skin concern

4 Langkah untuk Mengatasi Kulit Iritasi

seo-img-article

Untuk pemilik kulit sensitif, pasti sering mengalami kulit wajah memerah karena iritasi. Nah, ini dia langkah-langkah yang bisa dilakukan agar kulit cepat membaik.

Saya punya jenis kulit wajah yang tergolong sensitif. Kulit saya nggak begitu tahan dengan gesekan atau sesuatu yang abrasive, dan juga mudah sekali memerah. Kulit yang kemerahan ini penyebabnya macam-macam. Bisa karena skincare, makeup, gesekan, panas matahari, sampai karena kulit ketarik karena saya habis olahraga atau habis sakit. Karena hal ini sudah sering saya alami, jadi saya tahu apa saja yang harus dilakukan ketika kulit saya iritasi atau kemerahan.

kulit-wajah-kemerahan-Arum (3)

Nah, kalau di antara kalian ada yang mengalami hal yang sama seperti saya, ini dia beberapa langkah yang bisa dilakukan agar kulit cepat pulih seperti sedia kala.

Baca juga: Cara Menutupi Kemerahan Pada Wajah

kulit-wajah-kemerahan-Arum (5)

Hindari ingredient skincare yang berpotensi mengiritasi

Buat sebagian dari kita, mungkin ingredient seperti retinol, vitamin C, dan AHA/ BHA sudah menjadi makanan kulit sehari-hari. Rasanya kalau skip sekali saja, performa kulit nggak sebagus biasanya. Tapi ingredient-ingredient tersebut memang berpotensi mengiritasi kalau digunakan secara berlebihan. Dan saat kulit sedang iritasi atau kemerahan, sebaiknya memang dihindari dulu karena bisa-bisa malah makin memperparah kondisi kulit. Lagi pula bukankah kita harus pintar-pintar mengenali kebutuhan kulit kita sendiri?

Selain actives ingredient, hindari juga skincare atau makeup dengan kandungan alkohol, parfum, dan essential oil, yang juga berpotensi mengiritasi kulit. Pilih skincare yang gentle dulu selama kulit masih iritasi dan kemerahan.

Kembali ke basic skincare

Saat kondisi kulit nggak normal begini, saya biasanya kembali ke minimal skincare, yaitu basic skincare saja yang sudah jelas cocok dengan kulit saya. Saya memang sudah punya produk-produk basic yang pasti cocok untuk kulit saya, yang bisa dijadikan penyelamat saat kulit iritasi atau breakout. Jadi saya skip semua essence, serum, dan masker. Saya hanya memakai gentle skincare, moisturiser, dan sunscreen, yang memang wajib dipakai oleh kulit.

Baca juga: Skincare Basic yang Wajib Kamu Punya

kulit-wajah-kemerahan-Arum (1)

Jangan melakukan sesuatu yang abrasive ke kulit

Suka memakai physical exfoliator atau scrub? Sebaiknya dihindari dulu ya. Gesekan terlalu keras bisa memperparah kondisi iritasi di wajah kita. Dan gesekan ini juga bukan cuma scrub lho. Gesekan karena sikat wajah atau cleansing tools, kapas, dan handuk yang kasar, juga bisa menyebabkan iritasi di kulit kita. Jadi sebaiknya dihindari dulu sementara waktu.

Pakai cleanser yang gentle, dan sebaiknya pilih tissu atau handuk lembut untuk mengeringkan wajah setelah mencuci muka. Dan untuk yang memakai micellar water dan kapas sebagai first cleanser, coba deh ganti dulu dengan cleansing oil atau cleansing balm, yang bisa membersihkan wajah dengan efektif tanpa kapas. Intinya minimalisir dulu segala gesekan ke kulit kita.

Lindungi wajah dari sinar matahari

Pakai sunscreen adalah langkah pertama dan paling tepat untuk melindungi wajah dari sinar matahari. Namun untuk sementara waktu, selain memakai sunscreen, kita juga harus menghindari dulu direct sunlight atau cahaya  matahari secara langsung. Jangan melakukan aktivitas di bawah sinar matahari secara langsung, seperti misalnya berenang siang-siang atau ke pantai. Kalaupun terpaksa harus keluar rumah siang-siang, sebaiknya lindungi area wajah dengan topi lebar dan masker.

 

Nah, jangan bingung lagi kalau mengalami wajah kemerahan. Coba lakukan tips di atas ya, agar wajah cepat membaik seperti sedia kala.

celle

celle

owner www.racunwarnawarni.com

Slow Down

Please wait a moment to post another comment