banner-detik

haircare

5 Rekomendasi Shampoo untuk Kulit Kepala Seboroik Dermatitis!

seo-img-article

Dermatitis Seboroik

Pusing menghadapi seboroik dermatitis? Berikut beberapa shampoo yang bisa kamu coba!

Sebagai penderita seboroik dermatitis, saya nggak pernah bisa pakai sembarangan shampoo. Nggak cuma shampoo, sih. Segala macam produk rambut yang biasanya mengandung alkohol jenis tertentu bisa memicu seboroik dermatitis saya kambuh. Kalaupun lagi nggak kambuh, menggunakan shampoo yang salah bikin kulit kepala saya jadi berminyak dan berketombe. Ternyata, nggak cuma saya yang mengalami hal ini! Nah, berikut adalah beberapa rekomendasi shampoo buat kamu yang juga punya seboroik dermatitis, atau kulit kepala berketombe!

 1. The Body Shop Ginger Anti Dandruff Shampoo

ginger_shampoo-tmb

Kayaknya kalau kamu pengikut setia Female Daily, bakalan tahu kalau shampoo ini adalah salah satu shampoo favorit FD Babes. Arinda, Amal, bahkan termasuk saya cinta banget sama produk ini! The Body Shop Ginger Shampoo  ini memang dikhususkan bagi kamu yang memiliki kulit kepala yang flaky. Sebelum saya menggunakan produk ini, kulit kepala saya saat itu memiliki red patches, serta bersisik akibat terlalu kering. Saya gunakan produk ini selama satu minggu, langsung sembuh saat itu juga! Rambut saya nggak lagi flaky, kulit kepala saya yang kemerahan juga hilang. Seperti namanya, wanginya juga wangi ginger yang soothing. Harga sebotolnya sekitar Rp 119.000/250ml. Tapi, tersedia juga dalam value bottle seharga Rp 160.000 dengan ukuran yang lebih besar (400ml).

Baca juga: Review Lengkap The Body Shop Ginger Shampoo & Conditioner

2. The Bath Box Veggie Pro Nourishing Shampoo

The-Bath-Box-Veggie-Pro-Nourishing-Shampoo-3

Salah satu produk yang unik banget menurut saya, karena shampoo ini mengandung protein yang diambil dari sayur-sayuran yang mampu menutrisi kulit. Selain itu produk ini juga diperkaya dengan extract honey yang dapat menjaga kelembutan rambut supaya nggak bikin rambut kamu kering. Aromanya terbuat dari natural essential oil seperti orange, rosemary, lavender, kenanga dan geranium. The Bath Box Vegie Pro Nourishing Shampoo diformulasikan dengan menggunaka natural ingredients, tanpa menggunakan SLS maupun irritants lainnya. Jadi, aman banget buat kamu yang punya kulit kepala berketombe, atau menderita seboroik dermatitis! Shampoo ini juga nggak akan bikin kulit kepala kamu jadi kering, dan cocok buat kamu yang sering styling rambut. Kamu bisa dapatkan produk ini seharga Rp 165.000/200ml. Masih cukup affordable untuk all-natural shampoo.

Baca juga: Saya Mengindap Dermatitis Seboroik, Gejalanya mirip Psoriasis

3. Selsun

Selsun-Blue-Dandruff-Medicated-Shampoo-Treatment-Anti-Dandruff-Seborrheic-dermatitis-Shampoo-Relieve-Flaking-Itching-Cools-Scalp.jpg_960x960

Kalau kamu pernah ke dokter kulit untuk berkonsultasi soal rambut berketombe atau seboroik dermatitis, mungkin salah satu shampoo yang akan direkomendasikan oleh dokter adalah shampoo Selsun ini. Karena, Selsun adalah shampoo yang khusus digunakan untuk menghilangkan gatal-gatal dan ketombe. Selsun mengandung bahan aktif selenium sulfida, yang sering digunakan untuk mengatasi masalah kulit kepala, seperti ketombe dan dermatitis seboroik. Selsun tersedia dalam dua jenis, yaitu Selsun Blue dan Selsun Yellow. Perbedaan dari Selsun jenis Blue dan Yellow terdapat di dalam kandungan selenium sulfidanya. Nah, berhubung menurut saya ini adalah shampoo yang cukup ‘keras’, kamu lebih baik gunakan maksimal 3x dalam seminggu.  Kalau perlu, konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter mengenai kulit kepalamu sebelum menggunakan produk ini!

4. Naturica Soothing

7703329_0766cdee-fc2d-4842-a8b5-9b49a8b3d761_800_800

Naturica Soothing Relief Shampoo mungkin jadi salah satu shampoo dengan harga yang cukup pricey menurut saya. Perbotolnya seharga sekitar Rp 300.000 – Rp 350.000. Tapi, nggak sedikit yang bilang kalau shampoo satu ini wajib banget untuk dicoba, terutama kamu yang punya kulit kepala berketombe. Shampoo ini mampu mencegah pembentukan ketombe, serta berfungsi sebagai antioksidan pada kulit kepala. Dilengkapi dengan Vitamin F, Panthenol dan alpha-bisabolol yang konon katanya bisa bikin rambut kerasa ringan, lembut, dan silky, tanpa membuatnya berminyak. Ini adalah salah satu produk yang masuk dalam  produk yang akan saya coba selanjutnya!

5. Erha Erazol Medicated Shampoo

19366-large_default

Shampoo dari Erha yang satu ini, bisa juga jadi salah satu solusi buat kamu! Formulanya dikhususkan untuk mengatasi infeksi jamur pada kulit kepala, seperti seboroik dermatitis, ketombe, dan Pityriasis Versicolor. Shampoo ini disarankan untuk digunakan maksimal 2 kali dalam seminggu, selama 2-4 minggu. Sedangkan kamu yang mengalami Pityriasis Versicolor boleh menggunakan shampoo ini sebanyak 1 kali sehari, maksimal 5 hari dalam seminggu. Ternyata, banyak juga yang udah pernah nyobain shampoo ini, dan suka sama hasilnya. Bahkan, review-nya di FD apps mencapai rating 4.6, lho!

Baca juga: Tips Memilih Shampoo yang Baik untuk Rambut Lebih Halus dan Sehat

So, berikut adalah beberapa shampoo yang bisa kamu coba kalau kamu menderita seboroik dermatitis, maupun kulit kepala berketombe. Gimana menurut kamu? Ada yang pengen kamu coba juga? Yuk, jangan lupa komen di bawah ya!

 

Foto: Dok. thebodyshop.co.id,  thebathbox.co.id, watsons.co.id, pinterest.com, erhastore.co.id

Slow Down

Please wait a moment to post another comment