Review COSRX Propolis Synergy Toner

Review COSRX Propolis Synergy Toner

IMG_4160

Sebulan terakhir, saya coba menggunakan COSRX Propolis Synergy Toner untuk mengatasi kulit wajah saya yang kusam. And here’s the full review! 

Sudah terhitung hampir 2 bulan sejak saya pertama kali menggunakan Propolis Synergy Toner, and the results are amazing! Produk ini merupakan produk terbaru dari COSRX, dan merupakan kolaborasi antara COSRX dengan Youtuber “Sydney to you”. Kenapa saya bisa suka banget sama produk ini? Let me break it down for you: 

Ingredients

Propolis Synergy Toner punya 2 ingredients utama, yaitu 72,6% black bee propolis extract, yang konon katanya merupakan kadar tertinggi dari propolis extract,  dan 10% honey extract. Propolis memiliki berbagai manfaat bagi kulit, yaitu sebagai anti-inflammatory, anti-bacterial, recovering, serta meningkatkan imunitas kulit. Honey Extract berfungsi sebagai moisturizing properties sehingga mampu menjaga kelembapan kulit. Supaya lebih lengkap, here are the full ingredients:

Propolis Extract, Honey Extract, Butylene Glycol, 1,2-Hexanediol, Glycerin, Betaine, Cassia Obtusifolia Seed Extract, Panthenol, Polyglyceryl-10 Laurate, Polyglyceryl-10 Myristate, Ethylhexylglycerin, Sodium Hyaluronate, Hydroxyethyl Acrylate/Sodium Acryloyldimethyl Taurate Copolymer, Caprylic/Capric Triglyceride

Ingredients yang terkandung di Propolis Synergy Toner adalah ingredients yang cenderung ‘aman’, karena nggak mengandung bahan-bahan yang berbahaya buat kulit sensitif. Jadi, produk ini bisa digunakan untuk berbagai macam jenis kulit, bahkan yang sensitif sekalipun.

Packaging

IMG_4161

Baca juga: Menggunakan Cosrx BHA Bleackhead Power Liquid Sebagai Pengganti Deodorant

Mulai tahun 2020, COSRX mengubah seluruh kemasan produknya dari segi design. Design yang awalnya lebih colorful dan playful, sekarang jadi lebih sleek, simple, dan ‘clinical‘. Begitu pula dengan packaging Propolis Synergy Toner. Propolis Synergy Toner memiliki kemasan botol transparan berukuran 280ml, dengan flip-top cap berwarna hitam untuk menjaga higienitas produk. Saya sempat membawa produk ini untuk travelling, terbukti packaging-nya aman dan nggak ada leakage sama sekali. Ukurannya juga cukup besar untuk sebuah toner, kalau dipakai secara rutin, menurut saya bisa habis dalam waktu 6 bulan.

Formula

IMG_4154

Baca juga: Produk COSRX Terbaik Versi Editor FD

Propolis Synergy Toner memiliki rich gooey texture yang cepat menyerap ke kulit, terutama kalau kamu punya tipe kulit yang kering! Saya membutuhkan sekitar 2 pump supaya mampu mengaplikasikannya seluruh permukaan wajah. Propolis Synergy Toner mengandung fragrance (Caprylic/Capric Triglyceride). Tapi, walaupun mengandung fragrance, wangi yang dihasilkan sama sekali nggak menyengat, serta tetep aman kok untuk kulit saya yang sensitif.

What It Claims?

IMG_4163

Jadi, ada 4 fungsi utama yang ditonjolkan dari Propolis Light Ampoule: Sebagai antioksidan, antibacterial, anti-inflammatory, serta membuat kulit menjadi lebih halus dan lembut. Produk ini juga dikatakan memiliki kemampuan untuk mengembalikan lapisan kulit yang rusak jadi sehat seperti semula. Propolis Synergy Toner sebaiknya digunakan bersamaan dengan Propolis Light Ampoule untuk hasil yang lebih maksimal.  

When & How To Use It?

Propolis Synergy Toner biasa saya gunakan di pagi hari setelah cuci muka. Setelah cuci muka, aplikasikan 1-2 pump Propolis Synergy Toner di telapak tangan, kemudian tepuk-tepuk permukaan wajah dengan menghindari area mata. Lanjutkan dengan Propolis Light Ampoule, Propolis Light Cream, dan sunscreen sebagai finishing touch. Produk ini juga aman digunakan dan nggak lengket walaupun digunakan di malam hari sebelum tidur.

And the Result Is..

IMG_4158

Baca juga: 5 Rekomendasi Produk COSRX untuk Kulit Berminyak

Setelah rutin menggunakan Propolis Synergy Toner, lengkap dengan Propolis Light Ampoule selama 2 bulan penuh, perubahan signifikan yang saya rasakan adalah kulit saya yang semakin halus! Wohoo! Jadi, YES on their claim yang menyatakan kalau produk ini bisa bikin kulit terasa halus. Selain itu, YES juga dalam fungsi antioksidan produk ini yang sesuai klaim. Kulit saya yang awalnya kusam terasa lebih cerah dan bersih. Walaupun progress-nya memakan waktu beberapa hari, kulit saya berhasil terlihat lebih cerah serta menyamarkan bekas jerawat. Namun, berhubung saya memang bukan tipe kulit yang acne-prone, i still cannot decide apakah produk ini betul-betul anti-bacterial atau anti-inflammatory. Selama saya menggunakan produk ini sih, muka saya nggak jerawatan atau bermasalah sama sekali!

 Who Will Like This Product?

Buat kamu yang ngerasa punya kulit kusam bermasalah, i think you’ll like this product! A product that feels really light on your skin, memberikan wajah kamu instant smooth and moisture. Pemakaiannya juga nggak ribet dan nggak bikin wajah jadi lengket.

Final Verdict

Overall, i really love this product! Selama 2 bulan terakhir saya udah beberapa kali mention kalau produk ini merupakan salah satu produk holygrail saya. Wajah saya jadi kerasa lebih plump dan sehat. Sayangnya, Propolis Synergy Toner saat ini belum available di Indonesia. Produk ini saya dapatkan waktu lagi main ke headquarter COSRX di Seongnam, Seoul. But the good news is, it’s going to be available soon on @cosrx_indonesia! Harga per botol menurut website COSRX adalah sekitar Rp 350.000,-/botol.

So, gimana menurut kalian? Jadi tertarik sama produk ini? Jangan lupa pantau terus Instagram @cosrx_indonesia untuk info kedatangan produk ini ya!