Deretan Skincare Propolis Terbaik untuk Jerawat dan Kulit Iritasi

Deretan Skincare Propolis Terbaik untuk Jerawat dan Kulit Iritasi

Penggunaan propolis sudah bukan sesuatu yang baru lagi di dunia skincare. Salah satu byproduct lebah ini dikenal punya segudang manfaat untuk kesehatan, termasuk kesehatan kulit. Ditambah lagi, propolis juga merupakan salah satu ingredients yang baik untuk menenangkan jerawat dan juga kulit yang lagi iritasi.

 

SKINCARE PROPOLIS

Banyak penelitian yang membuktikan khasiat propolis untuk kesehatan kulit. Salah satunya menyebutkan kalau propolis punya sekurang-kurangnya 300 zat aktif di dalamnya, di antaranya flavonoid, mineral, vitamin serta enzim. Propolis bersifat antiseptik, antimikroba dan anti-inflamasi. Nggak heran kalau propolis dipercaya sebagai obat berbagai penyakit. Termasuk untuk masalah kulit seperti jerawat, baik yang disebabkan oleh bakteri maupun jamur (fungal acne), kulit yang llagi iritasi, juga mempercepat penyembuhan luka dan bersifat analgesik. 

Baca juga: Manfaat Propolis Untuk Kulit Wajah

Penasaran ingin coba skincare propolis? Atau ingin coba ,propolis lainnya? Yuk cobain produk-produk berikut ini!

1. Cosrx Propolis Synergy Toner

SKINCARE PROPOLIS - PROPOLIS SYNERGY TONER

Ini bukan kali pertama Cosrx meluncurkan produk dengan kandungan propolis. Sebelumnya, Cosrx punya ampoule yang sering dibanding-bandingkan dengan propolis ampoule-nya Lee Gee Ham atau yang sekarang dikenal sebagai Dr.Ceuracle. Now, they have a whole range of propolis skincare! Salah satu yang jadi favorit banyak orang adalah toner-nya.

Baca Juga: Review COSRX Propolis Synergy Toner

Kandungan propolis dalam toner ini nggak main-main, lho, karena ekstrak propolisnya sampai 72%. Nggak hanya itu, toner ini juga mengandung 10% honey extract. Sudah pasti, hydrating toner ini bakal jadi kesukaan para pemilik acne-prone skin dan kulit sensitif. Toner ini tersedia dalam dua ukuran. Buat yang baru ingin coba atau sering traveling, bisa beli ukuran 50m. Kalau udah mantap sama toner ini, bisa upgrade ke full size 150 ml.

2. Benton Aloe Propolis Soothing Gel

SKINCARE PROPOLIS - BENTON ALOE PROPOLIS SOOTHING GEL

Tahu nggak sih, kalau digabung, aloe vera dan propolis bakal jadi combo yang perfect buat acne-prone skin dan kulit sensitif. Aloe-propolis bisa jadi moisturizer alami yang dapat menghidrasi kulit sekaligus menenangkan kulit yang lagi “marah”.

Nah, nggak perlu repot-repot bikin campuran aloe vera dan propolis sendiri, sebab, Benton Aloe Propolis Soothing Gel ini sudah diformulasikan dengan 80% aloe vera dan 10% propolis. Bisa jadi, produk ini masuk list produk favorit untuk kamu yang kulitnya berminyak dan rentan berjerawat. Soalnya, moisturizer satu ini oil-free dan pastinya mudah menyerap ke dalam kulit.

Baca juga: Penting: Ingredient Skincare yang Nggak Bisa Dipakai Bareng

3. Skinfood Royal Honey Propolis Enrich Essence

SKINCARE PROPOLIS - SKINFOOD ROYAL HONEY PROPOLIS RICH ESSENCE

Karena propolis identik dengan produk-produk anti-acne, sering kali produk dengan propolis dianggap nggak cukup melembapkan bagi kulit kering. Produk satu ini bakal membantah anggapan itu. Skinfood Royal Honey Propolis Enrich Essence mengandung tiga byproduct lebah sekaligus, selain propolis, juga ada ekstrak madu dan royal jelly. Kandungan propolis-nya pun mencapai 63%, lho! Tapi, produk propolis yang satu ini mungkin nggak 100% safe untuk fungal-acne, sebab ada kandungan Lactobacillus Ferment dan fermented yeast.

Baca juga: 4 Ingredient Skincare yang Akan Makin Hits di Tahun 2021!

4. By Wishtrend Polyphenols in Propolis Ampoule

SKINCARE PROPOLIS - BY WISHTREND POLYPHENOLS PROPOLIS AMPOULE

Propolis dikenal sebagai bahan yang kaya akan flavonoid sebagai antioksidan yang powerful. Di ampoule ini, selain dari 15% propolis, antioksidan juga diperoleh dari ekstrak Houttuynia Cordatta. Kayaknya, Wishtrend memang memformulasikan ampoule ini khusus buat kulit berjerawat, karena selain dua kandungan yang sudah disebutkan tadi, ampoule ini juga mengandung zinc PCA dan turmeric extract. 

5. Iunik Propolis Vitamin Sleeping Mask

SKINCARE PROPOLIS - IUNIK PROPOLIS VITAMIN SLEEPING MASK

Nggak lengkap rasanya kalau belum ada sleeping mask di dalam skincare routine malam. Nah, biasanya empunya kulit oily dan rentan berjerawat sangat berhati-hati dalam memilih produk sleeping mask. Tentunya yang nggak terlalu heavy dan oily, serta nggak bikin breakout keesokan paginya. 

Sleeping mask dari Iunik ini dapat melembapkan dan menutrisi kulit semalaman. Kandungan propolisnya sebanyak 16% disandingkan dengan 5% Centella Asiatica dan 8% Vitamin Tree atau Sea Buckthorn, diklaim dapat mencegah jerawat, calming untuk kulit sensitif serta mencerahkan kulit.

 

Nah, itulah beberapa produk skincare propolis yang bisa membantu meredakan jerawat dan iritasi di kulitmu. Seperti biasa, sebelum memutuskan membeli produk tertentu, jangan lupa melakukan riset kecil-kecilan terhadap produknya, ya. Apa lagi ingredients-nya. Cek juga review dari mereka yang sudah pernah menggunakan produk di FD Review. Selamat mencoba!

 

 

Foto: Courtesy of brands, Freepik.com