banner-detik

bath n body

Review Dr. Bronner's Tea Tree Pure Castile Soap untuk Mengatasi Keratosis Pilaris

seo-img-article

Review Dr. Bronner's Tea Tree Pure Castile Soap untuk Mengatasi Keratosis Pilaris -2

 

Nggak cuma multi fungsi dan lembut di kulit, ternyata Dr. Bronner’s Tea Tree Pure Castile Soap juga bisa mengatasi permasalahan keratosis pilaris.

Tepat setahun lalu saya diajak ke Amerika Serikat untuk kenalan dengan brand Dr. Bronner’s lebih dekat. Tapi baru sekarang saya merasakan keampuhan sabun ini! Awalnya saya hanya amaze dengan sistem kerja perusahaan ini, di mana mereka sangat family oriented, peduli banget sama lingkungan dan tentunya bisa menghadirkan rangkaian sabun yang affordable tapi fungsinya banyak banget.

Saat trip kesana, saya sebenarnya sudah coba beberapa sabun mereka, sayangnya saya salah pakai rangkaian, yaitu peppermint yang ternyata kurang cocok dengan kulit saya yang sensitif. Efeknya kalau dipakai setiap hari, bikin eczema saya flare up, akhirnya saya stop dulu deh pakai sabun Dr. Bronner’s ini. Sampai bulan lalu sabun yang biasa saya pakai sedang habis, dan kebetulan pas ke supermarket nemu full range sabun Dr. Bronner’s ini. Setelah melihat semua variannya, saya tertarik banget mencoba yang wangi tea tree.

Kenapa milihnya tea tree? Karena sebenarnya saya punya permasalahan kulit lain, yaitu keratosis pilaris, plus selama WFH area punggung saya jadi banyak jerawat. Buat yang nggak tahu, KP/ keratosis pilaris adalah bruntusan yang sering muncul di kulit yang disebabkan karena penumpukan keratin (protein dasar penyusun rambut, kulit dan kuku) yang menyumbat folikel rambut. Untuk mengatasi KP atau jerawat, memang disarankan menggunakan produk-produk dengan kandungan acid (AHA/BHA) atau ya tea tree.

Baca juga: Alasan Kamu Harus Coba Dr. Bronner’s Pure-Castile Liquid Soap Peppermint dan Citrus!

Kandungan sabun dari Dr. Bronner’s sendiri cukup simpel dan tentunya didominasi dengan berbagai macam natural oil, seperti Organic Coconut Oil, Organic Jojoba Oil, Organic Olive Oil, dan Organic Palm Kernel Oil. Makanya Dr. Bronner’s memiliki klaim kalau sabun mereka ini ramah lingkungan dan tentunya lembut di kulit. Semua kandungan minyak yang terdapat dalamnya memang terbukti efektif untuk menjaga kelembapan kulit. Sedangkan untuk pewanginya, Dr. Bronners’s menggunakan organic essential oils, yang nggak hanya menambahkan wangi, tapi juga punya banyak manfaat untuk kulit.

 

Review Dr. Bronner's Tea Tree Pure Castile Soap untuk Mengatasi Keratosis Pilaris

Kemasan

Untuk range tea tree mereka menggunakan label berwarna oranye yang cukup unik, karena biasanya kandungan tea tree identik dengan kemasan hijau. Selain memiliki ciri khas label yang berwarna-warni, kemasan sabun ini mencolok banget dengan full tulisan. Tulisan ini punya arti, yaitu semua list ingredients yang digunakan perusahaan ini. Gunanya apa? Ini sebagai tanda bahwa Dr. Bronner’s sangat terbuka terhadap produk mereka. Menurut Dr. Bronner’s consumer harus tahu apa saja kandungan di dalam produknya. Untuk rangkaian castile soap ini sendiri ada 3, mulai dari 59ml, 237ml, 473ml dan paling besar di 946ml.

Ingredients

Water, Organic Coconut Oil*, Potassium Hydroxide**, Organic Palm Kernel Oil*, Organic Olive Oil*, Tea Tree Extract, Organic Jojoba Oil, Citric Acid, Tocopherol
*CERTIFIED FAIR TRADE INGREDIENTS
**None remains after saponifying oils into soap & glycerin.

Result

Sebenarnya saya nggak terlalu berharap banyak saat menggunakan sabun ini, yang saya harapkan cuma sabun ini nggak bikin kulit kering atau trigger eksema saya untuk flare up. Penggunaan di minggu pertama saya belum merasakan efek negatif ataupun positif dari sabun ini. Masuk minggu kedua, saya sudah menyiapkan diri, kalau-kalau kulit saya kering dan eksema kembali muncul. Namun hingga minggu ke-3 dan sekarang penggunaan botol ke-2 pun, eksema ini nggak kunjung datang. Artinya saya bersyukur banget kalau ternyata saya cocok menggunakan range tea tree ini.

Nah, saat masuk minggu ke-4 , saya baru merasakan kalau bruntusan KP di pergelangan tangan saya mulai memudar. Kulit area lengan jadi kembali mulus. Dan sekarang saya sudah menggunakan sabun ini hampir dua bulan, dan bisa dibilang KP saya sudah hilang 98%!

Untuk harga sabun ini menurut saya affordable. Karena untuk ukuran 237ml hanya Rp166.900, dan ini bisa awet sampai 6 bulan pemakaian. Lho kok bisa? Iya bisa dong, karena sabun Dr. Bronner’s ini beda dari sabun pada umumnya. Sabun ini memiliki konsentrat yang sangat tinggi, jadi pemakaiannya cukup sedikit saja sudah efektif banget untuk membersihkan badan. Malah kalau dari tim Dr. Bronner’s-nya sendiri, merekomendasikan sabun ini untuk di-dilute dengan air. Another plus point, sabun ini nggak hanya bisa dipakai untuk mandi, tapi bisa dipakai untuk apapun, misalnya membersihkan kuas makeup, sikat gigi, cuci muka, dan lainnya. Jadi cocok banget buat kalian yang mungkin sudah mau memulai gaya hidup minimalis!

Gimana? Tertarik juga untuk mencobanya?

Foto: Instagram Dr.Bronner’s

Slow Down

Please wait a moment to post another comment