banner-detik

fragrance

Pilihan Pewangi Ruangan Agar Tetap Betah di Rumah Saja

seo-img-article

jenis pewangi ruangan Arum (3)

Karena pandemi masih belum berakhir, sebaiknya akhir tahun ini kita di rumah saja. Yuk, bikin suasana rumah lebih nyaman dengan wewangian!

Bulan Desember, biasanya adalah bulan di mana kita merencanakan liburan akhir tahun. Entah itu traveling ke luar pulau atau luar negri, atau berkumpul dengan keluarga tercinta. Namun karena pandemi, liburan akhir tahun kita lakukan di rumah saja. Jadi kita harus bikin suasana rumah senyaman mungkin, agar akhir tahun ini betah berada di rumah.

Salah satu yang bikin suasana rumah nyaman menurut saya adalah aroma. Kalau rumah aromanya enak, suasananya jadi lebih homey dan bikin kita betah di rumah. Nah, ada nih beberapa pilihan pewangi ruangan yang bisa dipilih, untuk menciptakan suasana nyaman di rumah:

Baca juga: Kangen Suasana Liburan? Coba Produk Dengan Aroma Lemongrass Ini!

 jenis pewangi ruangan Arum (5)

Scented candle

Scented candle punya aroma yang soft dan namun bikin ruangan langsung terasa beda vibe-nya. Saya terkadang masih suka kok menyalakan scanted candle saat sedang bekerja di rumah. Menurut saya aroma-aroma tertentu memang bisa membangkitkan mood kerja. Selain aromanya enak, scented candle juga bisa mempercantik ruangan lho.

Scented candle favorit saya adalah dari Bath and Body Works, karena pilihan aromanya banyak, semua varian aromanya juga enak-enak dan menenangkan. Tapi brand lokal sekarang juga sudah banyak yang mengeluarkan scented candle berkualitas dengan harga yang lebih terjangkau kok. Oh iya, tapi hati-hati ya saat menyalakan scented candle. Sebaiknya jangan didekatkan pada benda yang mudah terbakar, jauhkan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan, serta jangan lupa mematikan sebelum tidur.

 jenis pewangi ruangan Arum (6)

Reed diffuser

Nah, yang kedua ini jadi favorit saya! Karena praktis, relatif lebih aman, tinggal diletakkan dan nggak perlu api. Bentuknya juga cantik, sekalian bisa dijadikan dekorasi ruang dan properti foto. Lalu pilihan reed diffuser lokal saat ini juga sudah banyak sekali. Dari yang harganya terjangkau seperti Bayfresh dan Evelyn, sampai yang premium seperti Sakka Bali dan Camani.

Yang harus diperhatikan saat menggunakan Reed Diffuser ini adalah rutin membalik reeds-nya setiap hari agar aromanya tetap kuat. Dan kalau aromanya dirasa sudah sangat berkurang, batang reed-nya bisa diganti dengan yang baru. Oh iya, sebaiknya dijauhkan juga dari jangkauan anak-anak dan jangan diletakkan di tempat yang mudah terjatuh ya. Karena ini bentuknya cair, jadi kalau jatuh bisa tumpah.

 jenis pewangi ruangan Arum (7)

Ultrasonic diffuser dan Essential Oil

Ini juga jadi pilihan saya untuk kamar tidur. Selain aromanya enak, essential oil juga punya banyak manfaat untuk tubuh kita dan cenderung nggak toxic. Saya sendiri paling suka aroma lavender yang menenangkan, peppermint yang menyegarkan, dan lemongrass yang membuat suasana rumah seperti hotel.

Memang sedikit ribet sih, karena kita harus membersihkan ultrasonic diffuser setiap hari, dan harus mengisi air, meracik, serta menyalakan setiap kali ingin menikmati aromanya. Namun menurut saya segala keribetannya worth it kok. Saya merasakan suasana ruangan memang lebih nyaman dengan essential oil.

 jenis pewangi ruangan Arum (1)

Fabric spray

Fabric spray, linen spray atau pillow spray juga merupakan pilihan yang bagus untuk pewangi ruangan lho. Kita tinggal menyemprotkan di kain gorden, sofa, karpet, sampai bantal dan tempat tidur untuk menghilangkan bau apek dan menghadirkan aroma wangi yang menyenangkan. Pilihannya juga banyak, ada fabric spray drugstore seperti Stella, dan banyak juga yang terbuat dari essential oil.

Kekurangan fabric spray,  memang aromanya nggak begitu bertahan lama. Dan menurut saya sih, fabric spray merek supermarket aromanya terlalu kuat dan menusuk hidung. Jadi kalau untuk ruangan kecil dan tertutup, ada baiknya pilih fabric spray dari essential oil. Walau lebih mahal, namun aromanya lebih nyaman di penciuman kita.

Coba salah satu atau keempatnya sekaligus yuk! Biar akhir tahun ini bisa lebih betah di rumah saja.

 

Foto: Dok. Female Daily/Arum.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment