banner-detik

fragrance

Review Parfum Lokal Elements dari Sensatia Botanicals

seo-img-article

Sudah nggak asing dengan Sensatia Botanicals? Brand asal Bali ini mengeluarkan koleksi parfum baru bertemakan Elements. Yuk baca review parfum lokal ini!

 

Kalau 2018-2019 adalah tahun keemasan untuk makeup lokal, 2020 dengan inovasi skincare lokal yang gila-gilaan, saya bisa bilang kalau 2021 bakal jadi tahun yang menarik untuk parfum lokal! Setelah koleksi skincare dan bodycare-nya lengkap, it’s only natural that Sensatia Botanicals would go into perfume and I’m all for it. Sebagai salah satu pengguna setia Sensatia Botanicals yang selalu punya stok produknya di rumah, saya selalu menikmati aroma-aroma yang disuguhkan lewat produk-produknya. Jadi, pas tahu Sensatia Botanicals rilis parfum, saya excited banget dan langsung pingin coba. Di koleksi Elements Fragrance ini, ada tiga aroma yang hadir dalam dua konsentrasi: eau de parfum dan eau de cologne. Kita bahas satu per satu ya!

Sensatia Botanical Elements Fragrance Collection-4

Packaging

Salah satu yang bikin saya langsung naksir parfum lokal ini adalah botol alias packaging-nya. Terbuat dari frosted glass yang berwarna amber untuk melindungi formula parfumnya, lettering yang dipilih juga terkesan sangat modern dan sleek. Saya merasa pilihan kemasan ini punya vibe yang berbeda dari produk Sensatia Botanicals lainnya, but I don’t mind at all. Buat saya, kemasan ini memberi kesan yang lebih eksklusif tapi tetap inviting, tegas tapi tetap hangat. Terkesan ada dua ukuran, tapi ternyata, ukuran botolnya ini digunakan untuk membedakan konsentrasinya lho. Untuk konsentrasi eau de parfum, Sensatia Botanicals Elements Perfume ini hadir dalam ukuran 10 mL. Untuk eau de cologne, botol yang digunakan yang lebih besar, yaitu yang 100 mL.

Aroma

Ada tiga aroma yang bisa kamu pilih dari parfum lokal asal Bali ini: Osmium (Os), Aurum (Au), dan Neptunium (Np). Sebelum saya bahas aromanya satu persatu, saya merasa kalau ketiganya punya nuansa aroma yang Bali banget! Semuanya punya sedikit hint aroma jejamuan, seperti aroma yang kamu cium saat masuk ke spa atau melewati jalanan Bali yang penuh dengan dupa dan sajian ritual agama Hindu. Honestly, I can close my eyes and imagine I’m in Bali, which sounds really appealing during this pandemic, hahaha! Seperti pilihan aroma yang ada di bodycare-nya, aroma dari Elements Fragrance Collection ini cukup bikin relaks dan menyenangkan buat saya yang suka aroma ala incense.

Sensatia Botanical Elements Fragrance Collection-3

Osmium (Os)

Top Notes: Grapefruit. Middle Notes: Immortelle, Lavender, Cardamom, Rose. Base Notes: Blackcurrant, Geranium, Frankincense, Oakmoss, Cistus, Sandalwood, Patchouli.

Pilihan unisex dari ketiga aroma yang baru rilis, Osmium (Os) dimulai dengan aroma segar yang sedikit zesty, lalu dilanjutkan dengan aroma lembut yang cenderung floral dan berakhir dengan nuansa woody yang cukup kuat. Saat mencium parfum lokal ini rasanya seperti saat kita habis pijat, lalu berendam dengan air yang sudah dipenuhi kelopak bunga. It feels luxurious, tapi tetap ringan dan nggak terlalu menyengat untuk sehari-hari. Menurut saya, Osmium (Os) ini aroma yang cukup netral dibanding dua pilihan yang lain. It’s complex, a bit creamy, but also powdery at the same time!

Sensatia Botanical Elements Fragrance Collection-2

Aurum (Au)

Top Note: Mandarin. Middle Notes: Magnolia, Lavender, Ylang Ylang, Immortelle, Jasmine. Base Notes: Rose, Frankincense, Sandalwood, Cistus, Ambrette Seed.

Sebagai pilihan feminine, Aurum (Au) didominasi aroma bunga yang menenangkan dan bikin relaks. Semprotan awalnya sangat mengingatkan saya dengan aroma masuk ke spa di Bali, yang berlanjut jadi lebih lembut. I smell a lot of jasmine tea in this perfume. Setelah settle, parfum ini jadi sedikit earthy dan mellow. Buat saya, parfum ini memberikan energi romantis dan ‘manis’ saat digunakan. Untuk parfum lokal, kombinasi aroma yang dipilih untuk Aurum (Au) ini one of a kind, jadi bisa banget kamu beli untuk dikoleksi!

Sensatia Botanical Elements Fragrance Collection

Neptunium (Np)

Top Notes: Clary Sage, Nutmeg. Middle Notes: Lavender, Cocoa Seed, Cinnamon, Clove. Base Notes: Sandalwood, Vetiver, Oakmoss, Patchouli, Ambrette Seed.

Walaupun aroma parfum lokal ini dibuat sebagai pilihan maskulin, Neptunium (Np) ini adalah aroma favorit saya dari ketiga koleksi Sensatia Botanicals Elements Fragrance Collection! Saat disemprot, saya bisa mencium aroma spicy yang sangat mendominasi. Bisa dibilang, aroma ini yang paling bold dibandingkan (Os) atau (Au) karena intensitasnya nggak berkurang sama sekali. Cenderung memberi kesan hangat, Neptunium (Np) ini berakhir cukup segar tapi tetap earthy. It’s definitely commandering, but it still feels comfortable. 

Baca juga10 Rekomendasi Parfum Musk yang Wanginya Sensual dan Tahan Lama

Sillage & Longevity

Saya berkesempatan untuk mencoba kedua versi dari koleksi parfum lokal Sensatia Botanicals Elements ini: eau de cologne untuk Osmium (Os) dan eau de parfum untuk Aurum (Au) dan Neptunium (Np). Untuk sillage atau projection, pilihan eau de parfum memang lebih tercium daripada eau de cologne, namun tetap lembut dan tidak terlalu menyengat. Untuk ketahanannya, eau de cologne Osmium (Os) hanya bertahan sekitar 2-3 jam saja di kulit saya, dan eau de parfum sedikit lebih lama, dapat bertahan hingga 6 jam untuk Neptunium (Np) dan 4-5 jam untuk Aurum (Au).

Baca juga: Scented Candle dengan Aroma Fresh yang Bikin Lebih Semangat!

Final verdict

Buat saya yang suka wewangian dengan nuansa aroma yang kompleks dan layered, koleksi Sensatia Botanicals Elements Fragrance Collection ini bisa jadi pilihan parfum lokal yang menarik untuk dicoba (apalagi kalau kamu sudah kangen liburan ke Bali!). Seluruh koleksi parfum Sensatia dihargai Rp450. 000 dan sudah bisa kamu beli di webstore Sensatia Botanicals. Aroma mana yang paling bikin kamu penasaran?

 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment