banner-detik

beauty school

Viral Di TikTok, Berbagai Makeup Vintage Ala Tahun 20-an yang Super Langka!

seo-img-article

Gimana bentuk makeup dari tahun 1920-an? 

Sebagai pecinta dan pengoleksi makeup, pasti saya excited banget setiap kali melihat ada produk atau barang makeup yang unik dan lucu. Nggak harus kualitas produknya yang bagus, jujur terkadang saya membeli produk makeup karena suka sama packaging atau konsep dari brand-nya! Nah, baru-baru ini saya menemukan satu akun TikTok, yang punya konten terunik yang pernah saya lihat, nama akunnya adalah @vuloxvanity. No, mereka nggak joget-joget atau ngelakuin popcorn duet sebagai konten, tapi mereka membagikan tentang berbagai makeup vintage unik dari tahun 1920-1950an yang sudah langka! Wow, menarik banget ya? Dari beberapa makeup yang mereka bagikan, ada beberapa produk yang menurut saya unik dan sudah nggak pernah ada lagi saat ini akibat perkembangan zaman. Penasaran produknya ada apa aja? Yuk, simak artikel berikut!

1. 1920s Cake Mascara

IMG_9291

Siapa sih yang menyangka kalau di tahun 1920-an maskara sudah populer di kalangan para perempuan? Tapi berbeda dengan maskara zaman sekarang yang rata-rata berbentuk tube dan dilengkapi oleh mascara wand, maskara zaman dahulu berbentuk batangan dilengkapi dengan sikat yang agak mengingatkan saya dengan box semir sepatu. Seperti contohnya, maskara vintage dari Maybelline yang satu ini! Cara penggunaanya adalah kamu harus basahi dulu bagian batangan dengan air, lalu aplikasikan di bagian bulu mata secara perlahan dengan menggunakan sikat. Bahkan, ada kalanya produk ini disebut sebagai ‘spit black’ atau ‘spit boxes’ karena banyak yang membahasahi batangan maskara dengan liur supaya lebih praktis dan nggak perlu lagi dibasahin pakai air. Eww… zero for hygiene! Tapi, konon katanya maskara jenis ini jauh lebih awet dan tahan lama dibanding zaman sekarang. It’s even tear proof! Lucu banget!

IMG_9292

2. Lipmatch

IMG_9296

Kalau sekarang kita bawa lipstik untuk bisa retouch kapanpun dan dimanapun, percaya nggak di tahun 1920-an sempat trend produk yang bernama Lipmatch! Bentuknya persis seperti korek api, tapi alih-alih digunakan untuk menyalakan api, produk ini malah digunakan untuk retouch lipstik. Box-nya juga terbuat dari kardus supaya lebih menyerupai korek api. Cara pengaplikasiannya gampang, kamu tinggal ambil 1 buah korek, kemudian aplikasikan lipstik yang berada di ujung korek ke bibir. Produk ini memang didesain untuk on-the-go application, dan 1 korek hanya bisa digunakan 1 kali sebelum kemudian dibuang. Di zaman modern, sempat ada brand bernama Bésame Cosmetics yang kembali re-create produk dengan inspirasi Lipmatch, tapi sepertinya nggak berhasil karena orang-orang zaman kini sudah lebih aware dengan sustainability issue. Nggak sedikit juga yang lebih memilih untuk bawa lipstik biasa karena lebih praktis!

IMG_9297

Baca juga: 5 Makeup dan Skincare Lokal yang Berwarna Lilac!

3. Vintage Revlon Compact

IMG_9298

Pernah nggak melihat bedak Revlon yang ada dari tahun 1950-an? Yup, bentuk vintage dari bedak Revlon zaman dahulu menurut saya lebih classy dan unik dibandingkan dengan berbagai desain yang simple dan chic seperti sekarang. Packaging-nya berwarna emas dengan ukiran motif emboss dan deboss, font dari tulisan Revlon juga masih menggunakan handwriting-style font. Warnanya juga terlihat lebih soft dan lebih pink dibandingkan dengan bedak yang ada sekarang. Jujur, saya malah lebih suka produk Revlon keluaran tahun 1950-an ini. Kalau ada brand makeup yang mengeluarkan makeup line jadul, mungkin bakalan lucu kali ya?

IMG_9299

4. Coty Airspun Rouge

IMG_9294

Pernah mendengar istilah Rouge sebelumnya? Pada tahun 1950an, Rouge digunakan sebagai istilah pewarna untuk pipi dan juga bibir. Jadi, pada dasarnya lip and cheek products ternyata sudah ada dari zaman dulu! Salah satunya adalah Coty Airspun Rouge ini. Kalau kamu belum familiar dengan brand Coty, basically perusahaan ini adalah perusahaan yang memproduksi berbagai brand makeup seperti Bourjouis, CoverGirl, Max Factor, Sally Hansen, dan masih banyak lagi yang telah berdiri sejak tahun 1904. Rouge keluaran Coty bentuknya compact pressed powder, dilengkapi dengan spons unik berukuran kecil. Pengaplikasiannya nggak berbeda dengan cara mengaplikasikan compact blush zaman sekarang. Ukurannya juga ada yang full size maupun travel size! Menarik banget kan?

IMG_9293

Baca juga: Ratu Elizabeth I, Ternyata Pakai Makeup Berbahaya!

 5. Lady Lillian Manicure Set

IMG_9300

Siapa di sini yang pecinta nail art atau manicure? Ternyata, di tahun 1920-an perawatan kuku juga udah populer di kalangan para perempuan, lho. Salah satu produk yang ada saat itu yaitu Lady Lilian Manicure Set ini! Dalam satu set, kamu bisa mendapatkan berbagai peralatan perawatan kuku mulai dari Polish Remover, Cuticle Remover, Nail Polish, Nail White, bahkan hingga Manicure Aids. Saya sendiri agak bingung dengan fungsi Nail White di produk ini, tapi katanya, produk ini biasa diaplikasikan di bagian bawah kuku untuk memutihkan kuku.

IMG_9301

Berikut adalah beberapa produk unik dari tahun 1920 hingga 1950-an. Kamu masih bisa lihat produk-produk antik lainnya via Tik Tok @vuloxvanity. Konon katanya, mereka mendapatkan produk-produk ini dari antique shops, dan beberapa mereka beli dari e-bay. Tapi, jangan pernah coba-coba menggunakannya di kulit, karena produk kosmetik zaman dahulu masih banyak yang mengandung merkuri atau zat berbahaya lainnya. Not to mention mengaplikasikan kosmetik yang sudah kadarluasa is never a good idea. Tapi, sekedar melihatnya saja juga udah bikin kita nostalgia!

So, gimana menurut kamu? Menarik banget kan makeup vintage dari zaman dulu? Gimana menurut kamu? Lebih prefer makeup zaman dulu atau sekarang?  Share di komen ya!

Foto: Dok. TikTok/@vuloxvanity, pinterest.com.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment