banner-detik

fitnfab

Tips Menghindari Berat Badan Naik Saat Liburan

seo-img-article

Liburan identik dengan berat badan naik, karena bikin kita bersantai terus, malas gerak, dan ngemil tiada henti. Memangnya bisa menghindari berat badan naik?

 

Nggak ada yang nggak bisa, kalau kamu mau usaha. Dan ternyata, usahanya nggak perlu berat-berat banget atau merepotkan, kok! Nggak perlu target yang terlalu muluk-muluk seperti menurunkan berat badan sampai beberapa kilo dalam seminggu, tapi paling tidak, berat badanmu tetap stabil di musim liburan ini, asupanmu penuh nutrisi, dan badanmu tetap bergerak. Simak tips-nya di bawah ini!

1. Perhatikan menu makan besarmu

Table for two food photography recipe idea

Sebaiknya kamu lebih bijak memilih menu makan besar. Tentu boleh saja makan seafood saat BBQ di rumah, atau menikmati pizza kesukaanmu. Tapi, jangan sering-sering! Pola makan sehat nggak selalu tentang salad, lho. Kamu bisa makan menu sayur-sayuran khas Indonsia seperti karedok, pecel, asinan sayur, atau gado-gado. Kalau lagi ingin makan daging, sebaiknya pangkas karbonya, jadi lebih banyak makan proteinnya, atau hanya makan lauk tanpa nasi.

Kalau sedang bingung makan apa, ingat-ingat deh menu yang komposisinya tidak terlalu berat, misalnya hindari ketoprak yang double-carbo (karena ada ketupat sekaligus bihun), atau burger dengan french fries (ada bun sekaligus kentangnya!), dan sebaiknya pilih yang lebih padat gizi, misalnya steamboat tanpa nasi, tumis sayuran, ayam atau ikan panggang dengan sayuran kukus, atau bulgogi dengan kimchi, tanpa embel-embel ramyun instan. Dibanding fish and chips yang keduanya digoreng, kamu bisa pilih ikan kukus ala Chinese Food dengan sapo tahu. Kalau lagi ingin salmon kani mentai rice, kamu ganti nasinya dengan shirataki. Dibanding lontong sayur untuk sarapan, kamu bisa makan bubur kacang hijau dengan teh panas tanpa gula.

Baca juga: Yang Perlu Kamu Tahu Tentang Vegan Diet

2. Siapkan cemilan sehat

TIPS MENGHINDARI BERAT BADAN NAIK SAAT LIBURAN 5

Cemilan sehat tapi tetap enak? Banyak, kok! Contohnya, cookies yang dibuat dari oat dan dried fruits. Kamu juga bisa makan roti gandum dengan selai kacang (atau selai almond!), kacang-kacangan, buah kering, ubi panggang, dimsum, es krim rendah kalori yang banyak dijual di Instagram, smoothie bowl, smoothie yang dibekukan jadi popsicle, atau lebih simpel lagi: buah potong. Kalau kamu bosan dengan buah potong saja, kamu bisa tambahkan yogurt dan granola biar rasanya lebih “kaya”. Meskipun nachos, popcorn, chips, cookies cokelat, kentang goreng memang super enak, belajar tahan ya untuk nggak sering-sering memakannya.

Baca juga: 7 Makanan Penting untuk Melindungi Diri dari Polusi

3. Olahraga di rumah

TIPS MENGHINDARI BERAT BADAN NAIK SAAT LIBURAN 3

Zaman sekarang ini, kamu sudah dimudahkan dengan berbagai video exercise di Youtube. Workout setiap hari dari rumah, walau cuma 15 menit saja bagus untuk membakar kalori sehingga bisa mencegah berat badan naik. Coba deh tonton channel Chloe Ting, Pamela Reif, atau MadFit. Kamu cuma butuh matras dan pakaian olahraga yang nyaman, nggak perlu ke luar rumah dan menghabiskan waktu terlalu banyak. Kalau bosan di rumah terus, kamu bisa jogging atau bersepeda keliling komplek, tapi pastikan gunakan masker dan tidak berkerumun, ya.

Baca juga: 7 Makanan Penting untuk Mencegah Kanker

4. Jangan rebahan terus!

TIPS MENGHINDARI BERAT BADAN NAIK SAAT LIBURAN 6

Ini memang godaan terbesar saat liburan. Tapi, kalau kamu hobinya cuma ngemil dan rebahan, kasus berat badan naik nggak akan bisa dihindari! Ada banyak lho yang bisa dilakukan di rumah selain binge-watching di sofa atau rebahan di kasur sambil skrol Instagram. Kamu bisa nonton Youtube dan belajar K-pop dance, baking, menjahit masker kain sendiri, memindahkan tanaman-tanaman kesayanganmu ke pot yang lebih cantik, mencuci makeup tools, membereskan isi lemari dan meja rias, ajak anjingmu jalan-jalan keliling komplek, bikin konten video di Instagram bareng kucing-kucingmu, atau crafting bikin benda-benda bermanfaat yang mempercantik dekorasi kamarmu. Selain mengisi waktu, kamu jadi “bergerak”, ini sangat bagus bagi kesehatan mental dan tubuhmu.

Baca juga: Mau Kulit Glowing? Coba 5 Resep Smoothie Ini!

5. Banyak minum air putih

TIPS MENGHINDARI BERAT BADAN NAIK SAAT LIBURAN 8

Kalau kamu cukup minum air putih, kamu jadi nggak mudah lapar. Pernah nggak sih, rasanya ingin ngemil banget, tapi ketika kamu minum 1-2 gelas air putih, ternyata kamu merasa cukup dan sudah kenyang? Nah, makanya jangan sampai dehidrasi atau kekurangan air putih ya! Selain menyegarkan, air putih juga membantu melancarkan pencernaanmu. Kamu bisa juga konsumsi lemon shot setiap pagi sebagai asupan vitamin C alami, sekaligus untuk menghindari berat badan naik, karena lemon sangat baik untuk yang lagi diet. Konsumsi juga 1 cangkir teh hijau panas setiap hari untuk asupan antioksidan sekaligus membantu melunturkan lemak dan menghindari kolesterol.

Woman standing on a scale

Nah, itulah tips untuk mencegah berat badan naik selama liburan. Gimana? Nggak susah, kan? Kuatkan niat untuk melakukannya ya! 😀 Selamat mencoba!

Foto: Freepik.com

Slow Down

Please wait a moment to post another comment