yang terambil, dan juga lebih bisa digunakan untuk membingkai bibir dengan presisi.

Baca juga: 5 Lipstik Glossy yang Bikin Bibir Cantik Tapi Nggak Lengket

2. Pakai dengan tehnik seperti lip tint

Matte lip cream sejenis ini, selain memiliki tekstur yang tebal, pigmentasinya juga cenderung sangat-sangat baik. Jadi sebenarnya kita tidak perlu pakai tebal-tebal, karena cukup pakai sedikit saja warnanya juga sudah sangat keluar kok. Cara favorit saya untuk memakai lipstik jenis ini adalah dengan cara seperti saya memakai lip tint. Aplikasikan di area tengah atau dalam bibir saja sedikit, lalu baurkan dengan cara menepuk-nepuk dengan jari ke arah luar.

Trik ini bikin matte lip cream jadi tidak terlalu tebal dan tidak mencengkram bibir. Rasanya ini adalah cara pakai paling nyaman kalau untuk saya. Garis yang dihasilkan di area pinggiran bibir juga jatuhnya akan lebih soft dan nggak terlihat berantakan. Plus, karena matte lip cream pigmentasinya biasanya bagus banget, meski dipakai dengan cara seperti ini pun pigmentasinya tetap terlihat.

 lipstik super pigmented (15) - Copy

3. Lapisi dengan lip gloss

Cara terakhir, untuk bikin matte lip cream sejenis ini lebih nyaman di bibir, adalah dengan melapisinya dengan lip gloss. Pakai dengan cara nomor dua (seperti lip tint), lalu setelah matte lip cream nge-set di bibir, aplikasikan lip gloss bening di atasnya. Hasilnya, lipstik lebih glossy dan berwarna! Bibir kelihatan juicy, segar, dan nggak terlalu kering.

 

Mudah kan, cara mengakalinya? Pada dasarnya, saya memang nggak terlalu suka matte lip cream yang teksturnya tebal, terlalu pigmented, dan terlalu matte. Jadi saya mencari trik lain agar koleksi matte lip cream saya yang sejenis ini bisa tetap terpakai, karena sayang sekali kalau sampai terbuang, apalagi pilihan warnanya cantik-cantik. Selamat mencoba ya!

 

Foto: Dok. Female Daily/Arum, Freepik.com

Slow Down

Please wait a moment to post another comment