banner-detik

haircare

Kulit Kepala Bermasalah Sejak WFH, Berikut Cara Mengatasinya!

seo-img-article

Bagaimana cara mengatasi kulit kepala bermasalah saat WFH?

Semenjak WFH, salah satu masalah yang terjadi yang perlu saya hadapi adalah masalah kulit kepala.  Di saat saya lagi konsentrasi mengerjakan aktivitas sehari-hari, tangan saya seringkali tanpa sadar menggaruk kulit kepala, dan menyadari bahwa rambut saya berketombe! Padahal, dahulu kulit kepala saya bukan tipe yang sering bermasalah. Hal ini lumayan bikin saya stres, sih. Bayangkan, setiap kali saya menggaruk kepala, bagaikan ada confetti ketombe berjatuhan. Ew banget kan?

Tapi ternyata, I’m not alone! Banyak juga yang mengatakan bahwa sejak WFH, kulit kepala mereka mulai bermasalah mulai dari rambut rontok, ketombe, maupun flaky scalp. Nggak peduli jenis rambut kamu apa, baik yang lurus maupun keriting sekalipun, banyak yang mengalami hal ini! Faktor genetik, lingkungan, alergi, dan hormon sebetulnya banyak berperan dalam berbagai masalah kulit kepala. Selain itu, stress and hygiene level kamu juga sangat berpengaruh. Banyak yang jadi jarang mencuci rambut sejak WFH! Simak yuk di bawah ini, kenapa sih flaky scalp maupun dandruff bisa sering terjadi?

 Flaky Scalp VS Dandruff

rambut diwarna ketombe (2)

Sebelum kita bahas lebih lanjut, penting bagi kita untuk mengerti perbedaan antara flaky scalp dengan ketombe. Flaky scalp adalah kondisi di mana kulit kepala kamu kering sehingga terjadi iritasi, dan terbentuk serpihan-serpihan kulit kepala. Sedangkan, ketombe terjadi ketika mikrobioma pada kulit kepala menjadi nggak seimbang. Di setiap kulit kepala kita terdapat ragi alami yang hidup, yang ketika ada pada kadar tertentu nggak akan menimbulkan masalah. Tetapi, ada jenis ragi yaitu Malassezia yeasts yang tumbuh terlalu banyak, sehingga bisa menyebabkan sel kulit kepala membelah dengan terlalu cepat, sehingga menghasilkan ketombe!

Triggers

Ada beberapa hal yang bisa memicu ketombe maupun flaky scalp bisa terjadi, salah satu pemicu utamanya adalah kulit kepala yang kering. Itu sebabnya di udara yang dingin, kulit kepala lebih rentan berketombe dan menjadi flaky akibat udara yang dingin menyebabkan kulit jadi kering. Itu sebabnya, penting juga bagi kita untuk exfoliate bagian kulit kepala! Bayangkan, di kulit kepala kamu terdapat lapisan dry shampoo, shampoo yang nggak terbilas, minyak, serta kotoran yang menumpuk!

Baca juga: 5 Rekomendasi Shampoo untuk Kulit Kepala Seboroik Dermatitis!

Solutions

Solusi untuk mengatasi ketombe dan flaky scalp, tentu saja adalah dengan merawat kulit kepala. Salah satu hal yang bisa kamu lakukan adalah menggunakan produk-produk berbahan natural untuk menyembuhkan kulit kepala, tanpa mempengaruhi kondisi rambut. Kamu juga bisa gunakan exfoliating scrub untuk membersihkan minyak maupun sel kulit mati pada kulit kepala. Kalau kamu nggak mau menggunakan hair scrub, kamu bisa juga gunakan hair oil yang mampu mengatasi kulit kepala kering. Aplikasikan pada kulit kepala yang kering, diamkan selama 30 menit sebelum mencuci rambut. Gunakan juga shampoo yang kaya akan fatty acid dan bebas paraben maupun sulfat. Sebab kedua ingredients ini mampu strip off natural oils, serta mempermudah tumbuhnya bakteri.

Products to use

Nah, kalau kamu bingung mengatasi flaky scalp maupun ketombe, berikut adalah beberapa produk yang bisa kamu coba!

1. Eucalie Hair Treatment Shampoo

 Eucalie-shampoo-600

Shampoo organik yang lembut (Sulfate-Free) dengan pH-balanced dan diformulasikan dengan bahan-bahan premium dari Organic Baobab Peptides, Sphingony, Rosemary, dan Essential Oil. Shampoo ini adalah salah satu shampoo yang efektif banget mengatasi kerontokan, menguatkan akar rambut, mengurangi gatal-gatal, serta memperbaiki tekstur sehingga rambut jadi lembut. Formulanya yang sulfate free, cocok untuk kamu yang punya kulit kepala kering dan berketombe.

2. The Body Shop Fuji Green Tea Scrub Shampoo

FUJI_GREEN_TEA_SCRUB_SHAMPOO_240ML_1_INRSLPS643

Untuk mengatasi kulit kepala supaya nggak ada lapisan kotoran yang menimbun di rambut, kamu bisa coba The Body Shop Fuji Green Tea Scrub Shampoo! Produk ini diperkaya dengan Japanese green tea dan Community Trade honey. Membantu membersihkan kulit kepala dengan lembut, membantu mengurangi penumpukan residu produk penataan rambut agar tambut tampak berkilau dan sehat. It’s also 100% vegetarian!

3. Real Mary by Rated Green Energizing Scalp Spray

5c9ae712476a2

Formula yang meremajakan dengan cold brewed organic rosemary dan bahan-bahan alami ini mampu menenangkan dan memberi nutrisi pada rambut rusak, stres, dan sensitif. Dengan Biotin dan Black Complex 3 yang kaya nutrisi memperkuat rambut halus dan tipis serta merekonstruksi folikel rambut dengan cepat, memberi nutrisi yang dibutuhkan kulit kepala untuk pertumbuhan rambut yang alami. Kulit kepala terasa lebih bersih dan segar, rambut terasa lebih tebal dan bervolume.

Baca juga: 3 Rekomendasi Hair Tonic untuk Rambut Rontok dan Mulai Botak!

4. The Body Shop Ginger Anti Dandruff Shampoo

ginger_shampoo-tmb

Shampoo yang jadi favorit FD Babes, The Body Shop Ginger Shampoo  ini memang dikhususkan bagi kamu yang memiliki kulit kepala yang flaky. Sebelum saya menggunakan produk ini, kulit kepala saya saat itu memiliki red patches, serta bersisik akibat terlalu kering. Saya gunakan produk ini selama satu minggu, langsung sembuh saat itu juga! Rambut saya nggak lagi flaky, kulit kepala saya yang kemerahan juga hilang. Seperti namanya, wanginya juga wangi ginger yang soothing. Harga sebotolnya sekitar Rp 119.000/250ml. Tapi, tersedia juga dalam value bottle seharga Rp160.000 dengan ukuran yang lebih besar (400ml).

Nah, itu adalah beberapa produk yang bisa bantu kamu mengatasi kulit kepala yang bermasalah, serta beberapa pemicunya! Jadi, setelah kamu mempelajari hal ini, kamu jadi bisa tahu bagaimana mengatasinya secara efektif. Saya sendiri telah mencoba beberapa produk di atas, dan telah merasakan sendiri hasilnya!

Gimana dengan kamu? Apakah kamu juga mengalami masalah kulit kepala selama WFH? Kamu bisa coba beberapa produk di atas!

 

Foto: Dok. Female Daily, courtesy of brands, freepik.com, ratedgreenus.com.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment